Peluang Bisnis Es Krim Talas Labanya Semanis Rasanya

/ / Peluang Bisnis /

ilustrasi es krim talasMeski telah booming sejak beberapa tahun yang lalu, citarasa produk es krim masih tetap diminati banyak penggemar. Sensasi dingin dan manisnya rasa es krim yang ditawarkan, menjadikan pelanggan dari berbagai kalangan masih terus berdatangan. Tidaklah heran bila sampai detik ini para pemain di bisnis es krim masih terus bermunculan dan gencar menciptakan inovasi baru untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satunya saja seperti bisnis es krim talas, yang tak hanya menawarkan citarasa lezat namun juga memberikan sajian kuliner sehat bagi para penikmatnya.

Tingginya kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, dan vitamin pada umbi talas, menjadikan tanaman yang bernama latin Colocasia Esculenta ini sering diolah masyarakat menjadi beragam jenis menu makanan. Tak terkecuali produk es krim talas yang sekarang ini mulai disukai kalangan anak-anak hingga orang dewasa sebagai pilihan menu dessert yang bercitarasa lezat dan bertekstur lembut.

Konsumen
Bisa dikatakan es krim merupakan salah satu sajian kuliner yang digemari hampir setiap orang. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, rata-rata menggemari es krim karena kudapan dingin ini memiliki bentuk serta varian rasa yang sangat beragam. Contohnya saja seperti keunikan es krim rasa talas yang memiliki tampilan berwarna ungu dan sensasi rasa yang terbilang baru.

Info Bisnis
Maraknya persaingan pasar di bisnis es krim, mau tidak mau mendorong para pelaku usaha untuk bisa menciptakan sebuah inovasi baru. Jika sebelumnya kita cukup familiar dengan es krim rasa coklat, vanila, dan varian rasa buah-buahan, sekarang ini masyarakat mulai mengolah umbi-umbian seperti talas, dan ubi ungu untuk diolah menjadi es krim. Keunikan inilah yang kemudian memancing rasa penasaran para konsumen, sehingga peluang bisnis es krim talas labanya semanis rasanya.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis es krim talas, berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu Anda persiapkan dari sekarang.

  1. Lakukan eksperimen untuk mendapatkan takaran resep es krim talas yang rasanya pas. Untuk itu, Anda bisa menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam meramu es krim talas dari buku resep, internet, atau mengikuti pelatihan bisnis es krim.
  2. Persiapkan alat dan bahan. Untuk memproduksi es krim talas, sebenarnya tidak dibutuhkan mesin yang terlalu mahal. Anda bisa menggunakan alat atau perabot yang ada di dapur rumah Anda.
  3. Tentukan konsep bisnis yang akan Anda gunakan. Mengingat persaingan pasar di bisnis es krim cukup ketat, Anda harus jeli dalam melihat peluang pasar dan merencanakan konsep bisnis dengan matang agar tak kalah bersaing dengan pemain lainnya.
  4. Gunakan pendingin dengan suhu minimum -7°C untuk menjaga es krim agar tidak cepat cair. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan freezer berdiri atau box stereofoam ditutupi tas dan diberi dry ice yang sering kita sebut biang es atau bisa juga menggunakan ice pack seperti yang digunakan pedagang es krim keliling.

Resep Es Krim Talas

Bahan-bahan :

  • es krim talas250 gram talas kukus, haluskan
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 100 gram gula pasir
  • 25 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar gelatin rendam, peras, tim sampai larut
  • 150 gram krim bubuk
  • 300 ml air es
  • 1/4 sendok teh esens pasta
  • 5 tetes pewarna merah muda

Cara Pengolahan :

  1. Kocok krim bubuk, air es, esens pasta, dan pewarna merah muda sampai setengah mengembang. Dinginkan dalam lemari es.
  2. Blender talas dan santan sampai lembut. Masukkan gula pasir, tepung maizena, dan garam. Masak sambil diaduk sampai mendidih dan kental.
  3. Tambahkan larutan gelatin. Aduk rata. Biarkan hangat.
  4. Masukkan sedikit – sedikit ke kocokan krim sambil dikocok perlahan. Bekukan dalam freezer.
  5. Dan sejutar 900 gram es krim talas pun siap untuk dipasarkan.

Kelebihan Bisnis
Seperti halnya bisnis makanan atau minuman pada umumnya, peluang bisnis es krim menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Apalagi Negara Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki suhu udara cukup panas, sehingga tidak heran bila sebagian besar masyarakat lebih menyukai menu minuman dingin seperti es krim.

Disamping iklim Indonesia yang cukup mendukung, bisnis es krim merupakan salah satu peluang usaha yang tidak mati dimakan zaman. Varian rasanya yang semakin beragam sekarang ini tidak hanya digemari anak-anak namun juga mulai dicari konsumen dari kalangan orang dewasa. Hal ini menunjukan bahwa produk es krim sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga peluang bisnisnya pun sampai saat ini masih sangat terbuka lebar.

Kekurangan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis es krim talas, kendala usaha yang sering ditemukan para pelaku usaha adalah mencairnya es krim karena suhu ruangan yang dirasa kurang dingin. Untuk menyiasati kendala tersebut, Anda bisa memanfaatkan freezer untuk mengawetkan produk es krim, atau bila dalam kondisi darurat (pada saat mati listri) bisa menggunakan box stereofoam ditutupi tas dan diberi dry ice (biang es) untuk mengawetkan es krim dalam waktu beberapa saat.

Strategi Pemasaran

Mengingat persaingan pasar di bisnis es krim sudah sangat ketat, Anda harus pintar-pintar menggunakan keunikan produk es krim talas untuk memancing rasa penasaran para konsumen. Tambahan umbi talas yang terdapat pada produk es krim, memberikan nilai tambah yang cukup potensial pada bisnis Anda, sehingga tidak menutup kemungkinan bila usaha es krim talas yang Anda jalankan mampu bersaing dengan produk serupa di pasaran. Untuk mengoptimalkan strategi promosi yang Anda jalankan, selanjutnya Anda bisa memasang baner atau spanduk di depan kedai es krim talas agar konsumen yang melewati lokasi tersebut mengetahui keberadaan bisnis es krim talas yang Anda rintis.

Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan produk es krim talas ke kalangan masyarakat luas dengan memanfaatkan peran internet. Buatlah lapak toko online dengan memanfaatkan situs website, blog, atau situs sosial media seperti misalnya facebook, twitter, pinterest, youtube, dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk es krim talas ke pasar nasional maupun internasional. Semakin aktif Anda berpromosi di ranah maya, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Kunci Sukses
desain kemasan es krimKunci keberhasilan yang perlu Anda pegang yaitu berani berinovasi dan terus konsisten dalam menjalankan usaha es krim talas. Mengingat es krim talas masih terbilang unik di mata para konsumen, maka Anda perlu berinovasi dan bereksperimen untuk menciptakan produk es krim yang citarasanya lezat, dan tampilannya tak kalah menarik dengan produk es krim lainnya. Dengan begitu, calon konsumen yang datang ke kedai es krim Anda tidak kecewa dengan inovasi produk yang Anda tawarkan dan mulai loyal dengan bisnis yang Anda jalankan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Produksi es krim talas skala rumah tangga
Target penjualan 150 cup/ hari
Sewa tempat di depan supermarket Rp 300.000,00/ bulan

Modal awal
Loyang Rp 25.000,00 x10 unit                                 Rp   250.000,00
Freezer berdiri                                              Rp 1.500.000,00
Hand mixer                                                   Rp   150.000,00
Timbangan dapur dan gelas takar                              Rp   100.000,00
Panci, baskom, spatula, saringan, dll                        Rp   200.000,00
Kompor gas 1 tungku dan gas elpiji 3 kg                      Rp   175.000,00
Sterofom Box es krim                                         Rp    50.000,00+
Total modal                                                  Rp 2.425.000,00
Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan 3 tahun :
1/36 bulan x Rp 2.425.000,00             = Rp 67.400,00/ bln

Biaya operasional
Bahan es krim talas : @ Rp 200.000,00/ hari x 25 hari        Rp 5.000.000,00
Pembelian Cup, sendok, tutup, stik, dan kemasan plastik      Rp   500.000,00
Blue Ice Pack                                                Rp 1.750.000,00
Gas elpiji 3 kg x @ Rp 15.000,00                             Rp    30.000,00
Banner                                                       Rp   100.000,00
Gaji karyawan 1 orang                                        Rp   900.000,00
Biaya listrik dan telepon                                    Rp   500.000,00
Biaya transportasi                                           Rp   700.000,00
Biaya Sewa Tempat                                            Rp   300.000,00+
Biaya operasional per bulan                                  Rp 9.780.000,00

Omzet per bulan
Harga jual es krim per cup rata-rata Rp 3.000,00
Omzet per bulan : Rp 3.000,00 x 150 cup x 25 hari            Rp 11.250.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 11.250.000,00 – Rp  9.780.000,00               =          Rp 1.470.000,00

ROI (Return of Investment)
Modal awal : laba bersih per bulan                =          1,7 bulan

Semoga informasi peluang bisnis olahan talas yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inpirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.manifestvegan.com/wp-content/uploads/2012/05/ube-ice-cream-vegan-1024x965.jpg
2. http://www.sajiansedap.com/images/detail/1289882857detail_REKA_08-09_ES_KRIM_TALAS_ABB-NO05.jpg
3. http://3.bp.blogspot.com/-c2m8YyRmMrs/Ty7kR7L7LkI/AAAAAAAABLg/6sgRzM4DOsE/s1600/AbaetYbat.jpg