7 Tips Sukses Jadi Pengusaha ala Jokowi

/ / Manajemen UKM /

7 Tips Sukses Jadi Pengusaha ala JokowiMeski sekarang ini sudah menjadi orang nomor satu di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, Presiden Joko Widodo atau yang akrab kita sapa dengan sebutan Jokowi ini ternyata memiliki segudang pengalaman di bidang bisnis.

Fakta ini cukup beralasan, mengingat sebelum menjadi Presiden RI, beliau terlebih dahulu menjajal ranah bisnis dan menjadi salah seorang pengusaha sukses di Solo, Jawa Tengah yang menekuni bisnis furniture.

Tentu kesuksesan beliau bukanlah sebuah pencapaian yang didapat dalam beberapa malam saja, sebab berbagai macam kendala dan kesulitan pernah mewarnai langkah Jokowi ketika terjun menjadi seorang pengusaha.

Dibalik sosok sederhana yang rajin blusukan meskipun kini sudah jadi seorang presiden, Jokowi memiliki berbagai cara untuk bisa sukses menjalankan usahanya. Pengalaman serta keahlian beliau dalam merintis bisnis, tentu juga bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis saat ini. Daripada penasaran, yuk simak langsung 7 tips sukses jadi pengusaha ala Jokowi yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi :

1. Harus Jeli Melihat Peluang dan Bergegas Memanfaatkannya

Sebagai pelaku bisnis kamu harus memiliki kemampuan untuk melihat sebuah peluang. Hal ini pula yang mengantarkan Jokowi sukses menjadi seorang pengusaha, Ia memiliki kemampuan yang baik dalam melihat peluang yang ada di sekitarnya dan segera memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah ide bisnis yang akan dijalankannya. Ambil kesempatan yang ada dan lakukan dengan segera, agar bisnis tersebut berjalan tepat waktu dan bisa berkembang besar di kesempatan yang sangat baik.

2. Kerja Keras dan Selalu Penuh Semangat

Tak hanya peluang dan kesempatan saja yang kamu butuhkan untuk bisa sukses jadi pengusaha, dalam menjalankan bisnis kamu juga dituntut agar bisa bekerja secara maksimal di semua lini usaha. Jalankan usahamu dengan penuh semangat, dan jangan pernah berhenti bekerja jika belum ada hasil maksimal yang bisa kamu dapatkan. Selalu kerjakan dengan cara terbaik, untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Jangan Sungkan Turun ke Lapangan

Meski sebagai pengusaha kamu punya segudang kesibukan yang perlu dikerjakan, namun jangan pernah sungkan turun ke lapangan untuk melihat lebih dekat hasil kerja para karyawan serta memantau kendala seperti apa yang mereka hadapi selama proses produksi berlangsung. Ciri khas Jokowi yang senang blusukan turun langsung ke lapangan, bisa kamu tiru agar kamu bisa lebih dekat dan paham dengan berbagai kendala yang terjadi di dalam bisnis tersebut.

4. Buatlah Sistem Terbaik Untuk Bisnismu

Bisa jalan saja ternyata tak cukup untuk sebuah bisnis, dibutuhkan sebuah sistem yang baik dan mumpuni agar perkembangan kedepannya terlihat signifikan. Melalui sebuah sistem, akan tercipta proses kerja yang efektif dan efisian sehingga semua bidang bisa berjalan dengan ketat namun masih tetap dalam batasan yang wajar dan masuk akal.

5. Yakinkan Orang Lain Jika Mereka Bisa Sukses Bersama

Satu kelebihan yang dimiliki Jokowi dan tidak dimiliki oleh semua orang adalah keahliannya untuk membuat orang-orang di sekitarnya yakin jika mereka bisa sukses bersama. Dengan menularkan prinsip ini kepada setiap karyawan, maka mereka akan selalu loyal dan percaya dengan kemampuanmu dalam memimpin mereka.

6. Tetap Konsisten Apapun dan Bagaimanapun Kondisinya

Semangat di awal merintis usaha mungkin sudah biasa, tapi bisa terus konsisten di tengah kondisi apapun tak semua orang bisa melakukannya. Apalagi perjalanan bisnis tidak selamanya manis seperti apa yang kita bayangkan, ada kalanya pasang surut pasa menjadi hambatan tersendiri bagi para pelaku usaha. Disinilah Jokowi selalu yakin bahwa pasti ada jalan ketika kesulitan datang menghampirinya. Bahkan pada kondisi tersulit sekalipun, Jokowi selalu yakin  setelah masa sulit berlalu pasti akan ada kesuksesan siap menunggu.

7. Pahami dan Kuasai Bidang Bisnis yang Kamu Jalani

Karena cobaan bisnis tak semudah apa yang kita bayangkan, ada baiknya jika kamu memahami dan menguasai dengan baik bidang bisnis yang kamu jalani saat ini. Dengan begitu kamu ketika kamu dihadapkan dengan berbagai permasalahan di lapangan, maka kamu bisa mengatasinya dengan sebaik-baiknya.

Nah, semoga pengalaman Presiden Jokowi ini tidak hanya bisa menjadi bekal para pemula yang ingin terjun di dunia usaha, tapi juga bisa jadi bahan evaluasi buat kamu yang saat ini sudah menjalankan usaha tapi belum meraih kesuksesan yang maksimal.