Manajemen UKM

Cara Jadi Pengusaha Buat Kamu yang Tak Ingin Jadi Karyawan Selamanya

Cara Jadi Pengusaha Buat Kamu yang Tak Ingin Jadi Karyawan SelamanyaSiapa sih yang tak ingin jadi bos untuk usahanya sendiri? Tidak perlu mengikuti perintah atasan yang terkadang tak masuk akal, bisa mengeksplor ide sesuai dengan passion yang kamu miliki. Tentu bakal menyenangkan jika kamu bisa bekerja sesuai dengan passion atau ritme kerja yang kamu punya.

Meski begitu, untuk beralih profesi dari seorang karyawan menjadi pengusaha nyatanya tidaklah mudah. Kebanyakan dari mereka gagal move on dari status karyawan jadi pengusaha karena alasan modal. Padahal sebenarnya disamping modal, ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar kamu bisa sukses memimpin bisnis sendiri.

Nah, buat kamu yang ingin segera melepas status karyawan dan beralih profesi jadi pengusaha, BisnisUKM.com akan berbagi tips cara jadi pengusaha agar kamu tak perlu jadi karyawan selamanya.

1. Meski masih berstatus sebagai karyawan, tak ada salahnya jika kamu mulai belajar ilmu bisnis

Semua hal pasti butuh ilmu, termasuk untuk jadi seorang pengusaha. Kamu bisa mulai membekali diri dengan terus belajar ilmu bisnis di sela-sela kesibukanmu menjadi seorang karyawan. Apalagi sekarang ini akses internet sudah sangat mudah, kamu bisa mengakses berbagai macam informasi seputar bisnis melalui internet. Termasuk cara memulai usaha sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Bahkan sekarang ini sudah banyak pengusaha yang bisa sukses meski hanya belajar secara otodidak dari internet.

Selain belajar otodidak melalui internet, kamu juga bisa menambah ilmu bisnis dengan mengikuti program kuliah malam untuk pendidikan bisnis. Pilihan terakhir, kamu bisa mengikuti program pelatihan singkat untuk menambah skill atau kemampuanmu di bidang bisnis. Seperti training toko online, internet marketing, atau kursus keterampilan lainnya yang bisa menjadi modal untuk terjun ke dunia usaha.

2. Bergabunglah dengan komunitas yang mendorongmu lebih produktif sebagai pengusaha

Ada banyak orang meninggalkan karir mereka sebagai karyawan agar ingin bisa lebih bebas dalam menjalani rutinitas sehari-hari sebagai pengusaha. Bahkan ketika tawaran kerja berdatangan, mereka berani menolak hanya untuk fokus berwirausaha. Hal seperti ini bisa terwujud jika kamu mulai mendekatkan diri dengan mereka yang juga berprofesi sebagai sesama pengusaha.

Agar lebih termotivasi untuk segera beralih profesi dari karyawan menjadi pengusaha, sebaiknya bergabunglah dengan komunitas pengusaha ataupun komunitas bisnis agar bisa berbagi pengalaman dan menambah jaringan dengan sesama pelaku usaha. Dengan begitu, kamu bisa semakin terpacu untuk full time menjadi pengusaha.

3. Ciptakan lingkungan kerja yang membuat nyaman

Mengingat tuntutan kerja sebagai pengusaha lebih berat dari deadline pekerjaan yang diberikan atasanmu, maka kamu perlu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman agar kamu bisa mendapatkan ide-ide cemerlang untuk mengembangkan usahamu. Meskipun usahamu masih skala kecil dengan menggunakan rumah sebagai tempat produksi, tapi buatlah lingkungan rumahmu seperti kantor agar kami bisa tetap produktif dan fokus dalama menjalankan bisnis.

Misalnya, bila Anda tahu kalau Anda lebih semangat bekerja di pagi hari sambil menikmati pemandangan di taman, rancanglah ruang yang nyaman di kantor seperti menaruh beberapa tanaman yang segar-segar di sekitar ruangan, sehingga hal ini akan membangun semangat dan kreatifitas Anda sewaktu bekerja.

Proses transisi dari seorang karyawan menjadi pengusaha memang cukup menantang. Tapi dengan meluangkan sedikit waktumu untuk menambah ilmu bisnis, bergabung dengan komunitas sesama pebisnis, dan menciptakan lingkungan kerja yang senyaman mungkin, pasti akan lebih memudahkanmu untuk segera beralih profesi menjadi pengusaha.