Inspirasi Bisnis, Pengusaha Sukses

Cuma Bisnis Angkringan, Pemuda Ini Punya 200 Cabang, Mau?

Owner Angkringan Nasi Kucing 78Bermula dari hobinya makan dan memasak, Triangga Bayu (34) berinisiatif memulai bisnis modal kecil yang Ia beri nama Angkringan Nasi Kucing 78. Bisnis angkringan ini dirintis Bayu bersama istrinya, Nita Yuni Arthanty sejak akhir tahun 2011.

Sebelum merintis bisnis angkringan, sebelumnya Bayu sempat bekerja di beberapa tempat. Mulai dari bekerja di developer property, peternakan sapi, hingga menjadi sopir layanan ekspedisi.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ketertarikan Bayu akan dunia usaha pun kian membesar. Ia pun memilih untuk mulai menjalankan bisnis sampingannya, mulai dari bisnis makanan ala angkringan nasi kucing hingga bisnis clothing yang saat ini masih berjalan secara bersamaan.

Melihat peluang bisnis angkringan nasi kucing yang sangat menjanjikan, Bayu pun berinisiatif untuk mengembangkan bisnis makanan tersebut dengan sistem waralaba. Karena bisnis angkringan dapat dimulai dengan modal kecil. Seperti pengalaman Bayu dahulu, ia membuka angkringan pertamanya dengan modal kecil, yang tidak lebih dari 3juta. Kini, Bayu telah memiliki lebih dari 200 mitra angkringan di penjuru nusantara, yang telah menikmati berkah dari paket bisnis waralaba Angkringan Nasi Kucing 78.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Ketika ditanya darimana Bayu memiliki keahlian produksi dan marketing bisnisnya, ia mengaku bahwa keahlian tersebut didapat dari pengalaman belajar di lapangan. Ia percaya bahwa ketika seorang manusia berusaha untuk mengembangkan usaha titipan Tuhan, maka Tuhan pun akan memberikan kemudahan.

Bayu mengaku tidak mengalami kendala yang berarti dalam mengelola bisnis makanan ala angkringannya. Dalam pengelolaan keuangan Bayu membuat tabungan mati harian, dimana setiap hari ia wajib menyisihkan uang apapun kondisinya. Baik saat usahanya laku maupun tidak, atau saat mendapat untung banyak ataupun sedikit. Dalam mengelola kesediaan produk, Bayu pun selalu menyetok gerobak dan perlengkapan angkringan bagi mitra barunya, sehingga tidak ada istilah pre order. Saat mitra datang membeli paket usaha angkringan yang ditawarkan, perlengkapan dan gerobak bisnis angkringan pun siap diantar.

“Kami gila promosi, sehingga pemasaran bisnis angkringan modal kecil kami telah menjangkau wilayah Banda Aceh hingga Papua” papar Ayah satu anak ini. Bayu menggunakan internet marketing untuk memasarkan bisnis angkringannya. Ia memiliki tim khusus untuk mengelola pemasaran online di Website, Blog, Twitter, Instagram, Fanspage, dan Youtube bernama Angkringan Nasi Kucing 78.

Brand bernama Angkringan Nasi Kucing 78 ini, rupanya memiliki arti yang mendalam. Angka 78 memiliki makna maju mapan. Angka ini diharapkan mampu membawa kemajuan dan tahap kemapanan secara ekonomi dan kebahagiaan bagi pelaku usahanya. Baik Bayu sebagai owner, para mitra, dan karyawan Angkringan Nasi Kucing 78.

Bayu juga sangat memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan para mitranya, karena bisnis ini berlandaskan pada konsep “berbagi”. Bayu sangat siap mendukung kemajuan para mitra dan calon pengusaha yang melirik usahanya. Menurutnya, dengan menciptakan usaha akan banyak tenaga menganggur yang terserap. Kebahagiaan dan kesuksesan akan dimiliki oleh banyak orang.

Di akhir sesi liputan, Bayu menegaskan bahwa dalam menjalankan usaha kita harus memiliki motivasi. “Saya menjalankan bisnis makanan ala angkringan ini, karena termotivasi untuk dapat berbagi usaha, berbagi rejeki, berbagi kesempatan, dan berbagi ilmu bisnis dengan orang lain.” kata Bayu.

“Puncak dari kebahagiaan dari seorang pengusaha adalah ketika kita bisa melihat mitra atau karyawan kita bahagia dari hasil usaha yang kita jalankan. Seperti halnya, pengalaman beberapa mitra saya yang sudah mendaftarkan haji dari hasil angkringannya, dan ada juga yang bisa membelikan sepeda motor bagi karyawannya” tutur Bayu. Karena menurut Bayu, wirausahawan sejati adalah yang berani sukses dan berani rugi.

Tim Liputan BisnisUKM

Owner Bisnis Angkringan Nasi Kucing 78
Owner Bisnis Angkringan Nasi Kucing 78
Mitra Bisnis Angkringan Nasi Kucing 78
Mitra Bisnis Angkringan Nasi Kucing 78
Kedai Angkringan Nasi Kucing 78
Kedai Angkringan Nasi Kucing 78
Angkringan Nasi Kucing 78 milik Mitra
Angkringan Nasi Kucing 78 milik Mitra
Gerobak Angkringan Nasi Kucing 78
Gerobak Angkringan Nasi Kucing 78
Produk Lauk Angkringan Nasi Kucing 78
Produk Lauk Angkringan Nasi Kucing 78