bisnis cafeGaya hidup masyarakat modern yang senang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersosialisasi dan berkumpul bersama kerabat dekatnya. Membuat pertumbuhan bisnis cafe semakin menjamur di berbagai sudut kota. Beragam menu khusus dan tempat nyaman pun kini mulai ditawarkan para pelaku usaha untuk membidik pangsa pasar yang semakin hari kian meluas.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Tak heran bila saat ini pertumbuhan bisnis cafe semakin ramai, dan persaingan pasarnya pun semakin padat. Sehingga setiap pemilik cafe berusaha memberikan keunikan tersendiri untuk menarik minat calon konsumennya. Lalu, strategi promosi seperti apakah yang paling efektif untuk memikat hati konsumen?

Mari kita perhatikan beberapa cara mudah mempromosikan bisnis cafe yang dapat Anda jalankan.

Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Kunci utama yang bisa Anda gunakan untuk menjaring banyak konsumen yaitu memberikan pelayanan total kepada konsumen Anda. Ketika cita rasa hidangan yang disajikan berhasil memikat hati konsumen, dan pelayanan yang diberikan membuat pelanggan merasa nyaman, maka bisa dipastikan para konsumen tidak akan segan untuk kembali lagi ke cafe Anda.

Manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

Strategi promosi gratis yang saat ini ramai dimanfaatkan para pelaku usaha yaitu twitter dan facebook. Andapun dapat memanfaatkan dua jejaring sosial tersebut untuk memperluas peluang pasar yang dapat Anda bidik. Bayangkan saja berapa juta orang yang saat ini bergabung di facebook atau twitter, dan semuanya dapat Anda jaring sebagai calon pelanggan yang cukup potensial. Contohnya seperti membuat akun pribadi untuk cafe Anda atau grup penikmat kuliner di facebook atau twitter, untuk menginformasikan segala kegiatan maupun menu makanan yang ditawarkan cafe Anda.

Membuat websitestrategi promosi

Selain jejaring sosial, para pelaku bisnis cafe juga bisa membuat website untuk mempromosikan produknya melalui media online. Bahkan luasnya peluang pasar yang ditawarkan media internet, tidak hanya membantu Anda untuk mempromosikan produk maupun bisnis cafe di pasar lokal. Namun juga mempermudah Anda untuk menjangkau pasar nasional maupun internasional.

Promosikan melalui mobile marketing.

Saat ini tidak hanya media internet saja yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk. Mobile marketing atau pemasaran melalui telepon selular menjadi salah satu alternatif para pelaku pasar untuk memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas. Misalnya saja mempromosikan sebuah cafe melalui SMS dengan menjalin kerjasama di provider-provider selular. Contohnya seperti berikut “Tunjukan SMS ini untuk mendapatkan diskon 50% makan dan minum di cafe “GAUL”. Berlaku selama bulan Juni. Info hubungi 021-555xxxx”.

Memberikan kartu member dengan jaringan diskon.

Kartu member jaringan diskon merupakan salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk membangun loyalitas konsumen. Dengan memberikan jaringan diskon bagi para member yang memegang kartu tersebut, maka secara tidak langsung Anda telah mengikat para konsumen untuk selalu kembali, dan kembali lagi ke cafe Anda.

Nah, setelah memperhatikan beberapa strategi pemasaran di atas. Kini saatnya Anda bergerak dan mulai mempraktekannya langsung di bisnis cafe yang sedang dijalankan. Semoga kesuksesan selalu bersama kita, selamat berkarya dan salam sukses.

sumber gambar : http://farm3.static.flickr.com/2072/2409692428_1029eb3150.jpg dan http://2.bp.blogspot.com/_-WO7uWUl4OA/S7w9m8vkZJI/AAAAAAAAAGk/eZn7PZPoCIg/s1600/tips-membangun-komunitas-cafe-2.jpg