Manajemen UKM

3 Cara Mengatur Keuangan Usaha Biar Jadi Pengusaha Kaya Raya

Cara mengatur keuangan usaha untuk bisa jadi pengusaha kaya rayaBerhasil membuka sebuah usaha nampaknya tak selalu menjamin seseorang menjadi pengusaha kaya raya. Sebab, terkadang para pengusaha meremehkan pengeluaran kecil yang mereka keluarkan tanpa pikir panjang. Akibatnya, jika tidak pandai mengatur keuangan usaha, yang ada usaha yang kelihatannya berjalan lancar tapi keuntungan yang terkumpul tak seberapa.

Apa kamu juga sering mengalami kondisi seperti ini?

Jika tidak pandai dalam mengatur keuangan usaha, bisa-bisa keuntungan yang kamu dapat setiap bulan hanya lewat begitu saja tanpa sisa. Kalau begini kondisinya, kapan bisa jadi pengusaha kaya raya?

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Nah, agar pendapatan besar usahamu tak habis begitu saja, kamu bisa mencoba 3 jurus mengatur keuangan usaha agar impianmu menjadi pengusaha kaya raya bisa menjadi nyata, dikutip dari Cermati.com

Pertama, Jangan Remehkan Pembelanjaan Dalam Jumlah Kecil. Karena Pepatah Mengatakan Sedikit Demi Sedikit Lama-lama Jadi Pengeluaran Sebukit!

Tanpa kita disadari, seringkali para pelaku usaha mengeluarkan uang keuntungan usaha untuk belanja hal-hal kecil, yang cenderung menjadikan mereka sebagai pribadi yang boros. Inilah yang harus dihindari.

Kita sebaiknya sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Susan Lynn Orman atau yang lebih dikenal dengan Suze Orman, seorang penasihat keuangan asal Amerika yang juga terkenal sebagai host sebuah televisi. Beliau mengatakan bahwa “Sebaiknya kita teliti terhadap apapun yang bisa kita hemat atas biaya apapun dan sekecil apapun. Jika terkumpul, itu bukanlah jumlah yang sedikit”.

Kedua, Pastikan Selalu Memiliki Catatan Belanja. Karena Orang Kaya selalu Tahu Dari Mana Uang Itu Datang dan Akan ke Mana Uang Itu Pergi.

Kita sering mendengar istilah put things in black and white. Ini merupakan pembelajaran yang berharga jika di hubungkan dengan hal mengatur keuangan usaha. Dalam hal keuangan kita harus mengerti tentang the inflows and the outflows antara pemasukan dan pengeluaran. Para pengusaha kaya selalu memiliki catatan dari mana uang mereka datang, dan akan ke mana uang mereka pergi.

“Sebuah rencana keuangan akan memberitahu Anda ke mana uang itu harus pergi, bukannya kemudian menanyakan ke mana uang saya setelah uang itu hilang” – John C. Maxwell.

Ketiga, Selalu Ingat Rumus Para Miliarder. Jangan Menabung dari Sisa yang Kamu Habiskan Untuk Belanja.

Selama ini kebanyakan orang selalu berfikir untuk menyisihkan tabungan setelah mencukupi seluruh kebutuhan belanja setiap bulan. Tapi para miliarder atau pengusaha kaya justru berpikir yang sebaliknya. Mereka berikan dahulu sebagian pendapatannya kepada orang yang membutuhkan, sebagian lagi untuk kebutuhan investasi atau menabung dan sisanya untuk dihabiskan.

Seperti kata Warren Buffet, salah seorang investor paling sukses di dunia, mengatakan bahwa “Jangan menyimpan apa yang tersisa setelah memperbelanjakan, akan tetapi belanjakanlah apa yang tersisa setelah melakukan simpanan”.

Sudah tahu kan dimana kesalahannya??? Agar hasil usahamu tak hanya habis begitu saja tanpa sisa, sebaiknya dari sekarang coba perbaiki alur keuangan usahamu! Selamat mencoba dan salam sukses!