Bagaimana Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama

pelangganKetika merintis sebuah bisnis, tak jarang para pemula menemui beberapa kendala yang menghambat jalannya usaha. Sebut saja seperti persediaan stok barang yang masih terbatas, belum bisa menentukan harga jual yang ideal, serta kesulitan yang paling sering ditemui di lapangan yakni memikirkan bagaimana cara mendapatkan pelanggan pertama?

Permasalahan seperti ini tentu pernah kita hadapi ketika mengawali sebuah usaha. Karenanya untuk membantu para pemula, pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai bagaimana cara mendapatkan pelanggan pertama.

1. Bidik konsumen potensial di sekitar Anda
Untuk membangun pasar, Anda bisa memulainya dengan membidik orang-orang di sekitar Anda sebagai calon konsumen pertama. Misalnya saja Anda memperkenalkan produk unggulan yang dimiliki kepada keluarga besar Anda, teman dekat, rekan kerja, teman kampus, atau membawa sampel produk ke beberapa kegiatan/ komunitas yang Anda ikuti setiap harinya.

2. Bedakan konsumen berdasarkan karakternya
Setelah membidik orang-orang di sekitar Anda sebagai calon konsumen yang potensial, langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu membagi kategori pelanggan sesuai dengan karakter masing-masing. Disini Anda bisa membagi konsumen berdasarkan usia mereka (anak-anak, remaja, atau orang tua), jenis kelamin (laki-laki atau perempuan), profesi yang digeluti, dan lain sebagainya. Langkah tersebut akan memudahkan Anda untuk merencanakan strategi pemasaran yang paling efektif untuk mendapatkan perhatian para konsumen.

3. Jalin silaturahmi untuk memperluas peluang pasar
Sebagai seorang pelaku usaha, membangun networking menjadi salah satu kewajiban yang tak boleh Anda kesampingkan. Bila perlu, adakan pertemuan rutin untuk mempererat hubungan silaturahmi Anda dengan konsumen, sekaligus untuk memperkenalkan produk terbaru yang Anda miliki kepada para pelanggan setia. Hal ini penting, sebab kedekatan Anda dengan konsumen menjadi pintu awal bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

4. Jaring konsumen baru dari pelanggan setia Andacustomer
Memiliki banyak pelanggan ternyata mendatangkan untung cukup besar bagi para pelaku usaha. Sebab, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan setia yang Anda miliki bisa mendatangkan konsumen baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Misalnya saja mereka merekomendasikan produk Anda kepada saudara atau teman dekat yang mereka miliki melalui strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut). Karena itu, jangan ragu-ragu menawarkan bonus menarik bagi para pelanggan setia Anda yang memberikan peran penting bagi perkembangan bisnis Anda. Bila perlu, ajaklah mereka bergabung menjadi reseller atau agen produk Anda, dengan menawarkan bonus khusus yang cukup menarik.

Mudah bukan? Setelah membahas beberapa tips pemasaran yang bisa Anda jalankan untuk mendatangkan pelanggan pertama, kini giliran Anda untuk mempraktekannya langsung di pasaran. Selamat mencoba dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://wpwidgets.net/wp-content/uploads/2012/05/customer-satisfaction.jpg
2. http://www.winweb.com/wp-content/images/customers.jpg