Apa itu Email ?

Video Praktisi

Membuat Konsep Produk Coklat

Email (electronic mail, e-mail) merupakan metode kita agar bisa saling bertukar surat/pesansecara elektronik (digital). Pesan yang kit abaca, kirim seperti surat biasa, tetapi kita menulis, membaca, mengirimkan dan menyimpannya secara elektronik (di komputer). Seperti halnya ketika kita mengirim surat, maka kita memerlukan alamat pengirim dan alamat yang akan dikirimi, nah untuk dunia elektronik (computer), kita menggunakan alamat email untuk bisa saling mengirim informasi.

Email terdiri dari dua bagian, yaitu nama dan domain. Misalnya alamat email : namaku@gmail.com, bagian pertama adalah namaku (username) dan yang kedua adalah gmail.com (website tempat kita mendaftar email). Untuk membuka isi email kita, maka kita memerlukan kata kunci (password). Untuk nama email, bisa kita sebarkan kepada siapa saja, tetapi untuk kata kunci hanya untuk kita simpan sendiri. Karena jika password ini sampai diketahui orang lain, maka orang lain akan bisa membuka apa saja isi email kita.

Pentingnya Email
Di era modern seperti sekarang ini, dimana teknologi sudah masuk ke hamper semua bidang, pertukaran informasi secara cepat, akurat dan mudah sangat dibutuhkan. Salah satu teknologi yang berkembang sampai saat ini adalah email. Mengapa email sangat penting bagi kita ?

  • Email itu gratis, untuk membuat email kita tidak perlu mengeluarkan biaya (kecuali hanya biaya berinternet saja)
  • Bisa berkirim pesan dengan sangat cepat, tidak dibatasi tempat dan waktu. Pesan yang kira kirimkan akan sampai hanya salam beberapa menit atau bahkan beberapa detik saja, dimanapun dan kapanpun kita berada. Sehingga bisa saling memberi tanggapan secara langsung.
  • Kita bisa mengirim pesan ke berbagai tujuan sekali kirim, membagi ke beberapa grup dengan waktu yang sama ketika mengirim satu pesan saja.
  • Mengembangkan organisasi, perusahaan atau bisnis.
  • Media pengiriman pesan yang resmi baik antar individu, perusahaan atau dengan instansi swasta/pemerintah.
  • Bisa bergabung dengan berbagai diskusi di internet dengan berbagai topic yang tersedia.
  • Untuk mendaftarkan diri di berbagai kursus, pelatihan, training, dan layanan lainnya yang diberikan sebuah website. Sehingga bisa menerima informasi terbaru.
  • Mengirim dokumen atau berkas secara cepat, termasuk berbagi dokumen baik dengan perseorangan atau kelompok/golongan orang tertentu.

Cara Membuat Email Gratis di GMAIL
Salah satu website yang menyediakan layanan email gratis adalah Google, dengan layanannya GMAIL. Ketika kita sudah membuat email di gmail, maka kita akan mempunyai alamat email misalnya : nama_anda@gmail.com. Bagaimana cara membuat email di gmail ? Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka website ini http://mail.google.com atau www.gmail.com Keduanya merupakan alamat gmail (sama saja), tampilannya seperti berikut :
    gmail-home
  2. Untuk membuat email baru, silahkan klik tombol Create account ( dibagian bawah )
    gmail-01
  3. Kita akan masuk ke halaman pembuatan akun email baru. Jika tampilan masih dalah bahasa Inggris, untuk memudahkan, silahkan ubah tampilan ke Bahasa Indonesia dengan memilih bahasa dari menu Change Languange (pojok kanan atas)
    gmail-02
  4. Setelah tampilan berubah menjadi Bahasa Indonesia, langkah selanjutnya adalah mengisikan data kita ke form/lembar yang disediakan.
  5. Isikan Nama Depan dan Nama Belakang anda, kemudian Nama Login yang diinginkan. Nama Login ini nantinya akan menjadi nama alamat email kita. Misalnya kita menggunakan nama login gatotkaca, maka alamat email kita : gatotkaca@gmail.com
  6. Karena alamat/nama email harus unik (tidak boleh ada yang sama satu dengan yang lain), maka kita harus mengecek apakah nama yang kita masukkan sudah dipakai orang lain atau belum. Caranya dengan klik tombol cek ketersediaan!gmail-03
  7. Jika muncul tulisan warna merah seperti diatas (… tidak tersedia,… ), berarti nama gatotkaca sudah digunakan oleh orang lain, dan kita harus mengganti nama ini. Kita bisa memilih nama yang disediakan dibawahnya, atau mengganti dengan nama lain. Misalnya gatotkaca2000 selanjutnya kembali klik tombol cek ketersediaan!, sampai muncul tulisan seperti berikut :gmail-04
    Tulisan warna biru ( gatotkaca2000 tersedia ) berarti kita bisa menggunakan nama email ini. Setelah tersedia, dilanjutkan dengan mengisi data berikutnya.
  8. Selanjutnya mengisi kata kunci/password di bagian Buat Sandi. Minimal panjangnya 8 huruf, semakin panjang dan acak, maka akan semakin kuat/aman. Kekuatan password ini akan ditampilkan disamping kanannya. Ulangi lagi memasukkan password ini di bagian Masukkan kembali sandi. Ini untuk memastikan bahwa kita tidak salah menuliskan kata kunci/password.
  9. Usahakan untuk membuat password yang mudah diingat tetapi juga mempunyai kekuatan password yang baik/rumit.gmail-06
  10. Jika pilihan Ingat saya di computer ini di cek, maka nama email dan kata kunci yang sudah kita masukkan akan tersimpan di computer, sehingga jika nantinya kita masuk, tidak perlu menuliskan nama dan kata kunci. Jika computer ini digunakan oleh banyak orang, maka biarkan saja apa adanya (jangan di cek menu ini).gmail-08
  11. Jika pilihan Aktifkan Riwayat Web diaktifkan ( di cek), maka setiap kita login dan menggunakan google untuk mencari, data pencarian akan tersimpan di Web History yang bisa di buka setiap saat.
  12. Bagian Pertanyaan Rahasia berfungsi untuk mengingatkan kita ketika suatu saat kita lupa dengan password/kata kunci untuk masuk email. Kita bisa memilih dari pertanyaan yang tersedia atau membuat pertanyaan sendiri. Jika ingin membuat pertanyaan sendiri, pilih Buat Pertanyaan saya sendiri dan tulis pertanyaan dibawahnya.Tulis jawaban di bawah pertanyaan tersebut, bagian Jawaban
  13. Selanjutnya bagian Email Sekunder diisi jika kita mempunyai alamat email lain. Hal ini juga penting untuk pengecekan jika kita terlupa password kita. Jika tidak punya alamat email lainnya, dikosongkan saja.
  14. Bagian Lokasi pilih Indonesia, kecuali jika tinggal di Negara lain.
  15. Di bagian Verifikasi Kata, tuliskan kata atau huruf yang tampil di dalam gambar, sama saja dengan huruf kecil atau besar, yang penting benar. Jika kita salah menuliskan, maka nantinya kita bisa mencoba lagi dengan kata yang lainnya (muncul secara acak)
  16. Setelah anda setuju dengan Persyaratan Layanan, maka langkah terakhir adalah klik paling bawah Saya menerima. Buat akunku
  17. Jika ada yang salah, maka akan tampil lagi isian seperti diatas. Bagian yang salah atau belum disini akan ditampilkan dengan tulisan warna merah. Kita bisa mengisi ulang bagian tersebut. Misalnya berikut ketika saya salah mengisikan Kata verivikasi.
    gmail-09
  18. Setelah berhasil, maka akan tampil informasi jika pembuatan email berhasil, seperti berikut :
    gmail-10
    Untuk langsung masuk ke email, klik saja tombol Tunjukkan akun saya >> diatas
  19. Tampilan halaman email setelah login
    gmail-11
  20. Selesai

Masuk/Login ke Gmail

Setelah kita mempunyai akun emailseperti diatas, maka untuk selanjutnya jika kita ingin masuk(login) ke email dan melihat isinya, dapat dilakukan dengan mudah. Caranya :

  1. Buka alamat website ini http://mail.google.com/ atau www.gmail.com
  2. Tuliskan username (nama) dan kata kunci (password) yang sudah kita buat
    login-gmail
  3. Jika kita ingin data ini tersimpan di computer, sehingga kita tidak perlu mengetik ulang Username dan Password, pilih (tanda cek) pilihan Remember me on this computer (dibawah isian password). Jika computer digunakan oleh banyak orang ( bukan computer pribadi) sebaiknya tidak di pilih (cek) menu tersebut.
  4. Setelah diisi username dan Password, klik tombol Sign in untuk masuk dan melihat apa isi email kita.
  5. Setelah masuk, untuk melihat/membaca pesan, tinggal di klik daftar pesan yang tersedia. Jika ditampilkan dengan tanda tebal, berarti email tersebut belum terbaca dan sebaliknya.
  6. Selesai.

sumber gambar : http://replayzone.files.wordpress.com/2008/08/gmail_1.jpg