Berita UKM

Dorong Pengusaha Muda, Pemkab Tangerang Permudah Akses Perizinan

Pemkab Tangerang permudah-pengusaha muda urus perizinan

Petugas bidang perizinan siap membantu pengusaha muda, karena sesuai program pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang sangat penting. (Foto : http://tangselpos.co.id/)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, memberikan kemudahan perizinan kepada pengusaha muda yang ingin menjalankan usaha di daerah itu agar perekonomian daerah tumbuh lebih cepat.

“Petugas bidang perizinan siap membantu karena sesuai program pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi sangat penting,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Jumat (12/5).

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Ahmed mengatakan pengusaha muda harus mencontoh usaha yang sudah dirintis para pendahulunya yang telah mapan. Mereka, ujar dia, juga harus berinovasi demi kemajuan dalam berusaha.

Dalam acara pendidikan dan pelatihan oleh pengurus Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Cabang Kabupaten Tangerang, Ahmed memaparkan kemudahan izin itu juga diikuti oleh instansi terkait lainnya.

Sebagai contoh, kata dia, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkab Tangerang telah mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kecamatan Jayanti, di mana di tempat tersebut juga diperkenankan para pelaku usaha untuk ikut berlatih.

Demikian pula Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan bimbingan menyangkut makanan yang dijual yang harus memenuhi standar kesehatan dan gizi. Bahkan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) memberikan pembinaan kepada pengusaha dan perajin setempat agar mampu mandiri. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) juga membantu pengusaha pemula dalam hal penjualan aneka produk UKM di pusat perbelanjaan.

Ahmed mengatakan Disperindag setempat membantu mereka dalam hal pemasaran kepada pemilik hotel karena selama ini pelaku UKM mengalami kendala penjualan produk.

“Intansi terkait telah terbukti membantu warga agar menjadi pengusaha muda yang tangguh agar jumlahnya lebih banyak,” ujar dia.

Dia mengharapkan para pengusaha muda menjalin kerja sama dengan pengusaha lain supaya mendapatkan nilai dan nominal yang lebih dari hasil usaha mereka. Pengusaha muda, kata dia, jangan cepat menyerah dalam mengembangkan bisnis.

SUMBER