Kemasan

5 Tips Membuat Label Produk yang Paling Menarik di Mata Pelanggan

Tips membuat label produk yang paling menarik di mata pelanggan

Tips membuat label produk yang paling menarik di mata pelanggan (Foto : www.graphis.com)

Sebelum melakukan pembelian, umumnya yang pertama kali dilihat pelanggan adalah kemasan luarnya, terutama pada bagian desain label produk. Inilah yang harus diperhatikan para pelaku usaha, pastikan kamu bisa membuat label produk yang bikin pelangganmu jatuh cinta pada pandangan pertama.

Istilahnya “dari mata turun ke hati“, ketika pelanggan suka dengan desain kemasan luarnya, maka tak perlu pikir panjang mereka pasti akan membeli produk tersebut karena terpesona pada tampilan bungkusnya.

Untuk membuat label produk yang menarik di mata pelanggan ternyata tidaklah susah. Yang terpenting kamu tahu persis siapa pelangganmu dan bagaimana karakteristik mereka. Agar tak salah langkah, berikut ini 5 tips yang bisa kamu coba untuk membuat label produk yang paling menarik.

1 Pilih warna dan desain label produk yang mudah terbaca pelanggan.

Sebagus apapun desain label produk yang kamu buat, tapi jika tak bisa terbaca dengan mudah oleh pelanggan maka kamu belum berhasil. Pastikan jenis huruf yang kamu pilih dapat dibaca dari jarak jauh maupun dekat, selain itu warna desain yang dipilih juga memudahkan brand produkmu terbaca dalam jarak pandang apapun.

Ternyata warna label juga turut mempengaruhi psikologis pelanggan, umumnya warna klabel perak memancarkan kecanggihan, keanggunan atau nuansa teknologi tinggi. Label kertas cokelat dapat menyampaikan pesan membumi, kehandalan dan keberlanjutan, sedangkan label biru dapat menyampaikan kepercayaan dan otoritas.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

2. Pastikan desain label produk cocok dengan bentuk kemasan produk yang digunakan.

Sangat penting untuk menyesuaikan desain label produk dengan bentuk kemasan yang digunakan. Apakah bentuk kemasan yang kamu pilih bertekstur, runcing, bulat atau persegi? Sebelum membuat label produk, pastikan bahwa desain tersebut tidak hanya cocok dari segi ukuran namun juga bisa menghasilkan paduan yang apik sehingga produk yang dikemas makin terlihat mahal di pasaran.

Untuk produk dalam kemasan buram kamu bisa membuat label dengan desain lebih berwarna dengan ukuran penuh, sementara produk dikemas dalam wadah transparan seperti madu atau selai bisa menggunakan label kecil sehingga tidak menutupi produk.

Baca Juga Artikel Ini :

Hal Apa Saja Yang Perlu Dicantumkan Saat Membuat Label Makanan

Membuat Merk atau Label Usaha Camilan Sendiri

3. Buatlah desain label yang unik dan menampilkan ciri khas brand milikmu.

Ya, label dan kemasan produk memang harus menonjol agar bisa menghipnotis konsumen. Pasalnya, ketika dipasarkan di toko-toko modern, produk milikmu akan disandingkan dengan produk serupa milik pesaing. Jadi kamu harus memilih desain yang eye catching dan memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan ciri khas produkmu.

  • Apakah label produkmu sudah menunjukkan ciri khas tersendiri di antara pesaing?
  • Apakah label produkmu sudah cukup menggambarkan brand produk dan merek milikmu?
  •  Apakah desain label produkmu terlihat menarik di depan target audiens?

4. Lakukan survey pasar untuk mendapatkan umpan balik dari calon pelangganmu.

Sebelum menentukan desain label produk yang akan kamu pilih, sebaiknya kamu melakukan survey pasar untuk mengetahui respon dari calon konsumen. Kamu bisa mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Apakah desain ini menarik?
  • Apakah desain ini sesuai dengan gaya hidup mereka saat ini?
  • Apakah desain label ini cukup mewakili isi produk di dalamnya?
  • Apakah mereka lebih suka desain kemasan lainnya ini?

5. Terakhir, pastikan kamu memilih desain label sesuai dengan target umur yang kamu bidik

Ketika kamu membidik kalangan anak-anak sebagai calon pelanggan, maka desain label dengan gambar kartun atau karakter lucu lainnya sangat mewakili untuk menarik simpati calon pelangganmu. Namun ketika kamu membidik kalangan remaja, maka desain visual yang kekinian bisa kamu pilih agar mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Pastikan kamu mengenal karakter pasar yang kamu bidik, dan pilih desain label sesuai dengan kesukaan mereka.

Nah, setelah mengetahui cara membuat label produk yang menarik, selanjutnya kamu bisa menambahkannya pada kemasan produk agar nilai jualnya semakin mahal di pasaran. Apalagi jika produk yang kamu pasarkan ingin tembus ke pasar ritel modern, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah tampilan kemasan yang menarik.

Apalagi sekarang ini dukungan teknologi untuk pengemasan produk UKM bisa dilakukan secara optimal dengan mesin pengemas otomatis. Kamu bisa membuat desain kemasan yang menarik, dan mengemas produk secara otomatis dalam waktu singkat dengan menggunakan mesin pengemas otomatis.

Tapi ingat, jangan asal berinvestasi. Sebab saat ini harga mesin pengemas otomatis yang ada di pasaran sangat beragam. Pastikan kamu mendapatkan produk dan layanan purna jual yang berkualitas agar tak salah dalam berinvestasi, pastikan juga kamu membeli mesin pengemas otomatis di Anekamesinpengemas.com karena sudah terbukti memiliki harga bersaing dan layanan purna jual yang sangat bersahabat.

Informasi Mesin Pengemas
Mesin pengemas keripik otomatis  dapat diperoleh :

Anekamesinpengemas.com 

Alamat : Jl. Magelang KM. 13 Triharjo Sleman Jogjakarta

Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • Telkomsel : 081 227 799 912
  • Telkomsel : 085 227 746 362
  • Indosat : 085 743 366 688
  • XL : 087 891 202 010

Fax    : (0274) 869 720
Email : marketing@anekamesin.com