Berita UKM

Genjot Produksi Energi Biogas dan Limbah, Butuh Dukungan Pemerintah!

Produksi Energi Biogas dan Limbah

Peran serta masyarakat dalam mengatasi keterbatasan energi fosil, turut membuka peluang besar bagi perkembangan energi terbarukan dari olahan sampah. (Foto : https://cdn.ushire.co.uk)

Guna mengatasi kebutuhan energi yang semakin hari kian krisis, Indonesia diminta untuk segera mengembangkan energi terbarukan sebagai salah satu alternatif pengganti energi fosil yang sekarang ini hampir habis.

Peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam mengatasi keterbatasan energi fosil, ternyata turut membuka peluang besar bagi perkembangan energi terbarukan dari olahan sampah.

Bahkan sekarang ini peluang bisnis di sektor energi biogas dan pengolahan limbah perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah agar bisa memproduksi energi baru dalam kapasitas yang lebih besar.

Hal ini diamini oleh Donny Yoesgiantoro, selaku Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Lingkungan dan Pengelolaan Limbah, ia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan energi di masa depan, biogas dan energi terbarukan dari limbah harus dimaksimalkan.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Untuk mengoptimalkan produksi energi terbarukan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta semua pemangku kepentingan untuk menggali lagi peluang bisnis dan investasi di sektor energi terbarukan. Pasalnya, kadin mencatat sekarang ini penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru mencapai 6,8 persen.

“Penggunaannya masih kecil, padahal potensinya sangat besar. Inilah tantangan kita di masa depan. Energi fosil mungkin akan sangat terbatas dengan perkiraan hanya bertahan hingga tahun 2025. Sumber energi biogas dan limbah bisa menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan,” kata Donny Yoesgiantoro dikutip dari www.sinarkeadilan.com.

Ia juga menambahkan bahwa pengembangan biogas dan limbah untuk energi masa depan akan lebih optimal jika pihak pemerintah berani mengambil langkah untuk segera melakukan pembatasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan mulai beralih pada subsidi untuk menciptakan energi terbarukan.

Apalagi jika pemerintah memberikan dukungan penuh unutk membiayai riset dan pengembangan energi terbarukan, dipastikan peluang bisnis biogas dan limbah skala mikro untuk energi akan tumbuh lebih cepat. Selain itu, dukungan perbankan juga sangat diharapkan agar pihak otoritas keuangan dapat memberikan alokasi kredit khusus yang menarik bagi pelaku industri ini.

“Di masa depan, kita perlu mempertimbangkan anggaran tambahan, seperti Malaysia misalnya, dengan menyumbangkan 1 persen dari biaya listrik,” ungkapnya dalam acara Biogas and Waste to Energy Indonesia Forum 2017 di Jakarta.

Di samping masalah keuangan, tantangan lain yang dihadapi pelaku industri energi terbarukan juga mengalami kesulitan dalam hal pengadaan lahan, tata ruang yang masih tumpang tindih, proses perizinan yang berbelit-belit dan informasi terkait aturan pemerintah yang terbatas.

Kendala-kendala inilah yang menjadi penghalang pembangunan energi terbarukan di Indonesia. Padahal, Dony meyakini bila semua pihak telah memiliki tujuan dan orientasi yang jelas bagi pengembangan energi di masa depan.

Ditambah lagi sekarang ini teknologi pendukung untuk pengembangan energi terbarukan sudah mulai dikembangkan, Dengan begitu, proses pengolahan limbah menjadi biogas dan energi terbarukan bisa lebih praktis dan ekonomis karena kapasitas produksi bisa meningkat pesat dengan bantuan mesin teknologi modern.

Saat ini harga mesin pengolah sampah yang ada di pasaran sangat beragam. Pastikan kamu mendapatkan produk dan layanan purna jual yang berkualitas agar tak salah dalam berinvestasi, pastikan juga kamu membeli mesin pengolah sampah di Pengolahsampah.com karena sudah terbukti memiliki harga bersaing dan layanan purna jual yang sangat bersahabat.

Informasi Mesin Pengolah Sampah
Mesin pengolah sampah  dapat diperoleh :

Pengolahsampah.com

Alamat : Jl. Magelang KM. 13 Triharjo Sleman Jogjakarta

Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • Telkomsel : 081 227 799 912
  • Telkomsel : 085 227 746 362
  • Indosat : 085 743 366 688
  • XL : 087 891 202 010

Fax    : (0274) 869 720
Email : marketing@anekamesin.com