3 Ide Bisnis Sederhana Ini Bisa Kamu Awali di Garasi Rumah, Benarkah?

Memulai ide bisnis sederhana dari garasi rumahBagi sebagian orang, memulai bisnis selalu identik dengan ide bisnis yang unik, butuh modal besar, kapasitas produksi yang besar, bahkan harus menyewa kantor mentereng agar terlihat keren di mata calon konsumen. Wajar saja kalau sampai saat ini banyak orang Indonesia yang hanya sebatas pengen jadi pengusaha, tanpa berani melangkah untuk kewujudkan keinginannya.

Padahal, sebenarnya memulai bisnis tak melulu dari hal-hal besar. Berawal dari ide bisnis sederhana, kamu bisa memanfaatkan garasi mobil atau ruang kosong yang ada di rumah untuk disulap menjadi tempat usaha. Emangnya bisa?

Kalau tidak percaya, lihat deh kesuksesan Larry Page dan Sergey Brin yang dulunya hanya menyewa garasi milik seorang temannya demi merintis Google. Sekarang kamu bisa lihat kan, setiap kantor Google di berbagai dunia membuat semua orang berdecak kagum. Tapi itu kan Larry Page dan Sergey Brin, pasti lain kalau kejadiannya di Indonesia.

Tak perlu muluk-muluk membayangkan kesuksesan Larry Page dan Sergey Brin, kamu bisa memulai mimpi besarmu dari tiga ide bisnis sederhana ini yang bisa kamu garap dari rumah. Apa saja itu? Yuk simak bersama tiga ide bisnis sederhana yang bisa kamu awali dari garasi rumah.

1. Kamu bisa menyulap garasi rumah menjadi cafe atau warung kopi kecil-kecilan

Kalau kamu memiliki garasi mobil atau ruang kosong di rumah, kamu bisa mendekor ulang ruangan tersebut menjadi bisnis cafe atau warung kopi kecil-kecilan untuk mendatangkan keuntungan setiap bulan. Tak perlu menyiapkan menu makanan berat yang susah dibuat, kamu bisa menyajikan berbagai macam menu minuman misalnya olahan kopi, coklat atau susu, dengan makanan ringan sebagai pendamping.

Yang terpenting perhatikan harga makanan atau minuman yang kamu jual, sesuaikan dengan kemampuan konsumen di lingkungan sekitar. Selain itu kamu juga bisa mengusung konsep unik untuk bisnis cafe atau warung kopi yang kamu buka, contohnya menghias garasi dengan wallpaper kekinian berisi quote-quote positif, kamu juga bisa menambahkan interior unik seperti lampu dan meja kursi yang seragam.

2. Selain bisnis makanan, kamu juga bisa buka bisnis barber shop di garasi rumah

Kalau dulu jasa potong rambut kebanyakan dibuka di bawah pohon rindang, sekarang kamu bisa memanfaatkan garasi mobil atau ruang kosong di rumah untuk memulai bisnis barber shop khusus pria. Apalagi belakangan ini pertumbuhan bisnis barbershop semakin pesat.

Sebelum memulai usaha ini, kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan tentang seberapa banyak pria yang ada di sekitar lingkunganmu. Bisa kamu bayangkan jika minimal dalam sehari ada sekitar 20 orang yang potong rambut, dengan minimal harga Rpr 20 ribu per orang. Lumayan bukan?

3. Buat kamu yang hobi otomotif, kamu juga bisa manfaatkan garasi rumah memulai bisnis bengkel motor

Sekarang ini siapa yang tak punya kendaraan roda dua ini, bahkan dalam satu rumah bisa punya dua sampai tiga motor. Tentu pasarnya sangat menjanjikan bukan? Apalagi buat kamu yang memang hobi utak-atik otomotif, selain menyalurkan hobi kamu juga bisa mendapatkan keuntungan besar setiap bukan.

Tapi ingat, meski dimulai di rumah tapi usahakan ide bisnis ini kamu kemas dengan konsep senyaman mungkin. Karena dalam bisnis jasa, pelayanan memegang peranan utama. Buatlah ruang tunggu yang nyaman untuk konsumen, dan pastikan pelayanan jasa perbaikan motor benar-benar terjaga kualitasnya. Jika pelayanan yang diberikan memuaskan, tidak menutup kemungkinan bisnis bengkel motor tersebut semakin dikenal luas masyarakat sekitar.

So, tunggu apa lagi? Mulailah dari yang mudah, mulailah dengan modal murah, dan yang paling penting mulailah sekarang juga!