Salah satu alat transportasi yang banyak digemari masyarakat adalah motor. Selain harganya yang terjangkau semua kalangan, tren modifikasi motor yang belakangan ini menjamur juga mempengaruhi minat masyarakat untuk lebih memilih motor sebagai alat transportasi mereka. Salah satu trend yang sedang berkembang saat ini yaitu banyak penggemar motor yang sengaja mengubah motor yang mereka miliki dengan modifikasi motor tua dan menggunakan spare part antik.Kembalinya minat pasar otomotif  akan trend motor tua dapat dilihat dengan munculnya kembali motor jenis CB 100, Twin 125, Z90, hingga Vespa yang kini banyak digunakan oleh kalangan remaja. Sebagian besar dari penggemar motor lebih tertarik dengan model motor tua dikarenakan  bentuknya yang terlihat klasik dan unik, maka tak heran pula jika motor tua menjadi pilihan tepat bagi para kolektor motor klasik. Adanya trend modif motor tua memberikan peluang usaha baru yang berpeluang besar di bidang otomotif, menjadi  produsen ataupun distributor spare part motor antik dapat menjadi salah satu prospek bisnis yang menguntungkan.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Adanya kesulitan dalam mencari spare part motor tua yang dihadapi para pengemar motor unik tersebut, menjadi satu peluang bagi distributor spare part motor antik untuk mendapatkan keuntungan besar. Kesulitan yang ada menjadikan spare part motor antik menjadi rebutan para penggemar motor tua, hingga mereka pun bersedia membeli spare part yang ditawarkan dengan harga yang cukup mahal.  Besarnya permintaan pasar menjadikan distributor dapat memberikan harga yang cukup tinggi untuk tiap spare part yang mereka tawarkan, biasanya semakin klasik atau semakin tua tipe spare part yang mereka tawarkan maka semakin tinggi pula harga yang mereka berikan.

Selain keuntungan yang didapat pelaku bisnis spare part dari sisi harga jual spare part motor antik dengan kondisi baru yang masih cukup tinggi, biasanya mereka mendapatkan untung lain dengan memperbaiki spare part bekas yang tidak bernilai menjadi spare part baru yang dapat dijual lagi dengan harga tinggi. Keahlian mereka untuk memperbaiki barang loakan tersebut dengan sedikit polesan dan pengecatan ulang, menghasilkan spare part antik yang siap dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga asli spare part loakan.

Bagi para penggemar motor klasik, peluang bisnis spare part motor antik dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan usaha yang tepat. Karena bermula dengan hobby, dapat menjadikan suatu usaha lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalankan. Salam sukses.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar : tim bisnisUKM