cokelat unikMembicarakan oleh-oleh asli Garut pastinya setiap orang langsung teringat dengan produk dodolnya yang digemari para wisatawan lokal maupun internasional. Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Kiki Gumelar (31) dengan membuat kreasi makanan unik yang memanfaatkan aneka rasa dodol asli Garut sebagai bahan  baku utamanya.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Jika pelaku usaha lainnya mencoba menginovasikan produk dodol Garut dengan menciptakan varian rasa yang beraneka ragam, maka lain halnya dengan ide brilian yang diciptakan lelaki kelahiran 17 November 1980 ini. Kiki Gumelar mencoba keluar dari zona aman dan mengenalkan produk chocodot (cokelat isi dodol) sebagai salah satu inovasi unik oleh-oleh khas daerah Garut.

Di bawah bendera perusahaannya yang bernama Tama Chocolate, Kiki mengenalkan produk chocodot ke pasaran pada awal bulan Agustus tahun 2009. Produk tersebut merupakan salah satu karya unik yang sengaja diciptakannya untuk mengangkat potensi kuliner daerah Garut menjadi produk baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Info Produk

chocodot

Pada dasarnya pembuatan chocodot sangatlah sederhana, ada tiga jenis cokelat yang digunakan yaitu dark chocholate, white chocolate, dan milk chocolate. Setelah cokelat batangan tersebut dilelehkan, lalu dicetak kembali dan bagian tengahnya diisi dengan dodol aneka rasa (misalnya dodol keju, dodol cokelat, atau dodol buah-buahan seperti jeruk, sirsak, duren, dll). Kemudian campuran cokelat dan dodol didinginkan dengan suhu dibawah 40º C, hingga keduanya saling menyatu. Cita rasa cokelat yang manis dan tekstur dodol yang kenyal, menjadikan produk chocodot sebagai salah satu produk unggulan Tama Chocolate yang berhasil menembus pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, dan Australia.

Selain chocodot yang menjadi produk unggulan Tama Chocolate, Kiki juga memproduksi brodol alias brownies isi dodol, gagel atau Garut geulis cokelat yaitu cokelat dengan isi cream aneka buah yang dikemas dengan besek tradisional yang sangat unik, van java cokelat yang memberikan sensasi cokelat rasa rempah-rempah khas Jawa Barat (sebut saja rasa jahe, cabai, bandrek, bajigur, beras cikor, sekuteng, dan kacang), ada pula rangicok yaitu paduan antara kerupuk rangginang yang dicelup cokelat, serta tak ketinggalan pula cokelat dogar (cokelat domba garut) yang menggabungkan kreasi cokelat dengan produk inovasi abon daging dan abon ikan .

Dengan menggabungkan produk asli Garut dengan balutan cokelat yang digemari masyarakat di seluruh penjuru dunia, Kini omset ratusan juta rupiah bisa terkumpul setiap bulannya dari keempat outlet chocodot yang dimilikinya. Kiki berharap cita rasa chocodot oleh-oleh asli Garut ini bisa diterima seluruh kalangan masyarakat dan berhasil mengangkat kota Garut di mata dunia. Semoga ulasan informasi produk pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi baru bagi para pemula yang sedang bingung mencari usaha. Gunakan kreativitas Anda secara optimal dan ciptakan produk unik lainnya yang digemari para konsumen. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/_SbvlmSheMy4/SpoIaWKMj7I/AAAAAAAAAGo/xL8jCST2364/s1600/edisi+candi+cangkuang.jpg
2. http://images.travelpod.com/tripwow/photos/ta-00e0-b5ca-70ef/chocodot-indonesian-chocolate-garut-indonesia+13027126995-tpfil02aw-2235.jpg