Inspirasi Bisnis

10 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Anak Muda Umur 20-an

10 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Anak Muda Umur 20-an

10 Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Coba, Anak Muda Umur 20-an (Foto : https://jalantikus.com)

Banyak yang bilang usia 20-an dianggap sebagai usia paling produktif dari kehidupan manusia. Berbagai macam hal baik yang menyenangkan, pengalaman menyebalkan, sampai kondisi yang membuat hati galau, bakal kamu rasakan di usia 20-an.

Mulai dari urusan lulus kuliah, interview sana-sini untuk mencari pekerjaan mapan, sampai merencanakan pernikahan, umumnya terjadi di usia 20-an. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang membuang kesempatan emas di umur 20-an.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Kebanyakan anak muda sekarang hanya fokus mencari pekerjaan di kantoran setelah mereka lulus kuliah. Dan ketika tak kunjung mendapatkan pekerjaan, mereka hanya akan membuang waktunya sia-sia dengan menyandang status sarjana pengangguran.

Padahal selain menjadi karyawan kantoran, di usia produktifmu ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk membawamu ke puncak kesuksesan. Salah satunya dengan memberanikan diri terjun menjadi seorang pengusaha. Apalagi sekarang ini ada banyak ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba di umur 20-an dengan modal cukup terbatas.

Apa saja ide bisnis anak muda yang bisa kamu coba ketika masih umur 20-an?

1. Tunjukan bakatmu di bidang desain, dengan membuka layanan bisnis jasa pembuatan logo dan marketing tools.

Anak muda dengan usia 20-an identik dengan teknologi dan kreativitas, kamu bisa memanfaatkan kekuatan tersebut sebagai modal usaha. Apalagi jika kamu memiliki bakat dan keahlian di bidang desain, kamu bisa membuka layanan jasa pembuatan logo usaha, kemasan produk, desain kartu nama, baner, nota pembelian, dan lain sebagainya. Modal yang kamu butuhkan hanyalah komputer dan keahlian di bidang desain, sedangkan untuk proses cetak kamu bisa bekerjasama dengan percetakan yang ada di kotamu.

2. Punya bakat oprak-oprek komputer ataupun laptop? Daripada kamu memendam bakatmu, coba buka jasa servis komputer dan laptop.

Jika selama kuliah kamu mencintai dunia elektronik, jangan diam saja di rumah. Kamu bisa memanfaatkan bakatmu untuk membantu orang lain yang mengalami permasalahan dengan perangkat PC maupun laptopnya. Mulailah promosi dari orang-orang di sekitarmu, misalnya dari teman kost atau teman kuliah sehingga perlahan-lahan keahlianmu akan diakui banyak orang.

 3. Hobi gonta-ganti gadget ternyata juga bisa jadi ide bisnis untuk anak muda lho!

Kebiasaan anak muda yang tak bisa lepas dari gadget ternyata juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Apalagi jika kamu hobi gonta-ganti gadget sehingga mengetahui kabar terbaru seputar ponsel pintar tersebut. Beberapa ide bisnis yang bisa dimulai dari hobi gonta-ganti gadget antara lain usaha jual beli handphone, membuka jasa layanan update software gadget, jasa servis smartphone, jual aksesoris gadget, dan lain sebagainya.

4. Jangan minder, kecintaanmu dengan pernak-pernik lucu buatan tangan kini juga laku dijual di pasaran.

Belakangan ini produk souvenir atau pernak-pernik lucu dengan label handmade kembali menggeliat di pasaran. Bahkan alih-alih souvenir custom yang limited edition sekarang ini laris manis diserbu pelanggan dengan harga jual yang cukup mahal. Bahkan beberapa produk souvenir limited harus rela antri lama untuk bisa mendapatkannya. Nah, daripada kamu menghabiskan waktu luangmu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat, tak ada salahnya kamu mulai belajar cara membuat pernak-pernik handmade.

 5. Masih bingung dengan bakatmu? Cobalah sesuatu yang simpel contohnya seperti melayani jasa pembungkusan kado

Saat ini banyak orang menginginkan segalanya serba instan, termasuk dalam hal mempersiapkan kado istimewa untuk orang terkasih. Sebagian besar orang memilih datang ke penyedia jasa bungkus kado ketika mereka kesulitan untuk mempersiapkan hadiah. Kamu tidak perlu modal besar untuk memulai ide bisnis ini, kamu hanya perlu membeli kertas kado, pita-pita lucu, kartu ucapan yang beragam, dan senjata gunting serta double tape.

 6. Selain profesi desainer baju yang sekarang ini banyak digeluti orang, sekarang ini jasa desain perhiasan juga banyak dilirik masyarakat.

Jika kamu suka dengan dunia fashion, terutama perhiasan, kamu bisa menawarkan jasa customized perhiasan kepada para pecinta perhiasaan di Indonesia. Apalagi sekarang ini desain customized semakin banyak diminati kalangan wanita, karena mereka menginginkan perhiasaan sesuai dengan karakter atau pribadi mereka. Dalam hal ini kamu bisa menyediakan desain perhiasan saja, atau bisa juga bekerjasama dengan toko perhiasan atau perajin perhiasan lokal yang bisa kamu gandeng untuk membuat perhiasan sesuai dengan permintaan konsumen.

 7. Menjadi seorang fashion blogger dari hobimu curhat melalui media blog.

Belakangan ini profesi blogger kembali booming di kalangan anak muda. Jangan dikira menjadi seorang blogger hanya bisa curhat kehidupan mereka sehari-hari tanpa menghasilkan pendapatan. Jika blog milikmu sudah memiliki kunjungan cukup tinggi, bahkan tulisanmu banyak dinanti para pembaca, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan dari hobi menulis tersebut. Contohnya jika kamu hobi di dunia fashion, kamu bisa berbagi tips mix and match baju ala kamu ke blog milikmu. Dari situ tak menutup kemungkinan bila kedepannya ada sebuah brand fashion yang produknya ingin kamu review melalui akun blogmu.

8. Jangan tumpuk barang-barang yang tak lagi terpakai, coba buka lapak garage sale.

Jika kamar dan lemari pakaianmu sudah mulai terasa sesak dengan barang-barang yang tak lagi terpakai, tandanya sudah saatnya kamu membuka lapak garage sale untuk menjual barang-barang preloved yang kini tak kamu pakai. Modal yang kamu butuhkan hanya perlu memilah barang-barang yang layak pakai, dan untuk mempromosikannya kamu bisa buka lapak di sosial media.

9. Mencoba produksi barang-barang daur ulang dari sampah yang ada di sekitar rumah.

Sembari mendukung kampanye go green, kamu bisa memanfaatkan sampah atau limbah di sekitar rumah menjadi produk daur ulang yang bisa mengdatangkan uang. Contohnya berkreasi membuat berbagai kerajinan dari kardus, botol plastik, koran bekas, kemasan makanan, dan lain sebagainya. Selain ikut mengurangi tumpukan sampah, ternyata sekarang ini barang-barang daur ulang juga laku mahal di pasaran.

10. Sembari mengisi waktu luang, tak ada salahnya jika kamu membuka bisnis jasa antar jemput sekolah.

Agar kendaraan yang kamu miliki bisa mendatangkan keuntungan buatmu, kamu bisa mencoba bisnis jasa layanan antar jemput sekolah untuk anak-anak yang ada di sekitar rumahmu. Apalagi jika kamu tinggal di daerah perkotaan, dimana kebanyakan orangtua sibuk bekerja sehingga mereka tak sempat mengantarkan dan menjemput anak-anaknya ke sekolah.

Mudah bukan? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk merintis sebuah usaha. Mulailah dari ide bisnis sederhana yang ada di sekitarmu, dan sesuaikan dengan bakat, keahlian, ataupun kegemaranmu. Selamat berkarya dan salam sukses!