Manajemen UKM

10 Ide Bisnis Menarik di Tahun 2014

ide bisnis 2014Memasuki penghujung tahun 2013, sederet rencana bisnis mulai disusun para pemula maupun pelaku usaha untuk menghadapi persaingan pasar di tahun yang akan datang. Melihat pertumbuhan bisnis di tahun 2013 sudah cukup pesat, tidak berlebihan rasanya bila sejumlah pakar bisnis mulai memprediksi perekonomian global maupun nasional akan semakin melesat pada tahun 2014.

Nah, agar tak kalah start dengan pemain lainnya, berikut ini kami informasikan 10 Ide bisnis menarik di tahun 2014 yang bisa Anda jalankan untuk mendatangkan keuntungan besar di tahun depan!

1. Bisnis gadget dan aksesoris pendukungnya

Pola hidup masyarakat yang semakin modern, menjadikan penggunaan perangkat mobile seperti gadget terutama smartphone akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Jadi, bagi Anda yang bingung mencari peluang usaha, tak ada salahnya bila mencoba bisnis penjualan gadget, aksesoris gadget, serta bisnis pulsa.

2. Bisnis Online

Akses internet yang semakin mudah melalui perangkat mobile, menjadikan pertumbuhan bisnis online semakin bersinar terang di masa-masa yang akan datang. Contohnya saja seperti media portal bisnis, penjualan produk melalui toko online, dropshipping, afiliasi, dan lain sebagainya.

3. Bisnis Percetakan

Mengingat tahun 2014 bangsa kita akan mengadakan pesta demokrasi (PEMILU), salah satu peluang usaha yang kebanjiran orderan adalah bisnis percetakan. Baik itu percetakan spanduk, baliho, pamflet, pin, sticker, brosur, dan sebagainya.

4. Bisnis Sablon Kaos

Tak kalah bersaing dengan bisnis percetakan, di tahun 2014 mendatang ada dua agenda penting yakni PEMILU dan pesta bola (FIFA World Cup) yang menjadikan usaha sablon kaos banyak dicari kalangan masyarakat.

5. Bisnis Fashion

Bidang fashion merupakan salah satu peluang bisnis yang tak pernah ada matinya. Di tahun 2014 ini, bisnis fashion seperti baju, tas, sepatu, hingga aksesoris wanita masih berpeluang menghasilkan untung berlimpah setiap bulannya. Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha ini, bisa mengikuti trend mode yang ada namun tetap menciptakan ciri khas tersendiri agar tak kalah bersaing dengan pemain yang sudah ada.

bisnis kuliner

6. Bisnis Waralaba

Tahun lalu, bisnis yang mengusung konsep waralaba (franchise) mengalami perkembangan yang sangat menjanjikan. Bahkan beragam bidang usaha juga turut membuka jaringannya dengan konsep waralaba. Sebut saja seperti bisnis waralaba pendidikan, kecantikan, teknologi, kesehatan, hingga bisnis jasa. Di tahun 2014 ini, pertumbuhan bisnis waralaba masih tetap berjaya, namun bagi Anda para pemula yang ingin terjun di bisnis waralaba sebaiknya godok konsep Anda dengan matang agar bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.

7. Bisnis Kuliner

Hampir sama dengan bisnis fashion, bidang kuliner juga menjadi salah satu peluang usaha yang tak pernah mati di makan zaman. Meski tingkat kompetisinya sudah cukup sesak, namun dengan inovasi dan ciri khas yang berbeda Anda bisa meraup untung besar dari bisnis kuliner. Misalnya saja membuat menu unik, atau mengusung konsep yang unik seperti bisnis katering online.

8. Bisnis Herbal

Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, membuat produk-produk herbal mulai dilirik untuk menggantikan produk berbahan kimia. Bahkan saking besarnya minat masyarakat, sekarang ini produk herbal dan jamu tradisional tak hanya merambah pasar lokal namun juga mulai di ekspor ke pasar internasional.

9. Bisnis Otomotif

Kondisi perekonomian dalam negeri yang semakin membaik, membuat tingkat konsumsi barang mewah seperti misalnya produk otomotif kian meningkat. Apalagi di tahun 2013 telah banyak produsen-produsen otomotif yang berencana meluncurkan mobil murah, sehingga secara tidak langsung pertumbuhan bisnis otomotif seperti misalnya reparasi mobil dan motor, aksesoris, dan modifikasi barang otomotif semakin menjanjikan keuntungan cukup besar.

10. Bisnis Buku Pelajaran

Keputusan Kemendiknas yang telah meluncurkan kurikulum baru di pertengahan tahun 2013 silam, membuat semua sekolah dari TK hingga SMA di Indonesia memerlukan buku pelajaran yang baru. Karenanya bagi Anda yang bingung mencari peluang usaha, bisa mencoba membuka bisnis toko buku, menjadi penulis buku, menjadi distributor atau reseller buku pelajaran, menjadi penerbit buku pelajaran sekolah, dan lain sebagainya.

Tentukan ide bisnis yang sesuai dengan potensi Anda dan segera susun rencana bisnis yang akan Anda geluti di tahun depan, agar setiap bulannya Anda bisa mengantongi keuntungan yang menggiurkan! Salam sukses.

Sumber gambar : 
1. http://img1.etsystatic.com/022/2/5804546/il_570xN.500627579_1nb5.jpg
2. http://w1.hmetro.com.my/myMetro/articles/SajianwarisanBabadanNyonya/pix_gal1