Ingin Produk Promosi (Merchandise) Anda efektif?

/ / Pemasaran /

produk promosiBerbagai macam perusahaan kini telah banyak yang menawarkan hadiah atau merchandise gratis bagi para konsumennya sebagai salah satu bentuk cara pemasarannya . Namun pertanyaan kita sekarang, seberapa efektif  strategi pemasaran dengan menggunakan produk promosi (merchandise)?

Ya, survei membuktikan bahwa sebagian besar konsumen kita masih sangat tertarik dengan adanya hadiah atau bonus menarik dari setiap transaksi pembelian yang mereka lakukan. Keadaan inilah yang sering dimanfaatkan para pelaku bisnis dan pemasar untuk mengambil hati para pelanggan. Hingga akhirnya mereka mengenal dan mulai terbiasa menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Mendapatkan hadiah atau bonus tertentu dari pembelian sebuah produk, tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pelanggan. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali membeli lagi produk tersebut, dengan alasan untuk mendapatkan hadiah atau produk promosi yang ditawarkan para produsen. Strategi inilah yang sampai saat ini masih sering digunakan para produsen ataupun distributor dalam memasarkan produknya ke pasaran.

Selain menarik minat para konsumen, produk promosi ternyata menjadi ajang bagi sebuah perusahaan untuk mengenalkan brand mereka ke peluang pasar yang lebih luas. Sebab tidak sedikit perusahaan yang sengaja mencantumkan logo, nama, atau visi dan misi perusahaan mereka pada produk promosi yang dibagikannya. Tujuannya tentu jelas, agar produk atau jasa mereka semakin dikenal banyak orang, dan merek atau brand mereka semakin kokoh di tengah persaingan pasar yang semakin pesat.

Ingin Produk Promosi (Merchandise) Anda efektif ? Berikut beberapa tips promosi yang perlu Anda perhatikan:

1. Memilih produk promosi sesuai dengan target pasar yang dibidik.

Sebelum memilih hadiah atau merchandise yang akan dijadikan sebagai produk promosi, sebaiknya lakukan survei untuk mengetahui minat dan kebutuhan yang banyak dicari target pasar Anda. Hal ini untuk menyesuaikan hadiah yang paling menarik bagi para konsumen Anda. Misalnya saja seperti memilih hadiah mangkok dan piring untuk membidik konsumen wanita khususnya ibu rumah tangga, atau memilih hadiah perlengkapan sekolah (seperti pensil, pulpen, dan buku tulis) untuk pasar anak-anak, serta masih banyak lagi contoh menarik lainnya.
2. Siapkan biaya promosi yang cukup untuk memberikan hadiah menarik.

Walaupun hanya sekedar hadiah gratis, namun jangan pernah menganggap remeh dan memberikan hadiah yang kurang berkualitas pada konsumen Anda. Ingat, bahwa produk promosi yang Anda tawarkan mewakili nama baik perusahaan yang Anda miliki. Karena itu berikan produk promosi yang berkualitas bagus pada pelanggan Anda, agar mereka selalu mengingat citra baik yang telah Anda bangun dari strategi pemasaran tersebut. Sehingga mereka akan selalu loyal dengan perusahaan yang Anda miliki.produk promosi

3. Berikan manfaat bagi konsumen Anda.

Selain menarik, sebaiknya berikan produk promosi yang bermanfaat bagi para konsumen. Agar mereka tidak hanya menikmati manfaat dari produk yang dibelinya saja, tetapi juga mendapatkan tambahan manfaat dari produk promosi yang didapatkannya. Strategi ini dapat Anda coba dengan memberikan penawaran promosi beli dua gratis satu, dengan begitu konsumen dapat berhemat dan memanfaatkan bonus tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Sesuaikan produk promosi dengan event (kegiatan) tertentu.

Untuk menarik minat para konsumen, banyak pelaku usaha maupun pemasar yang sengaja menyesuaikan produk promosinya dengan event atau trend yang saat ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka rela membeli sebuah produk untuk mendapatkan hadiah yang sedang dicari banyak orang. Lihat saja kesuksesan coca-cola yang sengaja membagikan merchandise tentang sepak bola, ketika menjelang event piala dunia lalu.

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa dalam membagikan produk promosi, usahakan untuk memberikan merchandise atau hadiah yang berkualitas dan menggambarkan perusahaan Anda. Sehingga produk yang Anda bagikan memberikan manfaat bagi para konsumen, dan menjadi media promosi yang cukup efektif  bagi perkembangan bisnis Anda. Selamat berkarya dan salam sukses.

Sumber gambar : http://ecommerce.destinyassoc.com/images/Templates_img/Buy1Get1Free.jpg dan http://4.bp.blogspot.com/_n6fiPMLveU0/TCyrdXHoEzI/AAAAAAAAAC8/J7OmQi5y9Ow/s1600/barang+promosi.jpg