7 Hal Ini Perlu Kamu Coba Agar Bisnis Kecilmu Terlihat Besar

7 hal ini perlu kamu coba agar bisnis kecilmu terlihat besar

Sehebat apapun kerajaan bisnis yang dimiliki para pengusaha sukses dunia, semuanya memulai karir bisnisnya dari langkah-langkah kecil (foto : www.goodwillb2b.com)

Sehebat apapun kerajaan bisnis yang dimiliki para pengusaha sukses dunia, semuanya memulai karir bisnisnya dari langkah-langkah kecil. Percaya atau tidak? Seorang Sergey Brin dan Larry Page yang kini sukses memiliki raksasa bisnis yang kita kenal dengan nama Google, dua orang hebat ini mengawali karirnya hanya dari sepetak garasi di rumahnya.

Begitu juga dengan Jack Ma sang pendiri Alibaba.com yang kini menjadi miliarder di Cina, dulu ia mengawali karirnya hanya dari seorang pengajar bahasa Inggris. Semua pengusaha hebat tersebut mengawali karirnya hanya dari sesuatu yang kecil, jadi kalau bisnis yang kamu rintis masih terbilang kecil, jangan langsung minder dengan pengusaha besar di sekitarmu.

Agar tak kalah bersaing dan bisa terlihat meyakinkan di depan calon pelanggan, kamu bisa membuat bisnis kecil milikmu tampak seperti perusahaan besar yang dikelola secara profesional. Benarkah, bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu melakukan 7 langkah ini agar bisnis kecil yang sedang dirintis tetap terlihat besar di depan calon pelanggan.

Pertama, setelah menemukan nama yang cocok untuk bisnis kecilmu, selanjutnya buatlah logo sebagai identitas perusahaanmu. Meski desain logo umumnya berukuran kecil, tapi ternyata sangat berperan penting untuk membantu calon pelanggan mengingat bisnismu dengan lebih mudah. Apalagi sekarang ini logo bisnis bisa kamu pasang di tampilan produk, website toko online, kartu nama, kemasan produk, dan alat promosi lainnya. Jika kamu tidak memiliki kemampuan di bidang desain, sekarang ini tarif jasa desainer logo juga cukup terjangkau.

Kedua, tak cukup hanya promosi di sosial media, agar terlihat profesional buatlah website toko online yang elegan. Mengingat sekarang ini semua orang keranjingan belanja online, kamu hanya cukup membuat tampilan website toko online yang menawan agar bisnis kecilmu terlihat meyakinkan di depan konsumen. Pasalnya, sekarang ini website toko online menjadi kantor perwakilan yang dilihat banyak orang di ranah digital. Jika tampilan websitemu kece, daya saing bisnismu semakin meningkat di mata para pesaingmu.

Ketiga, hindari penggunaan kemasan koran bekas atau plastik polos agar usahamu tak terlihat murahan. Buatlah kemasan produk semenarik mungkin agar konsumen langsung jatuh hati pada produk yang kamu jual. Bahkan tak jarang ada konsumen yang berkali-kali melakukan pembelian karena jatuh hati pada kemasannya yang menarik.

Keempat, usahakan jangan memilih alamat email gratisan seperti @gmail.com atau @yahoo.com biar bisnis kecil tersebut tampak besar di mata konsumen. Buatlah alamat surel atau email dengan nama domain toko onlinemu. Contohnya seperti [email protected], atau [email protected] Dengan begitu bisnismu terlihat kredibel di depan calon konsumen.

Kelima, banyaknya testimoni dan review positif dari pelanggan ternyata juga bisa membuat sebuah bisnis kecil terlihat besar dan terpercaya. Sebab testimoni dan review positif dari pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga berkali-kali lipat.

Keenam, perbanyak jumlah re seller atau agen di seluruh Indonesia. Semakin banyak agen dan reseller yang bergabung, maka semakin besar pula rasa penasaran konsumen terhadap produk yang kamu pasarkan. Untuk menambah jumlah reseller atau agen, kamu bisa memberikan penawaran peluang bisnis sampingan dengan keuntungan yang menjanjikan. Dengan begitu banyak ibu rumah tangga, mahasiswa, ataupun mereka yang berstatus karyawan ingin mencoba gabung menjadi bagian dari mitra bisnismu.

Ketujuh, sampai saat ini diliput media massa masih menjadi patokan tingkat kesuksesan sebuah bisnis. Dengan menjadi narasumber atau berkesempatan memperkenalkan bisnis ke media massa baik cetak ataupun elektronik, maka popularitas bisnismu bisa meningkat di kalangan masyarakat luas.  Tentu ini bisa menjadi ajang promosi gratis bagi bisnis kecil yang sedang kamu rintis.