Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, ikan ini memiliki warna daging merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.

Selain itu tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi, baik ketika dijual hidup-hidup ataupun yang sudah diolah dalam bisnis kuliner. Berbagai macam kemasan usaha kuliner saat ini makin menjamur di berbagai daerah.

Konsumen
Ikan tuna memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, maka tak heran jika ikan ini disukai banyak orang. Dari mulai anak – anak, anak muda, dewasa hingga orang tua. Harga jual yang tergolong murah, menjadikan bisnis ini dapat dijangkau oleh semua konsumen mayarakat dari kalangan menengah maupun kalangan atas.

Info Bisnis
Adalah Hermadi ( 54 th) yang asli Jogja sebagai pemilik usaha rumah makan Hercules memulai usaha rumah makan ikan tuna pada tahun 2005 akhir. Ia telah beberapa kali usaha sebelumnya, menjual buku – buku pelajaran hingga NTT, usaha jahitan, transportasi, bahkan menjual rempah – rempah hingga aceh sudah ia jalani. Pak Hermadi yang juga merupakan Pegawai Negeri Sipil di Kab. Sleman Jogjakarta ini memang memiliki cita – cita untuk berbisnis yang sudah turun temurun dari orang tuanya.

Suatu saat Pak Hermadi datang ke Bali untuk melangsungkan pernikahan anaknya. Sembari melaksanakan kewajibannya sebagai orang tua, Pak Hermadi melihat – lihat peluang usaha yang bisa dikerjakan. Akhirnya ia menemukan ikan tuna sebagai bahan masakan yang dibuat. ” Bali itu sangat melimpah hasil lautnya, terutama Ikan Tuna. Ikan Tuna yang dibutuhkan untuk proses adalah ukuran 25 kg keatas. Sedangkan di Jogja hanya ada baby ikan tuna saja yang berukuran 5 kg atau 10 kg” ungkapnya.

Pak Hermadi yang tidak memiliki keahlian dalam memasak ini, namun memiliki keinginan yang kuat untuk membuka usaha rumah makan. Dengan berbagai percobaan yang dibantu oleh istrinya. Menu makanan yang terdapat di warung makan Hercule ini antara lain Pepes Ikan Tuna, Sate Ikan Tuna, Gule Kepala Kakap, Bakso Ikan Tuna, Gulai Asem Pedas, dll

Pak Hermandi selalu melakukan percobaan untuk mendapatkan menu andalannya. Dari beberapa kali percobaan tersebut, akhirnya Pak Hermadi dibantu dengan istrinya berhasil mendapatkan formulasi dari pepes bakar ikan tuna. Selain itu, sambal yang diracik oleh Pak Hermadi sendiri juga memiliki kenikmatan sendiri.