hutang usahaDalam merintis sebuah usaha, banyak pemula maupun pelaku usaha yang tak segan-segan mencari pinjaman modal untuk mencukupi kebutuhan usahanya. Meskipun strategi tersebut  menimbulkan resiko yang cukup besar bagi para pelakunya, namun jalan ini terpaksa mereka pilih untuk mewujudkan rencana bisnis yang telah mereka rancang.

Video Praktisi

Kunci Sukses Memulai Bisnis Brownies Telo

Nah, bagi Anda yang para pemula maupun pelaku usaha yang masih memiliki kewajiban membayar hutang usaha. Berikut ini kami informasikan 4 cara cepat untuk melunasi hutang usaha yang bisa Anda jalankan dengan cara yang cukup mudah.

1. Hitung seberapa besar hutang usaha yang Anda miliki

Jika Anda ingin segera keluar dari jeratan hutang, tentunya Anda perlu memiliki gambaran yang cukup jelas tentang kondisi keuangan usaha Anda. Pertama-tama kumpulkan semua tagihan Anda, seperti misalnya kartu kredit, pinjaman bank atau investor, dan lain sebagainya kemudian jumlahkan berapa totalnya untuk mengetahui dengan pasti seberapa besar hutang usaha yang Anda miliki. Dari total hutang tersebut, kemudian tuliskan jatuh tempo yang Anda sepakati dan hitunglah besarnya cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan untuk melunasi hutang tersebut.

2. Buatlah rencana pelunasan hutang

Jika Anda memiliki beberapa hutang, mulailah untuk membuat perencanaan untuk melunasi pinjaman yang paling sedikit. Ini adalah salah satu strategi bisnis yang harus Anda jalankan untuk mengurangi jumlah hutang yang Anda miliki. Usahakan ketika Anda ingin membuat rencana pembayaran, perkuat motivasi Anda agar tujuan tersebut cepat tercapai. Misalnya saja Anda sengaja memotivasi diri Anda pribadi untuk segera melunasi hutang agar kedepannya bisa mengalokasikan dana tersebut untuk pengembagan bisnis yang lebih besar.

3. Perhatikan besarnya pendapatan dan pengeluaran usaha

melunasi hutang usahaSebelum membuat perencanaan pelunasan hutang, perhatikan terlebih dahulu besarnya pendapatan serta pengeluaran Anda secara seksama. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar uang tambahan yang diperlukan untuk memenuhi pembayaran hutang setiap bulannya. Dari situ, Anda bisa mulai mencari cara untuk menghemat pengeluaran dan meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya untuk mendapatkan tambahan dana yang dibutuhkan.

4. Cobalah lakukan pembayaran secara mingguan atau harian

Jika jumlah cicilan per bulan dirasa masih terlalu besar, maka mulailah untuk melakukan pembayaran secara mingguan atau harian agar besarnya biaya yang dikeluarkan tidak memberatkan bisnis Anda.

Semoga informasi tips bisnis yang kami informasikan pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung menyelesaikan kewajiban hutang perusahaannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://image.improve.com/articles/4601_4700/Accounts-Payable-4663_l_b6d1e5b88d95e364.jpg
2. http://www.small-business-accounting-info.com/images/checkbookentry.jpg