Cara Mendapatkan Modal untuk Membuka Usaha Kecil

Cara Mendapatkan Modal untuk Membuka Usaha KecilTak bisa kita pungkiri jika salah satu faktor pendukung yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha adalah modal. Bahkan jika memulai usaha kita ibaratkan seperti membangun sebuah rumah, maka yang menjadi pondasi dari rumah tersebut adalah modal usaha. Semakin kuat pondasi yang dibuat, maka semakin kokoh pula rumah yang kamu bangun.

Begitu juga pengaruh modal terhadap sebuah usaha, keberadaannya menjadi pondasi awal bagi usaha yang akan kamu bangun. Beberapa modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis tentu tidak hanya uang atau aset saja, ada modal lainnya berupa tekad, pengalaman, keberanian, pengetahuan, dan networking.

Namun dari beberapa modal yang dibutuhkan, kebanyakan orang terhambat memulai usaha karena mereka sulit untuk mendapatkan modal uang atau aset. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini BisnisUKM.com akan membahas informasi mengenai cara mendapatkan modal untuk membuka usaha kecil.

Ada beberapa alternatif yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan dana usaha, berikut informasi selengkapnya :

1. Dana sendiri

Pertama kamu bisa memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana pribadi. Misalnya saja dengan menggunakan dana simpanan yang sudah kamu tabung selama ini. Jika masih kurang, kamu juga bisa menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang kamu miliki saat ini.

Tidak ada salahnya bukan, jika kamu sedikit berkorban untuk kesuksesan bisnismu? Anggap saja kamu sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, setelah usaha kamu berhasil berjalan.

2. Mencari Dana Hibah

Cara yang kedua yaitu bisa saja kita manfaatkan dana-dana pihak ketiga, dalam hal ini pihak pemerintah atau pihak swasta.  Sebagaimana kita tahu, untuk beberapa perusahaan-perusahaan besar dana hibah ini disalurkan melalui Divisi CSR-nya (Corporate Social Responsibility).

Dalam hal ini perusahaan-perusahaan tersebut bisanya memiliki budget atau anggaran dana tersendiri dalam membangun perekonomian masyarakat  di sekitar perusahaan atau masyarakat secara umum. Untuk teknis penyaluran dananya biasanya melalui event-event competition.  Oleh karena itu, bisa jadi melalui event-event tersebut kamu bisa mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usahamu.

3. Menjalin kerjasama atau Patungan

Cara yang ketiga ini yang sekarang banyak dijalankan, yaitu menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu. Seperti bekerjasama dengan teman, atau bisa juga menawarkan kerjasama dengan para investor, contohnya bisnis patungan yang sekarang ini sedang hits di kalangan pengusaha muda.

Yang perlu diperhatikan dalam menawarkan kerjasama, kamu harus bisa meyakinkan calon investor mengenai prospek bisnis yang akan dibangun. Kamu bisa menggunakan proposal bisnis, untuk meyakinkan calon investor tersebut. Berikan pula keterangan mengenai berapa persen pembagian hasil antara investor dan kamu sebagai pelaku usaha, sehingga kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Bila perlu buat perjanjian hitam di atas putih, untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Setelah mengetahui beberapa cara mendapatkan modal usaha, semoga bisa membantumu dalam mengatasi permasalahan modal yang selama ini menjadi kendala bagimu untuk merintis usaha. Ingat, selalu ada jalan jika kamu berani mencoba segala peluang yang ada.

Selamat mencoba dan salam sukses!