pelayanan primaIstilah pelanggan adalah raja, tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku usaha. Baik itu para produsen barang maupun penyedia jasa, semuanya saling berlomba memberikan pelayanan prima untuk memuaskan para pelanggannya.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Kondisi inilah yang secara tidak langsung mendorong para pelaku usaha untuk semakin kreatif dan inovatif dalam merebut hati pelanggan. Sebab, apabila mereka lengah dengan persaingan yang ada, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan yang Anda dimiliki juga akan berpaling ke perusahaan lain yang menawarkan pelayanan lebih menarik.

Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan beberapa cara mudah mengoptimalkan pelayanan bagi pelanggan, yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha.

1.    Senyuman menjadi sambutan hangat yang mudah dilakukan.

Terkadang sebagian besar pelaku usaha melupakan arti sebuah senyuman bagi para konsumennya. Padahal, para konsumen yang datang ke tempat Anda tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun mereka juga ingin mendapatkan pelayanan terbaik sebelum mereka melakukan transaksi pembelian. Karena itu, jangan pernah kecewakan pelanggan Anda dengan membiasakan diri untuk selalu memberikan sambutan hangat kepada para pelanggan melalui sebuah senyuman. Ajarkan pula kebiasaan ini kepada para karyawan Anda, agar para konsumen merasa senang dan nyaman untuk bertransaksi di perusahaan Anda.

2.    Pahami kebiasaan pelanggan

Setiap konsumen pasti akan senang apabila nama dan kebiasaannya dipahami para pelaku usaha. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila Anda mencatat nama para konsumen dan mengingat kebiasaan yang mereka sukai. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis rumah makan, maka Anda bisa mencatat nama konsumen di daftar pesanan yang mereka tulis dan ketika mengantarkan orderannya, Anda bisa menyapa nama mereka sembari mengucapkan selamat menikmati hidangan tersebut. Dengan pelayanan seperti ini, konsumen merasa benar-benar dihargai dan tidak ragu lagi untuk kembali mengunjungi restoran Anda di waktu-waktu yang akan datang.

3.    Jangan abaikan sopan santunkepercayaan pelanggan

Meskipun Anda menjadikan konsumen sebagai teman dekat Anda, namun jangan pernah mengabaikan sopan santun dalam memberikan pelayanan. Gunakan kata-kata sopan seperti “Tolong”, “Terimakasih”, “Permisi, ada yang bisa saya bantu”, serta bersikaplah dengan baik agar tercipta sebuah keakraban antara pelaku usaha dan konsumennya.

Kepuasan yang didapatkan para konsumen, menjadi salah satu aset perusahaan yang cukup penting untuk membangun kepercayaan pelanggan.Tidak heran bila banyak orang mengatakan, ketika seorang pelanggan merasa puas dengan dengan pelayanan yang Anda berikan, maka selanjutnya mereka tidak akan sungkan untuk menginformasikan pengalaman yang didapatkannya kepada handai taulan di sekitarnya (strategi pemasaran word of mouth). Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.ideaguides.com/Resources/customerexcell.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-Fz61QJJPUaA/TzqCnlY89KI/AAAAAAAAATw/_KpUY2VnEjY/s1600/1318158597420565638.jpg