8 Ide Bisnis Kuliner ini Tak Hanya Juara di Daerah Asalnya

/ / Inspirasi Bisnis /

8 Ide Bisnis Kuliner ini Tak Hanya Juara di Daerah AsalnyaMemiliki berbagai macam makanan khas di setiap daerahnya, membuat masyarakat Indonesia  tak hanya kaya akan cita rasa kuliner nusantara namun juga punya banyak pilihan ide bisnis kuliner yang bisa dijalankan dari menu sajian tradisional.

Nah, buat kamu yang sampai hari ini masih juga bingung mencari ide bisnis kuliner yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Coba pantengin delapan menu makanan tradisional ini yang ketenarannya tak hanya juara di daerahnya namun sudah dikenal seantero negeri.

1. Rumah Makan Padang

Sudah jadi rahasia umum kalau rumah makan padang bisa ditemukan kapan saja dan di mana saja, meskipun di luar Daerah Padang. Citarasa masakan padang yang kaya akan rempah, serta kenikmatan rendang daging khas masakan Padang kini tak hanya dicintai masyarakat Indonesia tapi juga sudah dikenal masyarakat dunia. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba bisnis rumah makan padang.

2. Warteg alias Warung Tegal

Hampir setali tiga uang dengan bisnis rumah makan padang, keberadaan warteg alias warung Tegal sangat mudah ditemui di sejumlah kota besar di Indonesia. Bahkan saking menjamurnya warung makan yang satu ini di kota-kora besar, banyak yang bilang dimana ada perantau pasti ada warteg yang selalu buka 24 jam. Pilihan menu yang beragam serta kisaran harganya yang bersahabat, menjadi tempat makan favorit para perantau.

3. Warung Tenda  Angkringan Jogja

Gerobak tenda kaki lima dan pilihan menunya yang sederhana tak lantas membuat angkringan Jogja kalah pamor dengan kedai kopi atau café kekinian yang mulai bertebaran di kawasan perkotaan. Cita rasa nasi kucing yang harganya ramah di kantong mahasiswa ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat kita. Bahkan sangking banyaknya peminat, sekarang ini banyak bisnis angkringan yang mulai dikembangkan dengan sistem kemitraan.

4. Sate Madura

Bicara soal sate, Madura pasti jagonya. Kuliner yang satu ini bahkan sudah lama mendunia, karena citarasanya hanya bisa ditemukan di Indonesia, tepatnya di Daerah Madura. Jika dulu kita sering menemukan sate Madura dipasarkan dengan cara berkeliling dengan gerobak, sekarang ini sudah banyak pengusaha sate yang menjajakan dagangannya dengan warung tenda ataupun menyewa kios-kios permanen untuk membuka warung satenya.

5. Bakso Malang

Meskipun kuliner bakso sudah bisa dijumpai di hampir semua daerah di Indonesia, namun citarasa bakso Malang memang tidak ada duanya. Tak seperti semangkok bakso di daerah lain yang hanya menyajikan bola-bola daging dengan tambahan mie dan sedikit sayur, kuliner bakso Malang dilengkapi dengan bakso bakar, bakso goring, siomay, dan tahu bakso. Bisa dibayangkan bukan kenikmatannya.

6. Coto Makassar

Kuliner khas Sulawesi Selatan ini memang tak ada tandingannya. Tak heran bila warung coto Makassar sekarang ini mudah kita temui di luar daerah asalnya, karena banyak masyarakat dari daerah lain yang ketagihan dengan citarasa Coto Makassar. Bahkan beberapa WNI yang menetap di luar negeri, kini mulai mengangkat Coto Makassar sebagai ide bisnis kuliner khas Indonesia.

7. Keunikan Seblak Bandung

Terkenal dengan beragam jenis camilan lezatnya, sebut saja seperti batagor, cimol, dan cilok, sekarang ada lagi menu kuliner khas Bandung yang lagi hits di daerah lain, yaitu seblak. Terbuat dari campuran berbagai macam kerupuk, dan makroni yang semuanya direbus, citarasa seblak ternyata mulai diterima masyarakat luar daerah Bandung. Ini terbukti dari banyaknya pedagang seblak yang mulai bermunculan di kota-kota besar.

8. Warung Mie Aceh

Rasanya yang gurih membuat makanan khas Serambi Mekah ini mudah diterima masyarakat di luar kota asalnya. Awalnya mungkin masyarakat awam hanya coba-coba dan penasaran dengan citarasa mie aceh, tapi setelah mencicipi rasanya bakalan langsung nagih dan nggak bakal nyesel menikmati kuliner tradisional yang satu ini.

Delapan menu di atas belum mewakili semua kekayaan kuliner khas nusantara, masih banyak menu tradisional lainnya yang juga bisa kamu gali untuk dijadikan sebagai ide usaha. Jadi, ide bisnis kuliner daerah mana yang ingin kamu coba?