Bisnis Olahan Jagung Datangkan Banyak Untung

/ / Liputan UKM /

olahan jagungMengawali usaha di usia senja ternyata tak menghalangi langkah Supini (50) untuk bisa sukses mengembangkan ladang bisnisnya. Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, namun ibu paruh baya ini tak pernah lelah untuk terus mengabdi dan berkarya membangun daerah tercintanya yang terletak di Jalan Wirosari-Blora Kabupaten Grobogan.

Ketika tim bisnisukm berkunjung ke pabrik olahan jagung miliknya pada Rabu (29/05) yang lalu, Supini mengungkapkan bahwa produk olahan jagung di Kecamatan Wirosari ini sangat berlimpah. “Kabupaten Grobogan merupakan salah satu lumbung pertanian nasional yang cukup diandalkan, terutama untuk makanan pengganti beras (padi) seperti olahan nasi jagungnya,” ujar Supini.

proses produksi olahan jagungMerintis usaha olahan jagung sejak tahun 1978, Supini mengusung brand “Murih Santoso” untuk mempromosikan tepung jagung, kerupuk jagung, chikiyas atau makanan ringan berbentuk snack chiki dari jagung dan tak kalah menariknya produk nasi jagung  instan yang belakangan ini sudah di ekspor ke berbagai negara tetangga.”Untuk nasi jagung ini telah di ekspor sampai ke negara Hongkong lewat kerjasama dengan salah satu distributor di daerah Surabaya,” terangnya kepada tim binisukm.

Memanfaatkan lahan pabrik seluas kurang lebih 5 hektar yang terletak di Jalan Wirosari- Blora, Supini memasarkan produk olahan jagung buatannya melalui Asosiasi UMKM Kabupaten Grobogan juga atas program Pemerintah Kabupaten menjadi peserta tetap penyelenggaraan pameran-pameran UKM Jawa Tengah di berbagai tempat di Kota Semarang. “Contohnya saja seperti pameran di halaman swalayan dan di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah,” tandasnya.

pengusaha olahan jagungBisa dikatakan, dalam segi pemasaran bisnis olahan jagung milik Supini didukung  cukup baik oleh pihak pemerintah setempat sehingga tidak heran bila setiap bulannya Supini kebanjiran order dari berbagai penjuru daerah. Sebut saja seperti konsumen di kota Semarang, Kudus, Pati, Jepara dan Blora.

Dibantu oleh 5 orang tenaga produksi dan 5 orang bagian packaging, sampai saat ini kapasitas produksi pabriknya setiap bulan bisa mencapai 1,5 kuintal jagung. Mengingat Kabupaten Grobogan merupakan salah satu lumbung jagung nasional, tidak heran bila untuk persediaan bahan baku jagung bisa teratasi dengan baik.

Artikel Ditulis Oleh :

Tim Liputan BisnisUKM
Kantor Cabang Jawa Tengah