Manajemen UKM

Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Usaha di Usia Muda

Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Usaha di Usia MudaBanyak yang bilang usia remaja identik dengan kebebasan dan kesenangan sebelum akhirnya seseorang menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Tapi, bukan berarti masa remajamu hanya akan kamu habiskan untuk hidup santai dan bersenang-senang saja bukan?

Pasalnya, di usia yang relatif masih muda kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif. Salah satunya saja seperti memulai usaha di usia muda.
Meski usiamu masih 20-an tahun, jangan pernah takut untuk memulai usaha di usia muda. Sebab, sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tidak hanya uang maupun pengalaman.

Kalau tidak kamu mulai di usia muda, kapan lagi mau memulainya?
Mau tunggu sampai TUA?

Sedikitnya ada 4 alasan, kenapa kamu harus memulai usaha di usia muda?

Satu, di usia muda kamu belum punya tanggungan ekonomi. Walaupun ada sebagian di antara kamu yang sudah harus menjadi tulang punggung keluarga sejak usiamu masih muda, tapi bukan berarti kamu harus menyerah dengan keadaan. Justru kondisi ini bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk mulai menyusun rencana bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar jika dibandingkan gajimu sebagai karyawan.

Dua, kaum muda masih punya banyak waktu luang. Merintis usaha di usia muda tentu tidaklah mudah, apalagi kamu masih minim pengalaman. Tapi jangan langsung minder, karena di usiamu yang masih sangat muda kamu punya cukup banyak waktu untuk trial and error. Meski harus gagal di pengalaman pertama, kamu masih punya banyak kesempatan untuk mencobanya kembali sampai mencapai kesuksesan.

Tiga, anak muda cenderung nekat dan sangat ambisius. Selain punya banyak waktu luang, jiwa anak muda masih sangat ambisius dan berani nekat untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Bahkan ketika mengalami kegagalan pun kaum muda juga relatif lebih mudah untuk kembali bangkit. Kamu pun bisa memiliki ambisi, mimpi dan idealis yang tinggi agar bisa sukses di usia muda.

Empat, otak anak muda masih sangat tokcer untuk menciptakan ide-ide kreatif. Trend bisnis kekinian sekarang ini menjadi peluang usaha yang menggiurkan, kamu bisa memanfaatkan kemampuan otak dan daya kreativitasmu untuk menciptakan ide-ide segar yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Ciptakan sesuatu yang unik dan pastinya memiliki nilai jual.

Nah, sudah tau kan kenapa kamu harus mulai merencanakan bisnismu sejak usia muda. Dengan banyaknya kesempatan yang dimiliki kamu muda, jangan pernah takut untuk memulai usaha. Karena jika kamu pernah gagal sekali dalam merintis usaha, maka masih ada lebih dari 10 kali kesempatan untuk memperbaiki kegagalan yang pernah ada. Salam sukses!