Bagi kaum wanita bordir adalah kerajinan yang indah dan bernilai tinggi. Jika dipasangkan pada pakaian atau kebaya, maka dipastikan akan menjadi sangat mahal harganya. Selain baju dan kebaya, mukena, jilbab dan perabotan rumah tangga pun menjadi sasaran untuk di hias dengan aneka bentuk bordir yang akan menambah tinggi nilai barang-barang tersebut.

Namun tahukah Anda, kalau salah satu kota yang memiliki potensi desain bordir yang luar biasa adalah kota Malang. Kota yang terkenal dengan apel malang ini,memiliki motif bordir yang mampu bersaing di pasar nasional. Kualitasnya tidak diragukan lagi, jika Anda sedang berjalan-jalan ke Malang, maka sempatkanlah datang ke salah satu tempat yang memproduksi kerajinan bordir. Yaitu di desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Saat ini, daerah yang terletak di sebelah timur Kota Malang dipenuhi usaha gambar bordir. Salah satunya Farida. Wanita 43 tahun ini mengaku sudah menekuni usaha bordir baju ini sejak tahun 1985. Awalnya ia menjadi karyawan di usaha jahit bordir milik tetangganya.

Farida bahkan telah mempekerjakan 20 karyawan di rumahnya, produk yang dihasilkan otomatis semakin berlipat. Tak aneh jika konsumen terus berdatangan memesan bordir kepadanya. Menurutnya, banyaknya konsumen ini bukan karena promosi yang gencar. Namun, hanya melalui kabar dari mulut ke mulut saja yang menyebabkan usahanya bisa dikenal banyak orang.

Usaha bordir komputer di Desa Sumberpasir ini awalnya hanya ditekuni oleh satu dua orang saja. Namun lama-kelamaan warga lain juga ikut membuka usaha desain bordir sendiri. Dan sekarang, jumlahnya sudah menjamur. Hampir setiap rumah membuka usaha bordir komputer ini. Bahkan para pekerjanya pun hanya warga sekitar, yaitu gadis-gadis yang tak mampu melanjutkan sekolah. Yang diproduksi pun bermacam-macam mulai dari baju, mukena, hingga kebaya pernikahan. Dan hasilnya sangat cantik.

Dalam satu hari seorang karyawan bisa menyelesaikan 1-4 bordir. Tapi jika motifnya sulit dan beragam, akan membutuhkan waktu lebih lama. Keterampilan karyawan juga turut memengaruhi kualitas bordir yang dihasilkan. Tak hanya itu, keterampilan karyawan ini juga turut mempengaruhi gaji yang mereka dapatkan.

Peluang sukses bisnis rumahan ini manfaatnya sangat banyak, karena ternyata usaha yang hanya dilakukan dirumah, selain menghasilkan keuntungan yang besar,  juga dapat menjadi sebuah lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Jadi akankah Anda yang menjadi pembuka lapangan kerja baru untuk orang-orang di sekeliling Anda, sekaligus pengusaha baru berikutnya di kota Anda???

sumber gambar : Tim BisnisUKM