golden melonPerkembangan agrobisnis melon di Indonesia belakangan ini menunjukan prospek usaha yang sangat menjanjikan. Bila dulunya usaha budidaya melon hanya berpusat di Cisarua Bogor dan Kalianda Lampung, sekarang ini persebarannya semakin meluas ke berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya saja seperti di Daerah Malang, Ngawi, Pacitan, Madiun, Blitar, Sukoharjo, Surakarta, Karang Anyar, Klaten, Grobogan Purwodadi, Kulon Progo Yogyakarta, Banten, dan lain sebagainya.

Video Praktisi

Kunci Pemasaran Bisnis Kuliner Roti van Java

Dari sekian banyak jenis melon yang bisa dibudidayakan di Indonesia, sebagian besar masyarakat memilih untuk membudidayakan jenis melon kuning dibandingkan dengan varietas tanaman melon berbuah hijau. Hal ini disebabkan oleh minat pasarnya yang lebih besar dan harga jual melon kuning juga mencapai dua kali lipat dari harga melon hijau, sehingga tidaklah heran bila para petani di Indonesia lebih memilih peluang bisnis budidaya melon kuning untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Konsumen
Hampir setiap orang menyukai buah-buahan, termasuk juga buah melon kuning yang memiliki tekstur daging renyah dengan cita rasa yang sangat manis. Dalam menjalankan peluang bisnis tersebut, Anda bisa membidik seluruh lapisan masyarakat sebagai target pasar Anda. Misalnya saja membidik para pemilik kios buah atau supermarket-supermarket besar di kota Anda untuk menjalin kerjasama guna membangun jaringan pemasaran buah melon kuning yang Anda budidayakan.