Desain Kemasan Makanan Yang Efektif Untuk Pemasaran

/ / Kemasan /

Kemasan MakananDesain kemasan atau pembungkus makanan yang baik selalu terdapat sarana promosi didalamnya. Pembungkus makanan yang langsung berhadapan dengan konsumen merupakan alat yang penting untuk menentukan keputusan pembelian.

Misalnya saja di etalase sebuah swalayan banyak berjejeran aneka macam makanan dan konsumen belum tahu produk apa yang akan dibelinya. Pastinya yang akan dibeli adalah produk yang memiliki desain kemasan menarik dan kelihatan enak. Itulah efek pesan yang disampaikan melalui desain kemasan, sehingga selain sebagai pembungkus makanan, kemasan produk juga dapat digunakan sebagai saranan yang sangat baik, efektif dan juga efisien.

Kemasan makanan merupakan salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari seluruh produk. Sebagian besar konsumen pastinya akan membeli sebuah produk setelah mereka melihat dan tertarik dengan kemasan produk yang menarik. Meskipun setiap orangnya memiliki gagasan yang berbeda, namun kemasan produk memberikan sebuah jaminan akan kualitas barang yang ada di dalam kemasan.

Untuk membuktikan kemasan makanan memang bisa mempengaruhi suatu pemasaran, Anda bisa bayangkan dua produk. Satu produk hanya dikemas dalam kardus polos dan produk lainnya memiliki banyak warna dengan desain kemasan yang lebih menarik. Pastinya kotak yang menariklah yang akan menjual dan bisa mempengaruhi perilaku pembeli.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan para pelaku usaha, sebelum membuat desain kemasan makanan yang efektif untuk pemasaran.

Keamanan

Keamanan adalah hal yang bisa menjamin konsumen bahwa produk dapat dengan hati-hati dikirim dari seorang produsen ke distributor hingga ke supermarket kemudian ke tangan konsumen. Hal ini juga dapat menjamin reseller bahwa produk tersebut memiliki nilai yang tinggi dengan kemasan produk yang baik. Dengan menggunakan case erector, taping machine dan case sealer dapat memastikan bahwa produk tersebut disegel dan dilindungi mulai dari pabrik.

Sense of Quality

Selain mendapat jaminan bahwa produk bernilai tinggi dan produk dikirim secara hati-hati, kemasan makanan juga memberikan perasaan positif bagi konsumen bahwa produk tersebut berkualitas tinggi. Seorang reseller dan konsumen sama, mereka akan merasakan bahwa produsen berinvestasi pada kemasan produk karena produk yang dijualnya memiliki kualitas tinggi. Hal ini untuk membedakan pesaing dengan kualitas rendah dengan merek yang berkualitas tinggi.

Target Pasar

Target pasar akan membedakan produk yang Anda miliki dengan kompetitor. Memperhatikan target pasar dari bisnis makanan yang Anda produksi akan memberikan sebuah peluang baik untuk memenangkan pasar. Pisahkan target pasar Anda berdasarkan usia, pekerjaan, hobi, jenis kelamin serta prefensi lainnya. Jika Anda memproduksi makanan untuk anak, maka desain kemasan harus terlihat lucu, menarik dan warna-warni sehingga anak akan menyukainya. Berbeda jika konsumen yang Anda tuju adalah kaum wanita, maka desain kemasan dapat dibuat lebih feminine dengan pemilihan warna yang lebih elegan.

Jenis Produk

Produk yang Anda jual akan menentukan bahan dan jenis kemasan yang akan Anda gunakan untuk mengemas produk. Meskipun saat ini banyak pilihan bahan yang tersedia untuk membuat sebuah kemasan produk, namun Anda harus bisa menentukan bahan apa yang tepat, ukuran yang pantas dan bentuk yang pas untuk digunaka sebagai pengemas produk Anda. Hal itu bertujuan untuk menekan biaya yang dikeluarkan untuk sebuah kemasan produk tanpa mengurangi kualitas produk.

Pemilihan Tema

Tema untuk suatu desain produk diperoleh dari kampanye produk yang Anda jalankan serta dipengaruhi oleh brand yang Anda gunakan. Semua pelaku bisnis makanan untuk retail pastinya menggunakan tema-tema khusus. Misalnya saja menggunakan karakter kartun yang sedang populer atau menggunakan special edition seperti piala dunia dan lain sebagainya.

Menyusun strategi pemasaran yang akan Anda gunakan untukmenjual produk adalah hal yang sangat penting. Kemasan produk harus selalu menjadi kunci dari setiap strategi pemasaran. Akan tetapi, jangan pernah lupakan juga bahwa kualitas produk harus tetap menjadi yang utama sehingga konsumen tidak akan ragu lagi untuk kembali dan membeli produk Anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://thedesignersdose.files.wordpress.com/2013/03/packaging_01.jpg