Apa blog Anda masih sepi pengunjung? Hampir semua blogger memiliki mimpi, jika suatu hari nanti blognya akan dikunjungi banyak orang. Namun kenyataannya tidak semua blogger berhasil mewujudkan mimpi mereka. Karena sebagian besar blogger masih kesulitan untuk menarik pengunjung singgah di blog mereka. Sehingga banyak blog yang belum dikenal oleh para pengguna internet.

Sebenarnya untuk mengenalkan sebuah produk membutuhkan adanya promosi, hal itu juga berlaku pada bisnis online seperti blog. Jika menginginkan blog Anda dikenal oleh banyak pengunjung, sebaiknya Anda juga mempromosikan blog tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan blog Anda, baik secara online maupun secara offline.

Untuk membantu mewujudkan impian Anda (blogger), berikut kami informasikan mengenai beberapa cara jitu mempromosikan blog Anda.

1.   Promosikan blog Anda dengan search engine optimization (SEO). Dengan menggunakan SEO, akan membantu blog Anda muncul di halaman pertama pada mesin pencarian. Oleh karena itu gunakan kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, agar blog Anda mudah dicari mesin pencarian dan mendatangkan banyak pengunjung.

2.   Buat konten yang bermanfaat dan banyak dicari pengguna internet. Adanya konten yang menarik menjadi salah satu cara untuk mengajak pengunjung datang ke blog Anda. Namun yang perlu diingat, untuk konten artikel usahakan menyajikan tulisan yang benar-benar baru dan merupakan hasil buatan Anda (bukan copy paste milik orang lain). Sehingga konsumen tidak meninggalkan blog Anda, karena kontennya copy paste semua.

3.   Selalu tinggalkan komentar pada blog lain yang Anda kunjungi. Berikan komentar-komentar positif  pada blog orang lain, dengan begitu mereka juga tidak segan untuk melakukan kunjungan balik pada blog Anda. Selain itu rajin-rajinlah untuk mengisi buku tamu atau tagboard yang disediakan blog lain. Cara-cara tersebut cukup bermanfaat untuk mempromosikan blog Anda.

4.   Bergabunglah dengan forum-forum yang dibuat oleh para blogger. Dengan begitu akan meningkatkan hubungan baik antar blogger, dan menjadi ajang untuk berbagi informasi mengenai blog masing-masing. Semakin banyak teman sesame blogger, maka semakin besar peluang untuk mempromosikan blog Anda.

5.   Bertukar link atau banner dengan blog lainnya. Anda bisa bertukar link atau banner dengan blogger yang sudah terkenal, maupun dengan blogger yang masih baru. Jika kesulitan mencari blog ternama yang mau berbagi link dengan Anda, maka tidak perlu khawatir. Karena Anda masih bisa bertukar link dengan sesama new blogger.

6.   Berikan produk gratis untuk promosi. Semua konsumen bisnis offline maupun online, selalu tertarik dengan adanya gratisan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cara ini untuk ajang promosi. Misalnya dengan membagikan ebook gratis kepada para pengunjung dan mencantumkan link alamat blog Anda. Sehingga para pengunjung yang membaca blog Anda, selalu mengingat alamat blog tersebut.

7.   Promosikan blog Anda secara offline. Selain mempromosikan secara online, Andapun bisa mempromosikan blog melalui offline. Mungkin cara ini masih jarang dilakukan blogger baru, namun blog ternama sudah sering melakukannya. Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat merchandise tentang blog Anda dan membagikannya kepada masyarakat secara gratis, menulis buku maupun artikel di media massa dan mencantumkan alamat blog Anda, mencantumkan alamat blog di kartu nama Anda, sering mengikuti event kopi darat sesama blogger, atau bisa jadi ketika Anda mengisi seminar maupun pelatihan tertentu promosikan pula blog Anda.

Sekian dulu informasi dari kami, dan beberapa tips diatas semoga bisa membantu untuk mempromosikan blog Anda. Gunakan cara promosi blog yang baik dan hindari kecurangan atau spam. Semoga berhasil dan salam sukses.

sumber gambar : http://viogreen.blogdetik.com/files/2010/07/blog.jpg dan http://3.bp.blogspot.com/_uibeOJ_I4ow/TJx2lTzzYYI/AAAAAAAAANs/H5kmOuNablQ/s1600/blog+board.jpg