Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 6 Nasehat Jack Ma Ini!

/ / Inspirasi Bisnis /

Ingin Jadi Pengusaha Sukses, Ikuti 6 Nasehat Jack Ma Ini

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 6 Nasehat Jack Ma Ini!

Jack Ma, pendidiri Alibaba.com, merupakan orang terkaya di China, juga salah satu dari 20 orang terkaya di dunia . Selain itu, perjalanan hidupnya tergolong unik. Dia memiliki banyak pengalaman ditolak dimana-mana oleh berbagai organisasi besar. Dia juga memiliki mimpi besar yang selalu menyala meskipun penuh kegagalan di tahun-tahun pertamanya menjadi seorang pengusaha.

Ia memiliki ambisi yang besar, memiliki kemauan belajar yang sangat kuat, dan tentu saja memiliki gagasan yang unik. Bagaimanapun juga pada akhirnya dia berhasil menjadi salah satu pengusaha kelas dunia dan masuk dalam jajaran orang-orang terkaya dunia.

Berikut adalah kompilasi dari beberapa nasehat Jack Ma saat berbagi pengalaman kepada orang-orang muda di China tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses berdasarkan pengalaman dalam hidupnya sendiri.

#1. Sebelum berusia 20 tahun, jadilah pelajar yang baik.

#2. Sebelum berusia 30 tahun, berguru dan ikuti seorang bos yang baik dengan bekerja di perusahaan kecil.

Biasanya perusahaan besar adalah tempat yang baik untuk belajar tentang proses. Di perusahaan besar kita adalah bagian dari suatu mesin yang besar.

Tetapi bila kita bekerja di perusahaan kecil kita belajar tentang ‘passion’, kita belajar tentang mimpi yang besar, kita belajar untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Jadi sebelum berusia 30 tahun, jangan mencari perusahaan tetapi carilah bos yang hebat untuk berguru. Ini sangat penting. Bos yang hebat akan mengajarkan kepada kita banyak hal dengan cara yang berbeda.

Pada usia 25 tahun? Buatlah berbagai macam kesalahan, jangan khawatir.

Jatuh? Bangun lagi! Jatuh lagi? Bangun lagi! Nikmati saja! Nikmati pertunjukannya! Nikmati perjalanan (hidup).

Apapun kesalahan kita itu adalah “sumber pendapatan” yang hebat.

#3. Usia antara 30-40 tahun, kita harus mulai berpikir secara vertikal dan bekerja untuk diri kita sendiri bila kita ingin menjadi seorang pengusaha.

#4. Usia antara 40-50 tahun, kita harus melakukan semua hal yang menjadi bidang keahlian kita dan passion kita. Jangan mencoba pekerjaan baru, karena sudah terlambat. Kita mungkin saja sukses, tetapi tingkat kegagalannya terlalu besar. Jadi, usia antara 40-50 adalah saatnya untuk fokus pada hal yang menjadi keahlian kita.

#5. Usia antara 50-60 tahun, pekerjakanlah orang-orang muda. Karena orang-orang muda bekerja lebih baik dibanding kita. Jadi, percayakan pada mereka, berinvestasilah pada mereka, pastikan mereka semua bekerja dengan baik.

#6. Usia di atas 60 tahun, habiskanlah waktu untuk diri sendiri, pergi ke pantai, mandi matahari.

Share! Kalau tulisan ini bermanfaat buat kamu.

SUMBER