Inspirasi Bisnis, Video UKM

Bisnis Minuman Kesehatan Mow Fresh Yoghurt

bisnis yoghurt

bisnis yoghurt

Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal susu daripada yoghurt sebagai minuman yang menyehatkan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa yoghurt mempunyai beberapa manfaat yang tidak terdapat didalam susu?

Apa itu yoghurt? Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Seperti Mow Fresh Yoghurt salah satu produk UKM dari wilayah Surabaya ini memiliki beberapa manfaat,  Mow Fresh Yoghurt dikelola oleh tiga sahabat yaitu Pipit Suhardini, Ratih Dianti dan Anita yang sebenarnya masih memiliki kesibukan masing-masing dibidang lain seperti butik, praktisi kesehatan dan kuliner.

Namun keinginannya yang cukup kuat untuk memajukan olahan dari bahan susu, membuat ketiga sahabat ini tertarik untuk mendirikan usaha dibidang minuman kesehatan khususnya yoghurt dengan nama Mow Fresh Yoghurt. “Kata Mow sendiri sengaja kita pilih karena dapat diplesetkan dalam bahasa Indonesia Mow = Mau,” terang tiga dara ini dengan senyum ramahnya.

Saat ditemui tim bisnisUKM di rumah produksinya pada hari Kamis (7/2) di kompleks Asrama Brimob Krembangan Surabaya, ketiga wanita cantik ini menceritakan asal mula perjalanan bisnisnya. “Pada bulan November kami sepakat untuk memulai usaha Mow Fresh Yoghurt dan launching pertama pada bulan Desember 2011,” tutur Pipit Suhardini.

Produksi dan Pemasaran Mow Fresh Yoghurt

mow fresh yoghurt

mow fresh yoghurt

Untuk proses produksinya, Pipit beserta kedua rekannya sepakat mengatakan bila prosesnya sebenarnya cukup mudah namun dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam meracik susu menjadi yoghurt. “Cara membuat Mow Fresh yoghurt pertama dengan memasak air susu dengan suhu 70°C, kemudian lanjut ke proses pendinginan, inkubasi 5-7 jam, penyempurnaan rasa atau penambahan gula dan lain-lain, kemudian dikemas sesuai dengan varian produk,” ungkap Anita.

Selama ini untuk strategi promosi dan pemasaran Mow Fresh Yoghurt, tiga sekawan ini awalnya memasarkan produk olahan susu tersebut di kampus Unair dan Ubara. Kemudian mereka mulai mencoba memperluas pasarnya hingga ke sekolah-sekolah SMP – SMA yang terdapat di sekitar lokasi usahanya. Dari promosi yang mereka jalankan, ternyata produk Mow Fresh Yoghurt banyak diminati konsumen dan semakin dikenal serta mulai banyak pesanan dari kalangan masyarakat luas. “Biasanya produk yang paling digemari konsumen yoghurt rasa stowberry, leci dan anggur, selain itu ada juga rasa moca, melon dan jeruk,” jelas ratih.

BISNIS MINUMAN KESEHATAN MOW FRESH YOGHURT

Harga yang dipatok untuk produk Mow fresh Yoghurt ternyata cukup terjangkau. “Untuk kemasan cup dihargai Rp 3.000,00, kemasan 500ml Rp 13.000,00 dan kemasan pack dijual Rp 10.000,00,” kata Pipit. Dalam menjalankan bisnisnya, kendala yang sering Ia hadapi adalah masalah pemasaran produk. “Selama ini pemasaran produk kami terkait dengan musim kuliah dan sekolah, jadi ketika musim libur tidak seramai waktu proses belajar mengajar di bangku perkuliahan dan sekolahan aktif,” ujar mereka.

Di akhir pertemuannya dengan tim bisnisUKM, ketiganya menyempatkan untuk berbagi tips kepada masyarakat luas yang ingin terjun di dunia usaha. “Yang terpenting jangan terlalu banyak berpikir tapi langsung action, niat, usaha, jangan takut gagal dan komitmen,” pungkasnya di akhir wawancara.

Tim liputan bisnisUKM