Berita UKM

Bank Sampah Binaan PLN, Sebulan Berhasil Kelola 337 Ton Sampah

Bank Sampah Binaan PLN, Sebulan Berhasil Kelola 337 Ton Sampah

PLN memiliki 5 bank sampah induk dengan total nasabah 53.550 orang. Setiap bulan terkumpul sampah sebanyak 337 ton. (Foto : http://2.bp.blogspot.com)

Turut berkomitmen dalam melestarikan lingkungan dan sebagai wujud nyata untuk fokus menangani pengelolaan sampah di Indonesia, PT. PLN melalui program Cooporate Social Responsibility (CSR) bersama dengan Kelompok pecinta lingkungan melakukan pembinaan pada sejumlah ‎Bank Sampah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Upaya PLN ini ternyata membuahkan hasil, dari 16 bank sampah yang mendapatkan pembinaan, ada  tiga bank sampah binaan PLN yang mendapatkan prestasi sebagai bank sampah terbaik nasional di tahun 2017. Adapun tiga bank sampah binaan PLN yang mendapatkan predikat terbaik antara lain Bank Sampah Induk Surabaya, Bank Sampah Gemah Ripah di Yogyakarta dan yang terakhir Bank Sampah Induk NTB Mandiri yang terletak di Mataram.

Tentu prestasi ini mendapatkan banyak apresiasi dari pemerintah maupun dari PT. PLN selaku pemberi bantuan. Tanpa adanya pengelolaan dan kreativitas yang luar biasa, volume sampah di Indonesia dari waktu ke waktu akan semakin bertambah dan menjadi permasalahan besar di kalangan masyarakat.

“Dukungan PLN untuk bank sampah tidak main-main, saya melihat PLN secara berkelanjutan memberikan perhatian lebih terhadap masalah sampah dan pengelolaannya,” jelas Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Tuti Hendrawati Mintarsih, dikutip dari www.rri.co.id.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Untuk menambahkan kapasitas pengelolaan sampah setiap bulannya, ketiga bank sampah terbaik mendapatkan bantuan dari PLN berupa pembangunan kantor dan gedung pengolahan sampah, penambahan armada pengangkut sampah, serta program penguatan manajemen operasional.

Dengan peresmian tiga bangunan induk ini, sekarang ini total PLN telah memiliki 5 bank sampah induk dengan total nasabah sebanyak 53.550 orang. Dari kelima bank sampah induk tersebut, PLN berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 337 ton perbulan untuk selanjutnya di reuse, reduce, dan recycle.

Baca Juga Artikel Ini :

Komunitas Bank Sampah Sleman Survey Mesin Pencacah Sampah Organik

Jajal Waste to Energy, DLH Jabar Coba Olah Sampah Jadi Energi Listrik

 

“PLN berkonsentrasi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan mempunyai pengaruh yang positif bagi masyarakat, PLN berharap Bank Sampah Induk Kota Surabaya akan terus berkembang menjadi Bank Sampah yang profesional dan mampu menjawab tantangan pengelolaan sampah yang lebih kompleks,” ujar Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhammad Ali, dikutip dari www.finance.detik.com.

Apalagi saat ini dukungan teknologi tepat guna cukup memudahkan para pengurus bank sampah untuk mengolah sampah menjadi produk baru yang lebih bermanfaat. Selain didaur ulang menjadi produk kerajinan yang cantik, sekarang ini sampah plastik bisa diolah menjadi bahan bakar minyak, sedangkan sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos organik.

Salah satu teknologi mesin tepat guna yang bisa memudahkan masyarakat untuk mengolah sampah plastik adalah mesin penggiling plastik.  Disini mesin penggiling plastik berfungsi untuk mencacah bahan baku limbah plastik seperti : botol plastik, gelas kemasan air mineral, botol minuman soft drink, jerigen, botol oli, ember, dan limbah plastik lainnya dengan output berupa plastik cacahan kecil-kecil.

Mesin penggiling plastik ini biasanya digunakan oleh pelaku usaha di bidang daur ulang plastik, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, BLH, TPST, Bank Sampah, dan unit Pengolahan sampah lainnya. Saat ini harga mesin penggiling plastik yang ada di pasaran sangat beragam. Pastikan kamu mendapatkan produk dan layanan purna jual yang berkualitas agar tak salah dalam berinvestasi, pastikan juga kamu membeli mesin pengolah sampah di Pengolahsampah.com karena sudah terbukti memiliki harga bersaing dan layanan purna jual yang sangat bersahabat.

Informasi Mesin Pengolah Sampah
Mesin pirolisis plastik  dapat diperoleh :

Pengolahsampah.com

Alamat : Jl. Magelang KM. 13 Triharjo Sleman Jogjakarta

Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • Telkomsel : 081 227 799 912
  • Telkomsel : 085 227 746 362
  • Indosat : 085 743 366 688
  • XL : 087 891 202 010

Fax    : (0274) 869 720
Email : marketing@anekamesin.com