Manajemen UKM

5 Cara Jadi Bos Sejak Muda, Harus Siap Susah Bangun Usaha dari Nol!

5 Cara Jadi Bos Sejak Muda, Harus Siap Susah Bangun Usaha dari Nol!Sukses jadi seorang bos di usia muda, bukanlah hal yang mudah. Kegagalan pasti akan jadi kerikil yang siap menghadang dan kesuksesan belum tentu kamu dapatkan hanya dalam waktu semalam.

Gilang, salah satu pengusaha muda Indonesia yang kini merintis bisnis Kepiting Nyinyir, berbagi pengalamannya untuk kamu yang masih muda dan ingin terjun di dunia usaha. Meski baru dua bulan jadi pengusaha kuliner, bersama kedua kedua rekannya, Rachman dan Daniel, kini Gilang sukses jadi bos muda dengan omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Simak 5 tips sukses buat kamu-kamu yang ingin sukses jadi bos muda, meski harus merintis usaha dari nol.

1. Jatuh cintalah pada bisnis yang kamu pilih

“Kalau kita sudah suka, mau sesulit apapun pasti enjoy menjalaninya,” ujar Gilang, ketika berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta. Karena jadi pengusaha itu tidak gampang, pastikan kamu memilih bidang bisnis yang benar-benar kamu suka. Dengan begitu kamu bakal tetap enjoy, meski untuk merintisnya ada berbagai hambatan yang menghadang.

2. Jangan cuma jadi pedagang yang memikirkan keuntungan

Resiko merintis usaha dari nol, tentu tak bisa langsung dapat keuntungan besar di awal merintis usaha. Bisa balik modal tanpa mengalami kerugian saja sudah cukup menggembirakan buat kamu yang merintis usaha dari nol. So, jangan hanya terpaku pada besarnya keuntungan, ketika kamu baru saja memulai usaha. Pikirkan bagaimana bisnis ini bisa berjalan, ciptakan produk yang bisa menjadi magnet bagi calon konsumen dan biarkan keuntungan yang bakal datang menghampiri usahamu.

3. Sukses tidaknya kamu tak hanya bergantung pada besarnya modal yang digelontorkan di awal usaha

Sampai detik ini masih banyak calon pengusaha yang ragu merintis usaha karena alasan tak punya modal. Justru ini tantangan buatmu untuk tunjukkan kreativitas yang dimiliki agar modal kecil yang ada bisa menghasilkan peluang usaha yang berpotensi besar. Apalagi sekarang ini modal internet gratis saja kamu sudah bisa mulai jualan produk via online. Tunggu apalagi coba?

4. Jadi pengusaha bukan sekedar untuk gaya-gayaan

Gilang mengingatkan, buat kalangan anak muda yang memutuskan untuk berkecimpung atau beralih profesi jadi seorang pengusaha, yang harus diingat adalah berbisnis itu bukan hanya sekedar untuk ikut-ikutan trend atau gaya-gayaan agar terlihat WOW di depan orang lain. Tetaplah fokus dan konsisten dengan tujuan kesuksesan, agar bisnismu bisa bertahan lama dan tidak bersifat musiman mengikuti arus trend yang ada di pasaran.

5. Tahan banting dan jangan mudah menyerah

Jangan hanya jadi pebisnis yang usianya seumur jagung. Bulan pertama sampai ketiga masih jalan, di bulan keempat sudah menyerah ditengah jalan. Umumnya kalangan anak muda masih cenderung cepat bosan dengan aktivitas yang mereka kerjakan, jadinya banyak dari mereka yang sudah gulung tikar sebelum balik modal. Gagal di awal itu sudah biasa, tapi gagal mencoba itu baru disebut kegagalan yang sebenarnya.

Nah, semoga lima pengalaman dari Gilang ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin jadi bos di usia muda, meski harus merintis usaha dari nol. Mulailah dari yang mudah, mulailah dari yang murah, dan mulailah dari apa yang kamu suka. Selamat berkarya dan salam sukses!