Musim hujan telah tiba, udara pun menjadi lembab dan dingin. Apa yang Anda lakukan jika hawa dingin menyerang? Menggunakan baju hangat? Atau berselimut tebal? . Hal lain yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan minuman hangat. Dan salah satu minuman yang nikmat sekaligus dapat menghangatkan tubuh dan menyehatkan badan adalah wedang ronde.

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut. Minuman yang menggunakan bahan dasar jahe dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mual atau mabuk darat, meningkatkan stamina, dan memberikan kehangatan pada tubuh.

Bahan dasar ronde sendiri terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal ketika digigit. Dan bagian dalamnya akan meleleh di dalam mulut kita. Komponen utama dalam wedang ronde ada 2. Yaitu wedang jahe dan ronde itu sendiri. Jika wedang ronde tidak memiliki ronde, maka minuman itu disebut wedang jahe.

Untuk menemukan penjual wedang Ronde tidaklah sulit. Hampir disetiap pojok jalan atau pusat keramaian akan mudah ditemui penjual wedang Ronde, yang biasanya menggunakan gerobak dorong berukuran sedang. Mereka menjajakan wedang ronde dengan berkeliling atau menetap disatu tempat, mulai dari sore hari hingga malam bahkan pagi hari. Meskipun di beberapa tempat kita bisa temukan di siang hari.

Wedang ronde ternyata memiliki beberapa macam variasi. Beberapa wedang ronde yang disajikan menggunakan tambahan tape ketan. Dan ada juga yang menambahkan susu kental manis. Namun apapun yang ditambahkan pada wedang ronde, minuman ini tetap menjadi pilihan untuk menghangatkan badan.

Nah, sekarang apakah Anda tertarik untuk membuat variasi baru dengan minuman tradisional ini?. Berbisnis sukses dengan sajian kuliner sekaligus menjadikan wedang ronde sebagai minuman yang mampu bersanding dengan minuman-minuman yang sudah terkenal lainnya.

sumber gambar : http://www.a4blog.com/wp-content/uploads/2008/08/wedang-ronde.jpg & http://i831.photobucket.com/albums/zz235/sauskecap/penjual-wedang-ronde.jpg