Dongkrak Harga Saat Panen, CIS Subang Gelar Pelatihan Olahan Rambutan

Panen raya rambutan di Subang

Panen raya rambutan di Subang, CIS gelar pelatihan olahan rambutan (Foto : http://3.bp.blogspot.com/)

Dikenal sebagai penghasil buah rambutan terbesar nomor satu di Jawa Barat, Kabupaten Subang setiap tahunnyna bisa menghasilkan puluhan ribu ton buah rambutan. Beberapa kecamatan yang menjadi sumber penghasil buah rambutan di Subang antara lain kecamatan Purwadadi, Cipeundeuy, Pabuaran, dan Cikaum. Sayangnya, jumlah panen yang melimpah membuat harga buah rambutan di kalangan petani kurang stabil, bahkan harganya bisa terjun bebas di level terendah.

Untuk mencegah kondisi tersebut, CIS Subang bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (KUPP) Kabupaten Subang berinisiatif menyelenggarakan pelatihan olahan rambutan di aula kecamatan Purwadadi, jalan raya Kalijati – Sukamandi, Kamis (16/2/2017).

Pelatihan dilaksanakan di Purwadari karena di daerah tersebut merupakan sentra utama komoditas rambutan di wilayah Subang, selain Kecamatan Cikaum, Cipeundeuy dan Pabuaran. Tujuan pelatihan sendiri adalah untuk meningkatkan nilai jual produk hasil olahan dari buah rambutan.

Pelatihan olahan rambutan di Subang

CIS Subang bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (KUPP) Kabupaten Subang berinisiatif menyelenggarakan pelatihan olahan rambutan (Foto : www.kotasubang.com)

Perwakilan  Dinas KUPP Sarifudin dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Subang adalah penghasil buah rambutan nomor 1 di Jawa Barat. Setiap tahun puluhan ribu ton rambutan dihasilkan daerah ini.  Namun harga rambutan di kalangan petani seringkali tidak stabil, ketika produksi melimpah, harga rambutan bisa anjlok ke level terbawah.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan produk unggulan daerah berbasis komoditas unggulan di masing-masing wilayah di Kabupaten Subang. Dengan pelatihan ini diharapkan juga akan muncul para wirausahawan baru,” katanya.

Dengan melakukan pelatihan ini, komoditas unggulan disetiap daerah yang berada di wilayah Subang bisa diolah sehingga nilai jualnya menjadi lebiih tinggi dan diminati masyarakat. Adapun untuk jenis olahan yang dibuat dalam pelatihan kali ini adalah cocktail buah rambutan.

Olah buah rambutan jadi minuman cocktail

Olah buah rambutan jadi minuman cocktail (Foto : www.kotasubang.com)

Sementara itu Sekretaris Camat, Andri Darmawan mewakili Camat Purwadadi, mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya kegiatan ini diwilayah kerjanya.

“Terimakasih kami ucapkan atas terselenggaranya kegiatan ini. Selain rambutan masih banyak lagi komoditas unggulan yang dimiliki Purwadadi, ke depan diharapkan CIS bersama Dinas KUPP juga bisa menggali potensi tersebut untuk dijadikan produk lainnya,” katanya.

Pelaksanaan pelatihan pengolahan buah rambbisniutan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) – LIPI Subang. Selanjutnya pendampingan akan dilakukan oleh CIS Kabupaten Subang.

SUMBER