Inspirasi Bisnis, Liputan UKM, Video UKM

Bisnis Produk Kecantikan Dengan Menyasar Pasar Online

Setelah sukses mengenalkan pola hidup sehat melalui bisnis katering diet mayo yang Ia kembangkan di Yogyakarta, Sari Maheswary (27) kembali tergerak untuk menekuni bisnis kecantikan yang aman untuk kesehatan.

bisnis-produk-kecantikan-dengan-menyasar-pasar-online-copy

“Awalnya saya prihatin dengan banyaknya produk kosmetik bermercuri yang beredar di pasaran. Dari situ saya dan suami mulai tergerak untuk menemukan produk kecantikan yang aman tanpa mercuri,” kata Sari ketika disambangi tim BisnisUKM beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga Artikel Ini :

Peluang Agen Reseller Herbal Kecantikan Pondok Ibu

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Toko Kosmetik Online, Bisnis Sampingan Untuk Wanita

Menjalin kerjasama dengan CV. Nosin Indonesia sebagai produsennya, pada tahun 2012 Sari meluncurkan produk kecantikan lokal yang 100% bebas mercuri dengan brand Aura Glow. “Aura Glow adalah produk kecantikan lokal yang diproduksi oleh CV. Nosin Indonesia dan diedarkan oleh Aura Grup. Jadi Aura Glow di tahun 2012 meluncurkan dua produk kecantikan yang diedarkan ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kepada tim liputan BisnisUKM.com, Sari bercerita bahwa awal mula merambah bisnis kosmetik seperti sekarang ini karena sejak dulu Ia memang sudah berjualan online produk kecantikan namun sayangnya produk tersebut belum memiliki izin resmi dari BPOM.

“Saya mengkhawatirkan saking banyaknya produk pemutih wajah yang belum memiliki izin resmi, justru akan membahayakan kesehatan mereka. Akhirnya saya bertemu salah satu apoteker di CV. Nosin Indonesia yang memiliki produk kosmetik, saya coba sendiri hasilnya bagus dan memang saya cek ke lab bahannya aman untuk digunakan. Kemudian saya coba ke 50 orang dan hasilnya 50% penggunanya merasa aman,” jelas Sari.

Jatuh Bangun Mengenalkan Aura Glow

Produk kecantikan Aura GlowSebagai pemain baru di bisnis kecantikan, Sari mengaku mulanya tak mudah bagi dirinya untuk mengenalkan Aura Glow ke kalangan masyarakat luas. “Untuk mengenalkan produk baru memang tidak mudah. Mulai dari promosi membuat fliyer sampai memberi tester produk gratis untuk konsumen. Apalagi kami membidik target market orang-orang yang belum sadar bahaya produk kosmetik tanpa izin BPOM,” tuturnya.

Selama mengenalkan produk Aura Glow, istri dari Hari Saka tersebut menuturkan bahwa kebanyakan orang Indonesia berpikir ketika menggunakan produk pemutih wajah maka satu minggu harus putih. Kendala inilah yang kemudian menuntut Sari untuk bisa mengedukasi pasar, karena produk kecantikan non mercuri tidak bisa memberikan efek yang instan.

“Kami coba meyakinkan konsumen mengenai bahaya mercuri ketika digunakan untuk jangka waktu panjang. Apalagi untuk ibu hamil, bahayanya bisa sampai ke janin bila menggunakan produk dengan mercuri,” terangnya.

Terus Berinovasi Mengikuti Kebutuhan Pasar

Owner dan tim Aura GlowDengan bekal keahlian internet marketing yang dimiliki sang suami, Sari memasarkan produk kecantikan tersebut dengan mengandalkan semua situs sosial media. “Untuk pemasaran sendiri kita memanfaatkan media online. Mulai dari membuat website, promosi online di Facebook, twitter, OLX, instagram, dan lain sebagainya,” jelas pengusaha sukses yang saat ini telah memiliki ribuan distributor di seluruh Indonesia tersebut.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Tak butuh waktu lama bagi Sari untuk mengenalkan produk kecantikannya ke dunia maya. Melihat respon pasar yang begitu besar, kurang dari setahun berjalan Sari kembali mengeluarkan produk baru yang tak jauh-jauh dari kesehatan dan kecantikan wanita.

“Di tahun 2013, Aura Glow sudah berinovasi dan menambah produk baru untuk perawatan badan. Yaitu lulur kopi dan sabun kopi, itu juga kita edarkan di seluruh Indonesia,” ujarnya. Di tahun yang sama, Sari juga menjalin kerjasama dengan CV. Lintang Suminar dan meluncurkan produk baru yaitu Aura Herbal Slim dengan membidik target pasar dari kalangan wanita berbadan gemuk.

Untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar di bisnis kecantikan, Sari tak lelah untuk berinovasi menciptakan produk-produk baru sesuai dengan kebutuhan wanita di Indonesia. “Alhamdulillah, saat ini Aura Glow menjadi sorotan bagi pesaing bisnis yang lain, apa yang kita lakukan terkadang mereka menirunya. Namun kita tidak tinggal diam, kita harus bisa selalu satu langkah lebih maju dari mereka. Contohnya kita mengetahui pasaran apa yang dibutuhkan wanita saat ini, karena target pasar kita memang wanita,” kata owner Aura Glow yang telah kini telah melahirkan 22 jenis produk kecantikan tersebut.

Tim Liputan BisnisUKM