tepung kedelai
tepung kedelai

Sebagai sumber protein nabati, kacang kedelai cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan di kalangan vegetarian, protein nabati pada kacang kedelai sering dijadikan sebagai pengganti protein dalam daging.  Kandungan nutrisinya yang cukup komplek yaitu meliputi energi sebesar 347 kilokalori, protein 35,9 gram, karbohidrat 29,9 gram, lemak 20,6 gram, kalsium 195 miligram, fosfor 554 miligram, zat besi 8 miligram, vitamin A sebanyak 140 IU, vitamin B1 0,77 miligram, dan vitamin C 0 miligram, membuat tingkat konsumsi kacang kedelai di beberapa Negara Asia cukup tinggi, terutama di Negara Jepang dan juga China.

Video Praktisi

Strategi Promosi Ubiyabi Melalui Media Sosial

Selain dikonsumsi sebagai camilan dan bahan makanan seperti tahu dan tempe, kacang kedelai ternyata mulai diinovasikan masyarakat Indonesia menjadi produk tepung. Tak jauh berbeda dengan produk tepung lainnya, tepung kacang kedelai ini bisa diolah masyarakat menjadi beragam jenis sajian kuliner seperti misalnya kerupuk kacang kedelai, aneka cake kacang kedelai, bubur kacang kedelai, atau keripik kacang kedelai, yang belakangan ini peminatnya semakin banyak di pasaran.

Untuk bisa memproduksi tepung kacang kedelai ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya produksi yang cukup besar. Sebab, sebagai langkah awal Anda bisa membuatnya dengan cara yang sederhana dan dengan biaya yang cukup terjangkau. Caranya mudah, Anda bisa menyiapkan kacang kedelai kualitas unggul kemudian mencuci bersih kacang kedelai tersebut dan menjemurnya hingga kering. Selanjutnya kacang kedelai yang telah kering siap digiling sampai halus layaknya produk tepung.

ilustrasi cake kedelai
ilustrasi cake kedelai

Saat ini, tepung kedelai mulai dimanfaatkan masyarakat untuk diolah menjadi aneka macam cake lezat. Kandungan nutrisinya yang sangat besar dan citaranya yang tak kalah nikmat dengan aneka cake yang terbuat dari tepung terigu, menjadikan camilan sehat dari olahan tepung kedelai ini mulai digemari konsumen dari berbagai kalangan masyarakat. Karenanya bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Tidak ada salahnya bila Anda mulai berkreasi membuat cake sehat dari tepung kedelai yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulan.

Penasaran ingin mencobanya? Berikut kami informasikan salah satu resep cake sehat dari tepung kedelai yang bisa Anda coba praktekan langsung dari dapur rumah Anda.

Resep Cake Kedelai

Bahan :

  • Tepung kedelai 200 gram.
  • Gula pasir halus 200 gram.
  • Margarine 100 gram. Lelehkan dengan api sedang dan simpan di wadah.
  • Butter100 gram. Lelehkan dan simpan juga di wadah terpisah.
  • Telur ayam 6 butir.
  • Vanili 1 bungkus atau satu sendok teh.

Cara Membuat Cake Kedelai

  1. Pertama, kocok telur ayam bersama gula pasir bubuk hingga mengembang dan kemudian adonan menjadi kaku.
  2. Setelah itu masukkan cairan butter dan margarine secara perlahan (jangan sekaligus). Kembali aduk hingga merata sempurna.
  3. Selanjutnya, masukkan tepung kedelai secara perlahan. Aduk  terus sampai adolan tercampur merata.
  4. Sementara itu, panaskan oven dengan tingkat kepanasan sekitar 180 derajat celcius. Sebelum memasukkan adonan ke Loyang, pastikan Anda mengolesi margarine agar tidak lengket.
  5. Masukkan adonan ke Loyang dan panggang sampai cake matang sempurna. Mudah bukan?
  6. Setelah matang, dasar cake tersebut bisa Anda hias dengan toping sesuai selera.

Selamat mencoba dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-wLATtxwUpK0/T91rls-b4lI/AAAAAAAAAdY/zh5Z8Dd5F2E/s1600/Tepung+Kedele.jpg
2. http://www.bbcgoodfood.com/recipes/1997/images/1997_MEDIUM.jpg