Pisang merupakan salah satu komoditas unggulan yang bisa ditemui di hampir sebagian wilayah di Indonesia. Dari segi produksinya, pisang mampu memberikan kontribusi antara 40-45% terhadap produksi buah nasional maupun keragaman penggunaan, seperti buah konsumsi segar, olahan, bahan baku industri, dan pakan ternak. Besarnya potensi pemanfaatan pisang membuat berbagai pihak mulai ‘meliriknya’ menjadi salah satu peluang usaha potensial yang memiliki prospek cerah ke depannya. Tidak hanya buahnya, beberapa bagian dari tanaman pisang seperti bonggol, kulit, dan batang pisang saat ini bisa diolah menjadi beragam makanan olahan yang bernilai jual tinggi.

Beberapa bagian dari tanaman pisang yang awalnya sebatas digunakan sebagai makanan ternak, kini bisa diberdayagunakan menjadi makanan manusia yang memiliki kandungan gizi tinggi. Bonggol pisang mengandung energi sebesar 43 kilo kalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 11,6 gram, lemak 0 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 60 miligram, dan zat besi 1 miligram. Sementara kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, dan juga lemak yang cukup.

Batang pisang pun demikian, memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sekitar 22,84 gram, protein sekitar 1,09 gram, kandungan lemak serta seratnya masing-masing 0,33 gram dan 2,6 gram, vitamin diantaranya folat sebanyak 20 mg, niacin sebanyak 0,665 mg, tianin 0,031 mg, serta vitamin A, C, E, dan K masing-masing sebesar 64 IU, 8,7 mg, 0,10 mg, dan 0,5 mg.

Dari data tersebut, maka tidak mengherankan jika kini (tanaman) pisang banyak diolah menjadi aneka ragam makanan yang lezat dan pastinya memiliki kandungan gizi tinggi. Untuk bonggol pisang, saat ini bisa dikreasi menjadi keripik bonggol pisang, kerupuk bonggol, dan semprong bonggol pisang. Sedangkan untuk kulit pisang bisa diolah menjadi kerupuk kulit pisang, dan pangsit kulit pisang. Batang pisang bisa diolah menjadi abon batang pisang. Serta buahnya bisa diolah menjadi tepung pisang dan sambal goreng pisang.

Semua produk olahan (tanaman) pisang tersebut dikemas dengan berbagai ukuran kemasan maupun grosir (curah).

Nah…bagi Anda yang penasaran dengan aneka jenis produk tersebut, bisa segera menghubungi bisnisUKM.com di (0274) 300 422.

Spesifikasi Produk :

Bahan Baku

Bonggol, kulit, batang, dan buah pisang (uter)

Jenis Produk

Keripik, kerupuk (mentah dan matang), abon, tepung, semprong, dan sambal goreng pisang.

Kapasitas

Kapasitas menyesuaikan, mengikuti permintaan (dengan minimal order tertentu).

Keunggulan

Memiliki kandungan gizi yang tinggi (vitamin, protein, mineral, dll). Dikemas menggunakan bahan kemasan yang aman untuk makanan. Serta memiliki citarasa khas yang lezat.

Harga

Untuk mengetahui harga Aneka Olahan (tanaman) Pisang tersebut, silahkan hubungi CS kami.

Peluang Usaha

Peluang usaha bagi Anda yang berminat untuk menjadi Agen/ Reseller Aneka Olahan (tanaman) pisang di seluruh Indonesia. Ingin tahu lebih lanjut mengenai peluang usahanya, klik disini.