Gerakan Diet Kemasan Plastik Bagi Pelaku UMKM

Padahal, tahukah Anda bahwa kemasan produk yang biasa diberikan secara gratis sebagai pembungkus barang belanjaan ini ternyata tidak ramah lingkungan. Dibutuhkan waktu hingga beratus-ratus tahun untuk bisa mengurainya di alam. Penggunaan plastik secara berlebihan telah mencemari alam.

Kesadaran akan lingkungan khususnya penggunaan plastik sudah selayaknya menjadi tanggung jawab kita bersama. Saat ini mulai banyak gerakan-gerakan bersama yang mencoba membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik. Kesadaran ini mungkin baru sebatas gerakan-gerakan kecil dari konsumen-konsumen cerdas. Akan tetapi jika didukung oleh gerakan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis termasuk UKM, secara optimis kedepan akan memiliki dampak yang besar bagi lingkungan.

Hal-hal kecil yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis UMKM dalam mendukung gerakan ini adalah reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang). Namun secara lebih rinci banyak hal yang bisa dilakukan seperti memakai kemasan yang dapat dengan mudah didaur ulang seperti kertas ataupun karton. Apabila tetap harus menggunakan plastik, gunakan yang biodegradable. Plastik jenis ini lebih mudah diurai di alam dalam waktu singkat yaitu hanya 2 tahun.  Plastik jenis ini sekarang juga sangat mudah dijumpai dipasaran.

Bagi pelaku bisnis warung kelontong atau toko retail yang menjual barang kebutuhan sehari-hari, upaya untuk mendukung gerakan diet kemasan plastik ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian kantong plastik. Sebisa mungkin barang belanjaan cukup dimasukkan ke dalam satu kantong saja, atau bisa juga memilih kantong kemasan plastik yang ramah lingkungan.

Selain itu, sebagai pelaku bisnis Anda juga bisa memberikan diskon bagi konsumen yang membawa tas sendiri untuk membawa barang belanjaan mereka. Langkah ini akan menarik konsumen lainnya untuk melakukan hal yang sama sehingga penggunaan kemasan plastik dapat dikurangi. Dengan demikian semakin banyak orang yang terlibat dalam gerakan untuk cinta lingkungan. Hal ini juga berfungsi sebagai strategi pemasaran yang ampuh untuk menarik minat konsumen. Itu karena isu-isu lingkungan juga semakin marak diperbincangkan.

Sedangkan bila bisnis Anda adalah rumah makan, restoran, ataupun kafe, Anda dapat memberikan diskon bagi konsumen yang makan di tempat atau memberikan biaya tambahan bagi mereka yang membungkus makanannya untuk dibawa pulang. Cara ini akan membuat konsumen berpikir ulang untuk lebih memilih makan di tempat daripada harus membungkus makanannya dibawa pulang dan ada biaya tambahan pula.

Menggunakan kemasan ramah lingkungan dan upaya pengurangan penggunaan plastik semoga menjadi langkah awal untuk membuat lingkungan kita menjadi lebih baik. Bumi yang kita tinggali ini bukan hanya milik kita saat ini tapi juga merupakan warisan bagi anak cucu kita kelak. Maka dari itu kecintaan terhadap lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Tak hanya oleh konsumen yang cerdas tapi juga oleh pelaku bisnis yang juga lebih cerdas. (/Adin)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Jawa Timur

Sumber gambar : http://www.outofbox.in/wp-content/uploads/2009/05/say_no_to_plastic_bags1.jpg