Dinas KUMKM Jabar Targetkan 20.000 Wirausahawan Baru di Tahun 2017

Dinas KUMKM Jabar targetkan 20.000 UKM di 2017

Dinas KUMKM Jabar targetkan 20.000 UKM di 2017

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Jawa Barat tak ragu memberikan pembinaan dan pelatihan kewirausahaan bagi calon wirausahawan baru untuk menargetkan dapat mencetak 20.000 wirausahawan baru atau pelaku UMKM di Jawa Barat pada tahun 2017 ini.

“Target kami di 2017, dari 20 ribu itu sekitar 3.000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah itu mayoritas akan berasal dari tiga jenis usaha yang kami fokus garap yaitu kuliner (makanan dan minuman), konveksi pakaian dan salon kecantikan,” ujar Kepala Dinas KUMKM Jabar, Dudi Sudrajat Abdurachim saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (21/2).

Selama 2017, lanjut dia, pihaknya menargetkan akan memberikan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat yang ingin menjadi seorang wirausahawan. Para calon pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah nantinya, kata Dudi, akan mendapat pelatihan berkaitan dengan cara pengembangan usaha.

“Dinas KUKM memberikan pendampingan untuk masing-masing peserta pelatihan. Kita siap bantu dari mulai permodalan, manajemen pengembangan usaha hingga pemasarannya. Ada asosiasi marketing juga yang membantu,” tutur Dudi.

Setelah mendapat pelatihan, Dudi mengatakan pelaku UMKM baru akan memperoleh sertifikasi lulus pembinaan Dinas KUKM Pemprov Jabar. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi modal usaha mereka agar percaya diri dan terus berkembang.

Baca Juga Artikel Ini :

Pengen Buka Usaha, Datang ke PLUT KUMKM, Ada Pendampingan Usaha

Pemerintah Bakal Salurkan Dana Bergulir Rp 1,5 triliun untuk UMKM

Peminat program pelatihan wirausaha baru ini, kata dia, terbilang sangat tinggi. Masyarakat Jawa Barat yang tertarik untuk mengikuti program pelatihan ini, bisa mendaftarkan secara online melalui website Dinas KUKM Jabar. Nantinya calon peserta akan mengikuti seleksi adminsitrasi sebelum resmi mengikuti pelatihan.

“Ada pembatasan umur. Tingkat pendidikan minimal SD. Kami seleksi administrasi sebelum penempatan sesuai kelasnya, karena memang ini khusus untuk warga Jawa Barat,” ungkap Dudi.

Ia menambahkan, setiap tahunnya pihaknya berupaya mencetak sekitar 20 ribu wirausahawan baru sehingga dalam lima tahun masa kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan (Aher)-Deddy Mizwar, target mencetak 100 ribu wirausahawan baru bisa terealisasi.

Menurutnya, selama tiga tahun ini pihaknya telah berhasil menciptakan lebih dari 60 ribu pelaku usaha baru di Jawa Barat di 13 bidang usaha seperti pertanian, wisata, kesehatan, industri, dan kelautan.

Berkaitan jumlah total UMKM di Jawa Barat, Dudi mengaku belum bisa memberikan data terbaru. Namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, data terakhir hingga tahun 2012, jumlah UMKM di Jawa Barat sudah mencapai 9,1 juta.

“Tahun 2016 BPS baru melakukan sensus ekonomi,” kata Dudi.

SUMBER