Inspirasi Bisnis, Video UKM

Bisnis Sale Pisang Goreng Ala Purwodadi

Sale Pisang PurwodadiKabupaten Grobogan selama ini dikenal sebagai salah satu sentra produksi sale pisang yang gaungnya sudah dikenal masyarakat luas. Banyaknya produsen sale pisang yang ada di wilayah Grobogan ternyata memunculkan beragam inovasi camilan yang memiliki rasa dan aroma khas tersebut. Selain sale pisang basah yang sebelumnya pernah kita tampilkan, di Kabupaten yang beribukota di Purwodadi itu juga terdapat produsen sale pisang goreng yang tidak kalah nikmatnya. Salah satu pelaku usaha yang sudah sejak lama menggeluti produksi sale pisang goreng adalah Bapak Bambang Waluyo (36), yang beralamat di Tembirejo, Toroh, Purwodadi.

Ditemui di rumahnya Selasa (10/4), Pak Bambang mengaku jika awal mula mendirikan usaha tersebut niatnya hanyalah coba-coba. “Sekitar tahun 2000 saya mencoba mendirikan usaha ini, memang niatnya hanya mencoba sambil belajar, namun lambat laun usaha ini makin berkembang, sejak itulah saya memutuskan untuk menekuninya,” jelasnya kepada tim liputan bisnisUKM. Meskipun di wilayahnya terdapat banyak produsen sale pisang, namun Pak Bambang tidak gentar menghadapi iklim persaingan yang cukup ketat tersebut. Terbukti, dengan mengusung ‘Sale Pisang Purwodadi’ sebagai nama usahanya, saat ini Pak Bambang merupakan salah satu produsen sale pisang yang cukup ‘ternama’ di Kabupaten Grobogan.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Proses Produksi Sale Pisang PurwodadiBahan baku yang melimpah di pasaran semakin meyakinkan Pak Bambang bahwa usahanya itu senantiasa akan selalu berkembang. “Mudahnya memperoleh bahan baku utama (pisang) menjadi salah keuntungan kami, karena tidak perlu mengeluarkan biaya operasional tambahan untuk mendatangkannya,” imbuhnya. Bahan baku tersebut diperoleh Pak Bambang dari para petani pisang yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Pisang yang digunakan juga beragam, jadi tidak hanya berasal dari satu jenis pisang semata.

Dengan dibantu sepuluh orang tenaga produksinya, Pak Bambang secara rutin memproduksi sale pisang goreng yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu sale pisang merah dan sale pisang biru. Warna merah dan biru digunakan untuk membedakan tipe sale pisang produksinya, yaitu sale pisang goreng gulung, dan sale pisang goreng biasa. “Sale pisang goreng gulung merupakan salah satu inovasi kami agar para pelanggan tidak bosan dengan produk sale pisang yang seperti itu-itu saja,” terangnya. Terbukti, sale pisang gulung kreasi Pak Bambang saat ini bisa tersebar ke beberapa toko dan swalayan yang ada di seputaran wilayah Grobogan dan Semarang.

Info Bisnis

 

BISNIS SALE PISANG GORENG ALA PURWODADIDengan kapasitas produksi rata-rata 1 kuintal, Pak Bambang memberanikan diri menjadi supplier produk sale pisang goreng bagi para pedagang toko oleh-oleh yang ada di wilayah Grobogan dan Semarang. Sale pisang gorengnya tersebut dijual dengan harga Rp.5.500,00/bungkus (225g), dan Rp.4.500,00/bungkus (175g). Dengan harga seperti itu, Pak Bambang mengaku dalam sebulan bisa memperoleh omzet yang cukup fantastis, yaitu 70 juta Rupiah, dengan keuntungan 30%.

Proses Pengeringan PisangMeskipun memiliki kapasitas dan omzet yang cukup tinggi, namun Pak Bambang mengaku masih memiliki kendala dalam hal peralatan. “Untuk kendala terutama dalam hal peralatan, karena selama ini kami menggunakan peralatan manual hasil buatan sendiri,” imbuhnya. Dengan peralatan yang ada saat ini, beliau mengaku kesulitan ketika harus melayani pesanan produksi dalam jumlah yang besar. Selain peralatan, cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini juga menjadi momok yang seringkali menghambat proses produksi sale pisang Pak Bambang.

Menutup wawancara pada siang hari itu, Pak Bambang secara khusus berharap kepada pemerintah agar bisa membantu pengadaan peralatan bagi usaha kecil dan menengah seperti dirinya. Dengan peralatan yang memadai, Pak Bambang yakin usahanya tersebut akan semakin luas cakupan area pemasarannya.

Tim liputan bisnisUKM