700 UKM Bakal Diskon Besar-besaran Untuk Meriahkan Harbolnas

/ / Pemasaran /

700 UKM Bakal Diskon Besar-besaran Untuk Meriahkan HarbolnasSmescotrade, situs belanja online milik Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLPKUKM) Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar diskon besar-besaran dengan lebih dari 700 UKM akan berpartisipasi.

“Diskon besar-besaran hingga 70 persen tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” kata Direktur Bisnis dan Marketing, Kementerian Koperasi LLM-KUKM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bagus Rachman dalam Siaran pers di Jakarta, Senin (5/12).

Diskon ini berlaku pada 700 UKM seluruh Indonesia mulai 10 Desember dan berlaku selama Desember 2016. LLP-KUKM atau dikenal dengan nama Smesco (Small Medium Enterprise Cooperative Indonesia), ujarnya, ingin memanfaatkan momen istimewa akhir tahun dengan memberikan pengalaman belanja online yang mengesankan kepada masyarakat, sekaligus menggairahkan ekonomi Indonesia berupa diskon besar UKM dari seluruh penjuru Tanah Air dengan ongkos kirim gratis.

Total produk Smescotrade yang akan meramaikan acara Harbolnas mencapai Rp 26 miliar, dari Galeri Indonesia WOW sebesar Rp 19,7 miliar, dan dari Paviliun yang ada di tingkat provinsi Rp 7,2 miliar. Smescotrade sudah menggelar ribuan produk UMKM yang dibagi menjadi delapan kategori yang dipromosikan bersama Smescotrade.com, yakni pakaian dan batik, barang kerajinan, furnitur, tenun dan songket, tas dan sepatu, makanan dan minuman, spa, fashion, dan aksesori.

Direktur Utama LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, Harbolnas didukung transaksi e-commerce, antara lain, jaringan logistik JNE & Lion Parcell; kemudahan transaksi dengan Doku untuk payment gateway agar dapat lebih mudah melakukan pembayaran dengan kartu kredit (Visa, Master), serta akses debit dan ATM dari seluruh bank di Indonesia.

Ia mengatakan, Smesco Indonesia juga sudah lama menjalin kerja sama dengan e-marketplace, seperti Blibli.com, Bhineka.com, Heritage.id, Bukalapak.com, Qlapa.com, serta merespons program Kementerian Komunikasi dan Informatika satu juta domain pada 2019 dan diharapkan Smescotrade menjadi e-marketplace bagi 30 ribu UKM dan koperasi.

“Dengan promosi dan perluasan akses pasar produk nusantara yang dipajang di Galeri Indonesia WOW dan Paviliun Propinsi, UKM akan semakin dikenal masyarakat online,” katanya. Selain mempromosikan situs Smescotrade, Smesco Indonesia juga menjajaki produk KUKM melalui aktivitas pameran di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan peluang ekspor produk UKM Nasional.

Sumber