googlePerkembangan teknologi dan informasi memang memberikan kemudahan dan peluang yang begitu besar bagi para pelaku usaha maupun calon pengusaha. Saat ini sudah banyak para pemula maupun masyarakat awam yang mulai melirik bisnis di internet sebagai alteratif usaha yang menjanjikan untung besar ke depannya. Hal ini menjadi bukti nyata bagi kita semua bahwa perkembangan bisnis online semakin hari kian terbuka lebar, sehingga tidak heran bila kini persaingan pasar di bisnis online juga mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Video Praktisi

Membangun Bisnis dari Hobi, Poyeng Jogja

Pada dasarnya ada berbagai macam cara yang bisa digunakan para blogger untuk mempromosikan bisnis mereka melalui dunia maya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan Google (mesin pencari terpopuler saat ini) sebagai media yang cukup efektif untuk melakukan branding produk. Sekarang ini lebih dari 87% pengguna internet mengakses google untuk mencari aneka macam informasi yang mereka butuhkan. Bahkan banyak orang yang menganggap google sebagai tangan kanan internet, karena segala macam hal bisa mereka dapatkan dengan bantuan mesin pencari tersebut.

Nah, bagi para pemula maupun calon blogger yang tertarik mempromosikan produknya melalui mesin pencari seperti google. Berikut ini kami informasikan cara promosi online lewat google yang bisa Anda jalankan dengan mudah dan murah.

  • Manfaatkan keyword atau kata kunci tertentu untuk menggambarkan website yang Anda miliki. Dengan memfokuskan halaman website Anda pada keyword yang banyak dicari konsumen, maka secara tidak langsung situs yang Anda miliki akan semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari (google).bisnis online
  • Perbanyak backlink ke website Anda. Agar website atau blog Anda semakin mudah ditemukan google, lengkapi website Anda dengan tag judul, bergabunglah dengan direktori web maupun social network yang sesuai dengan bisnis Anda, jangan sungkan-sungkan untuk blog walking (berbagi komentar di blog atau forum lain), bertukar link dengan blogger lain, serta perkuat internal link dalam setiap posting (konten) yang Anda publish.
  • Memiliki blog pendukung sebanyak-banyaknya, dan hubungkan web utama Anda dengan blog-blog pendukung lainnya yang Anda miliki.
  • Agar website Anda mudah ditemukan mesin pencari, ketika membuat website sebaiknya hindari drop-down dan animasi gambar yang berlebihan. Lebih baik cantumkan link dalam bentuk teks.
  • Meskipun keyword sangat membantu website Anda untuk terdeteksi google, namun penggunaan kata kunci yang diulang-ulang dengan jumlah terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan spam.
  • Usahakan untuk membuat judul artikel yang bombastis dan banyak dicari pengguna internet. Melalui judul artikel yang mengandung keyword pencarian menarik, tidak menutup kemungkinan bila banyak pengunjung google yang akhirnya juga mampir ke website Anda.
  • Hindari black hat atau kecurangan dalam berpromosi. Beberapa kecurangan yang sering dilakukan para pelaku bisnis online antara lain cloacking dan keyword stuffing. Website atau blog yang terbukti melakukan kegiatan tersebut akan dianggap sebagai spam oleh google, dan yang lebih fatal lagi website Anda bisa terkena pinalti (banned) dari mesin pencari tersebut.

Semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis di internet. Jangan lewatkan peluang emas yang ada, dan ciptakan bisnis Anda sekarang juga. Salam sukses.

Sumber gambar :
http://4.bp.blogspot.com/_Hw834ifL9wk/TU-1wgxAJEI/AAAAAAAAALU/VoNap9n-UbQ/s1600/google3.jpg dan http://pic.tradeage.com/brand-new-10-leather-case-keyboard-dengan-usb-untuk-epad-tablet-pc-google-android-2745810.jpeg