Peluang Bisnis

Ide Bisnis Sampingan Buat Kalian Mahasiswa Semester Akhir

Ide Bisnis Sampingan Buat Kalian Mahasiswa Semester AkhirTak seperti kesibukan para mahasiswa baru, biasanya memasuki semester lima ke atas kalender perkuliahan tidak sepadat jadwal-jadwal sebelumnya. Kondisi ini tentunya tidak disia-siakan begitu saja oleh sebagian besar mahasiswa, kebanyakan dari mereka memanfaatkan waktu luang tersebut untuk merintis bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para mahasiswa.

Kendati jika dilihat dari segi modal, kalangan mahasiswa masih kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di sekitarnya. Namun berbekal kecintaan atau passion yang mereka miliki, kelangsungan bisnis mahasiswa belakangan ini tak hanya berhasil menguasai pasar lokal di sekitar kampusnya akan tetapi sudah mulai merambah pasar regional maupun nasional. Bahkan, dengan memanfaatkan peran internet yang semakin pesat, sekarang ini kreativitas mahasiswa mulai diakui oleh pasar dunia.

Luasnya akses pengetahuan yang dimiliki oleh kalangan mahasiswa, cukup membantu mereka untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian. Sebagai contoh, salah satu ide bisnis menarik yang bisa dijalankan kalangan mahasiswa semester akhir adalah memproduksi kaos motivasi dengan gambar karikatur.

Target Pasar Yang Dibidik

Sebagai salah satu produk fashion yang paling nyaman dikenakan hampir setiap orang, tentunya sampai saat ini bisnis kaos memiliki peluang pasar yang masih sangat besar. Bahkan tak hanya kalangan anak muda saja yang menyukai produk kaos, namun dari kalangan anak-anak, ABG, ibu-ibu, bapak-bapak, hingga kakek nenek merasa cukup nyaman untuk mengenakan produk kaos. Peluang inilah yang bisa kamu bidik dengan optimal untuk mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Mengingat persaingan di bisnis kaos sudah cukup sesak, sebagai mahasiswa tentunya kamu harus lebih kreatif untuk menciptakan ide-ide unik yang belum digunakan oleh produsen lainnya. Contohnya saja seperti membuat kaos motivasi dengan gambar karikatur sang konsumen. Ide bisnis ini cukup menarik, sebab kesan eksklusif yang digambarkan dari custom karikatur setiap konsumen membuat kreasi produk yang kamu ciptakan memiliki pembeda dengan produk kaos lainnya di pasaran.

Merintis Usaha Kaos Motivasi Sebagai Bisnis Sampingan Mahasiswa

peluang bisnis kaosKreativitas anak muda yang tak pernah ada matinya, menjadi modal utama kamu untuk bisa sukses merintis usaha kaos motivasi sebagai salah satu peluang bisnis mahasiswa yang cukup menjanjikan. Waktu luang yang cukup longgar ketika memasuki masa-masa semester akhir, memberikan kesempatan yang relatif luas bagi para mahasiswa untuk merintis bisnis sampingan guna mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulan.

Nah, buat kamu para pemula yang sedang bingung mencari peluang bisnis untuk mahasiswa semester akhir. Tidak ada salahnya bila kamu mencoba memproduksi kaos motivasi dan karikatur untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulan. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu kamu perhatikan ketika merintis bisnis kaos motivasi dan karikatur.

  1. Dalam menjalankan peluang bisnis ini, yang terpenting adalah passion atau kecintaanmu terhadap dunia desain. Mengingat kunci utama kesuksesan produkmu dilihat dari keunikan desain karikatur yang dibuat dan kata-kata motivasi yang dicantumkan, maka penting buatmu untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki.
  2. Asahlah kemampuanmu dengan minat belajar yang tinggi. Untuk menghadapi persaingan yang semakin pesat, tentunya kamu tidak bisa hanya mengandalkan passion ataupun keahlian yang telah dimiliki. Agar tak kalah bersaing dengan desain-desain terbaru milik para kompetitor, maka sebaiknya asah kembali kemampuanmu dengan belajar langsung dari para ahli desain.
  3. Pilihlah material atau bahan kaos yang nyaman digunakan oleh konsumen. Hal ini penting karena selain dinilai dari segi desain, kualitas bahan kaos juga menjadi faktor penentu kepuasan para pelanggan.
  4. Tiupkanlah roh pada merek produkmu. Selain menjaga kualitas produk yang ditawarkan, tentunya kamu juga perlu menciptakan brand atau merek yang mengena di hati calon konsumen. Sebagai identitas produk, pilihlah merek atau brand yang mudah dikenali konsumen dan menancap di benak pelanggan.
  5. Pelayanan prima menjadi kunci utama kamu memenangkan persaingan usaha. Tak hanya kualitas produk saja yang perlu kamu perhatikan, namun pelayanan terhadap konsumen seperti misalnya lamanya proses pengerjaan pesanan, sistem pengiriman barang yang ditawarkan, serta layanan purna jual yang diberikan juga harus bisa menyenangkan setiap pelanggan.

Keuntungan Bisnis Mahasiswa

Tidak begitu sulit untuk memproduksi kaos motivasi dan karikatur. Modal usaha yang dibutuhkan pun sebenarnya tidak terlalu besar. Sebagai seorang mahasiswa yang masih terbilang awam dalam dunia usaha, kamu bisa memproduksi sedikitnya 12 buah kaos yang bisa kamu jadikan sebagai sample produk. Yang terpenting buatlah desain kaos seunik dan sebagus mungkin sebelum akhirnya kamu tuangkan ke dalam sebuah kaos. Usahakan untuk membuat desain yang limited edition, bila perlu satu desain hanya diproduksi menjadi satu buah kaos. Dengan begitu, daya tarik produk kaos yang kamu produksi bisa semakin meningkat dan menjadi salah satu pembeda dengan merek kaos lainnya.

Lahirnya ide-ide segar dari kalangan mahasiswa juga menjadi nilai tambah bagi produk kaos yang diproduksi. Melihat sekarang ini persaingan bisnis di Indonesia semakin sengit, penting buat kamu untuk mengeluarkan ide-ide kreatif untuk memenangkan persaingan pasar. Misalnya saja menjadikan karikatur sebagai salah satu nilai tambah pada kaos motivasi yang kamu produksi, melengkapi produkmu dengan packaging yang eksklusif, serta membatasi jumlah pembelian setiap konsumen agar mereka semakin penasaran dengan keunggulan produk kaos yang kamu pasarkan.

Kendala Menjadikan Kaos Sebagai Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Dari sekian banyak kendala yang ada, masalah klasik yang sering dianggap sebagai kendala oleh kalangan pengusaha muda adalah minimnya modal, minimnya pengetahuan, dan minimnya keberanian untuk segera action atau memulai. Sebagian besar dari mereka masih menganggap modal uang sebagai faktor utama keberhasilan sebuah usaha. Padahal, sebenarnya minimnya modal bisa kita siasati dengan kreativitas yang kita miliki. Contohnya saja mengikuti lomba proposal bisnis yang sering diadakan di kampus-kampus, bekerjasa dengan pengusaha konveksi untuk bisa maklon (titip produksi) kaos motivasi di perusahaan mereka, atau bisa juga berjualan di ranah online dengan modal sketsa desain kaos dan baru mulai mencetaknya setelah mendapatkan orderan dari calon konsumen. Cara ini cukup efektif untuk menyiasati minimnya modal yang dimiliki para mahasiswa.

Sedangkan untuk mengatasi minimnya pengetahuan dan keberanian untuk memulai usaha, kamu bisa mulai mengikuti unit kegiatan mahasiswa (organisasi mahasiswa) yang berhubungan dengan kewirausahaan. Dari wadah tersebut, kamu bisa mendapatkan tambahan ilmu mengenai dunia usaha, bisa sharing dan berbagi pengalaman dengan sesama mahasiswa yang tertarik di bidang yang sama. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bila kamu juga mendapatkan partner bisnis yang memiliki ide bisnis serta ketertarikan yang sama di bidang usaha kaos.

Strategi Pemasaran Bisnis Kaos Motivasi

desain kemasan kaosDalam menjalankan berbagai macam peluang usaha, strategi pemasaran menjadi salah satu ujung tombak yang bisa menentukan kesuksesan sebuah usaha. Hal inilah yang seringkali diabaikan oleh sebagian besar pengusaha muda. Kebanyakan dari mereka lebih fokus memikirkan bagaimana caranya untuk memulai proses produksi tanpa merencanakan dengan baik strategi pemasaran yang akan dijalankan. Alhasil, produk-produk unik yang pada awalnya memiliki nilai jual cukup tinggi hanya menumpuk di gudang penyimpanan dan akhirnya dijual murah untuk mengembalikan modal usaha yang telah mereka keluarkan.

Tentu kondisi seperti ini sering kita temui dikalangan para pemula, karenanya untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas. Berikut ini kami informasikan lima strategi pemasaran yang bisa dijalankan para mahasiswa untuk mempromosikan bisnis kaos motivasi yang dirintisnya.

  • Mulailah dari orang-orang terdekatmu. Untuk menciptakan ketertarikan dari masyarakat luas, tentunya kamu bisa mengawalinya dari orang-orang terdekatmu. Gandeng teman-teman terdekatmu sebagai brand ambassador, untuk menarik minat calon konsumen lainnya di sekitar kampus.
  • Setelah orang-orang di sekitar kampus mulai mengenal produkmu, jangan ragu untuk mempromosikannya di beberapa kegiatan kampus. Misalnya saja mengikutsertakannya di acara bazar kampus, membuka stand kaos di acara pentas seni kampus, dan lain sebagainya.
  • Rambah pasar maya untuk memperkuat brand produk yang kamu miliki. Mengingat hampir setiap mahasiswa cukup dekat dengan dunia maya, maka tak ada salahnya bila kamu memanfaatkan kondisi ini untuk menarik minat calon konsumen. Dalam hal ini kamu bisa mempromosikan produk kaos melalui website toko online dan situs jual beli online (marketplace) lainnya.
  • Bangun loyalitas konsumen melalui social media. Sekarang ini bisa dipastikan hampir setiap mahasiswa memiliki ponsel pintar atau smartphone. Melalui gadget tersebut, kamu bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan aktif menyapa mereka melalui akun social media yang kamu miliki, contohnya saja melalui BlackBerry Messenger, Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lain-lain.
  • Buatlah calon konsumen penasaran dengan produkmu. Biasanya, calon konsumen apalagi yang notabene berasal dari kalangan anak muda, senang dengan sesuatu yang unik dan memancing rasa penasaran mereka. Untuk itu, kamu bisa menyusun strategi pemasaran unik seperti misalnya membatasi jumlah pemesanan produk, memberikan cash back sebesar Rp 10.000,00/ kaos bagi mereka yang beruntung, memilih kemasan produk yang unik, serta memberikan gratis kaos bagi konsumen yang bisa mengajak 5 orang temannya memesan kaos motivasi di tempat Anda.

Kunci Sukses Bisnis Untuk Mahasiswa

Pengusaha muda yang tidak cepat puas dengan keberhasilannya dan memiliki visi besar untuk mengembangkan kemampuan dirinya, diyakini bisa terus eksis membesarkan bisnis sampingannya menjadi peluang usaha masa depan yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya. Bersainglah dengan konsep dan berpikirlah untuk kepentingan pasar, karena sebagai pengusaha kamu juga harus bisa melihat segala sesuatunya dari kacamata calon pelangganmu.

Jangan pernah takut akan kegagalan, karena dari kegagalan kita bisa banyak belajar hal-hal baru yang bermanfaat bagi karir kita di dunia usaha. Ingat, tak ada jalan pintas menuju sukses, karena setiap langkah yang kita pijak adalah pelajaran baru bagi kita untuk bisa naik level menuju kesuksesan yang sebenarnya.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Membuat kaos motivasi dan karikatur sesuai orderan konsumen
Setiap kaosnya dijual seharga Rp 75.000,00/ pcs
Setiap bulannya memproduksi 150 pcs kaos motivasi
Proses produksi maklon di perusahaan konveksi kaos.

Modal Awal
Laptop dan printer untuk membuat desain     kaos           Rp 4.000.000,00
Modem internet dan kartu perdana                           Rp   300.000,00
Beli smartphone                                            Rp 1.500.000,00+
Total modal                                                Rp 5.800.000,00

Biaya penyusutan per bulan
Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan 3 th :
1/36 x Rp 4.300.000,00          =          Rp 119.500,00

Biaya operasional per bulan
Biaya maklon kaos (cotton combed 20s/ 30s dan sablon)
@ Rp 45.000,00/ kaos x 12 pcs x 26 hari                     Rp 14.040.000,00
Cetak kemasan produk (tas kertas dengan sablon brand)       Rp    500.000,00
Beli kertas dan tinta untuk cetak desain kaos               Rp    250.000,00
Beli pulsa modem dan layanan data smartphone                Rp    200.000,00
Biaya listrik dan transportasi                              Rp  1.000.000,00
Biaya penyusutan alat                                       Rp    119.500,00+
Total biaya                                                 Rp 16.109.500,00

Omzet per bulan
@ Rp 75.000,00 x 10 pcs x 26 hari                =          Rp 19.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 19.500.000,00 - Rp 16.109.500,00              =          Rp 3.390.500,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)             =          < 2 bulan

Dengan kreativitas dan minat yang tinggi dalam menjalankan peluang usaha, bisnis yang dijalankan para mahasiswa pun tak kalah bersaing dengan usaha lainnya di pasaran bebas. Nikmati peran ganda sebagai mahasiswa sekaligus pengusaha muda, dan datangkan untung besar dari peluang bisnis mahasiswa yang sedang kamu kembangkan saat ini. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!