bursa mobilAnimo masyarakat khususnya warga Jogja untuk bertransaksi mobil bekas cukup tinggi. Peminat otomotif memang sangat apresiatif, meramaikan event bursa otomotif. Setiap akhir pekan, secara rutin digelar event bursa otomotif yakni OTO Bursa TVRI Jogja di depan gedung TVRI Jogja di Jalan Magelang Yogyakarta. OTO Bursa TVRI Jogja tersebut telah diselenggarakan selama beberapa tahun yang lalu. Setiap akhir pekan, ratusan mobil bekas dengan berbagai merk, tipe dan tahun produksi selalu memadati halaman gedung TVRI Jogja setiap hari Minggu pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Video Praktisi

Roti van Java, Mencari Ide Bisnis dari Travelling

Jumlah mobil bekas yang dijual belikan dalam event tersebut makin hari juga makin meningkat pesat. Bahkan mungkin saat ini bisa mencapai ribuan mobil setiap event tersebut diselenggarakan. Tercatat, jumlah mobil bekas OTO Bursa TVRI pernah mencapai 900 buah pada tanggal 7 November 2004, dan tercatat dalam rekor MURI. Didukung lokasi penyelenggaraan event tersebut yang sangat strategis, karena berada di lokasi yang mudah dijangkau peminat dari dalam dan luar kota. Di event tersebut, pengunjung dapat langsung melihat mobil dan harganya. Biasanya penjual memasang kertas berisi catatan spesifikasi fisik mobil, harga, dan nomor telepon penjual. Misalnya, Escudo ’95 Rp 70 juta, Avanza ’04 Rp 112 juta, Corolla ’92 Rp 39 juta, Katana ’97 Rp 44 juta, dan Baleno ’02 Rp 95 juta.

Dari metode pemajangan mobil di halaman kantor TVRI sehingga antara penjual dan calon pembeli bisa langsung bertransaksi dan barang/ mobil bisa langsung di cek baik dari tampilan luar maupun dalamnya bahkan mesin pun bisa di cek langsung. Bahkan, bagi pengunjung yang notabene seorang penjual yang sudah memajang mobilnya seharian di TVRI jogja namun belum laku terjual masih diberi kesempatan cara iklan lain yaitu melalui harian surat kabar yang terbit di Yogyakarta.

Untuk bisa memperoleh tempat atau posisi yang paling strategis pada event tersebut, Anda harus ‘mruput’ untuk bisa sampai di lokasi event. Karena kebanyakan peserta event tersebut sudah datang dari waktu subuh, bahkan tidak sedikit peserta yang ‘nginep’ di lokasi tersebut. Keterbatasan lahan yang memadai menjadi faktor Anda harus berebut tempat strategis di event tersebut. Jalan di sepanjang studio televisi milik pemerintah tersebut juga menjadi lahan transaksi jual beli mobil. Bahkan Saking ramainya, tidak jarang menimbulkan kemacetan yang lumayan padat di depan TVRI Jogja. Hal tersebut menunjukan sangat antusiasnya masyarakat untuk bisa ikut serta berpartisipasi dalam event tersebut, baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli.

Menurut keterangan dari pihak penyelanggara, setiap event tersebut digelar pada akhir pekan rata-rata terjual 15-20 unit kendaraan. Sebuah angka yang tidak sedikit pada sebuah penyelanggaraan event otomotif yang diselenggarakan rutin setiap pekannya.

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar : http://www.beritajogja.com/contentimg/files/bursa_mobil_tvri_004.jpg