Manajemen UKM

Awas! Jangan Ikuti Kebiasaan Ini Jika Belum Siap Jadi Pengusaha Kaya

Jangan Ikuti Kebiasaan Ini Jika Belum Siap Jadi Pengusaha Kaya

Awas! Jangan Ikuti Kebiasaan Ini Jika Belum Siap Jadi Pengusaha Kaya (Foto : www.suramexico.com)

Banyaknya sosok pengusaha sukses yang belakangan ini muncul dari kalangan anak muda, secara tidak langsung turut mempengaruhi impian anak muda jaman sekarang.

Bagaimana tidak, jika dulunya mereka kepengen jadi karyawan kantoran dengan setelan jas berdasi, sekarang ini kebanyakan anak muda justru lebih tertarik jadi pengusaha kaya dari hasil karya ide kreatif mereka.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Meski begitu, untuk bisa jadi pengusaha kaya tidaklah semudah apa yang sering kita bayangkan. Ada banyak tantangan, godaan, dan batu sandungan yang bakal membuatmu galau di tengah jalan. Apa kamu sudah siap menghadapinya?

Modal mimpi besar saja ternyata tak cukup untuk bisa jadi pengusaha kaya. Sedikitnya ada lima kebiasaan para pengusaha sukses dunia yang perlu kamu coba agar semakin hari kamu bisa semakin kaya.

1. Meski banyak yang mulai meninggalkan hobi membaca, tapi nyatanya hampir sebagian besar pengusaha dunia mendapatkan inspirasinya dari membaca buku.

Ada yang bilang kebiasaan yang kita lakukan akan membentuk jati diri kita saat ini. Dan salah satu kebiasaan baik yang dilakukan kalangan pengusaha adalah menyempatkan waktu untuk terus membaca. Bahkan milyarder Warren Buffet memperkaya dirinya dengan membaca sedikitnya 600 halaman buku setiap hari. Dari kebiasaan tersebut, ia memiliki banyak cara untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

2. Sejak awal selalu Fokus pada bidang bisnis yang dijalankan.

Kebanyakan pengusaha yang tumbang ditengah jalan karena mereka tidak fokus pada tujuan bisnis yang ingin dicapai. Sedikit mendapatkan hambatan, mereka memilih menyerah dan berpaling ke bidang bisnis yang baru. Selain itu, kalangan pengusaha muda juga banyak yang tergiur oleh kesuksesan orang lain, padahal tidak semua bidang bisnis bisa sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Jadi, sebaiknya tetaplah fokus pada tujuan awal yang ingin kamu capai agar bisnismu tak karam meski dihantam berbagai persoalan.

3. Meski uang sudah dalam genggaman, para pengusaha kaya harus bisa mengendalikan keuangan dengan baik.

Walaupun berada di puncak kesuksesan bisnismu dan kamu bisa membeli apapun dari hasil kerja kerasmu, tapi bukan berarti kamu bisa menghambur-hamburkan uang dengan sesukamu. Bijaklah dalam mengatur keuangan dan pastikan kamu punya prioritas pengeluaran setiap bulannya. Penting bagi kamu untuk memisahkan antara dana usaha dengan uang pribadi yang kamu gunakan untuk mencukupi kebutuhanmu sehari-hari.  Dengan begitu kamu bisa sisihkan dana tersebut untuk berinvestasi.

4. Cerdik melihat peluang dan tak sungkan berinvestasi untuk mengembangkan jumlah kekayaan.

Tak seperti masyarakat umum yang menyisihkan sedikit uang untuk tabungan, maka kalangan pengusaha punya rumus jitu yang bisa membuat mereka semakin kaya. Ketika mendapatkan uang, maka 40% digunakan untuk berinvestasi, 20% untuk tabungan, dan sisanya yang 30% digunakan untuk konsumsi sehari-hari.  Mungkin buat kalangan pengusaha muda rumus ini cukup sulit, tapi jika sudah mulai disiplin maka kebiasaan berinvestasi seperti ini bisa membuatmu semakin kaya.

5. Tak pernah merasa takut meski harus jadi pembeda.

Mati satu tumbuh seribu, mungkin istilah inilah yang cocok untuk menggambarkan kreativitas yang dimiliki kalangan pengusaha. Bahkan ketika mereka harus menghadapi pahitnya kegagalan usaha, mereka tak butuh waktu lama untuk terpuruk karena sebelumnya mereka sudah memiliki diversifikasi penghasilan. Biasanya pengusaha kaya sudah memiliki beberapa usaha di bidang yang berbeda, agar bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Jadi misalnya satu bisnis bangkrut, maka masih ada 3 bidang bisnis lainnya yang mampu berjalan.

Seringkali kegagalan menjadi momok yang ditakuti para pengusaha, tapi ingat tanpa dimulai maka semuanya tak akan menuai hasil. So, jangan berani coba-coba jika kamu belum siap jadi pengusaha kaya. Salam sukses!