Manajemen UKM

Jadi Pengusaha Wanita Jangan Cengeng! Ini Ada 3 Rahasia Buatmu

Jadi pengusaha wanita jangan cengengSeakan tak ingin kalah bersaing dengan kaum adam, sekarang ini rupanya pengusaha wanita di Indonesia sudah mulai menunjukkan eksistensinya di dunia usaha. Bahkan tidak hanya sebatas ikut-ikutan, banyak diantara mereka yang mampu bertengger di jajaran pengusaha sukses Indonesia.

Banyak alasan yang mendasari kalangan wanita untuk terjun ke dunia usaha,  selain karena jam kerja yang cukup fleksibel, dengan berprofesi sebagai pengusaha bisa membuat seorang wanita mampu mendapatkan penghasilan sendiri tanpa mengesampingkan tugas utamanya mengurus keluarga.

Akan tetapi, bukan berarti menjadi pengusaha wanita tanpa ada halangan apapun. Baik skala kecil maupun besar, pasti ada tantangan yang bakal dihadapi pengusaha wanita.

Nah, agar kamu tak jadi pengusaha wanita yang cengeng ketika menghadapi tantangan, sedikitnya ada 4 tips menjadi pengusaha yang bisa kamu perhatikan baik-baik, dilansir dari www.liputan6.com!

1. Gunakan media sosial

Tidak ada keraguan bahwa media sosial sangat penting untuk pemasaran bisnis. “Entah itu Facebook, Twitter atau bahkan Pinterest. Media sosial telah terbukti menjadi saluran yang baik untuk bisnis,” kata Miller.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Jika kamu tidak mengenal media sosial, Miller menyarankan agar kamu mengikuti kursus online untuk memahami bagaimana menggunakan platform semacam itu untuk membangun bisnismu.

“Cukup sederhana, media sosial harus dipandang sebagai forum untuk berinteraksi dengan pelanggan dan melakukan bisnis sehari-hari,” tambahnya.

2. Gunakan jaringan yang Kamu miliki

Menjalankan bisnis meskipun kecil cukup membuat pening. Oleh karena itu untuk mengurangi beban yang kamu miliki, segera manfaatkan jaringan yang telah dimiliki untuk membentuk sistem pendukung yang andal.

Miller mengatakan jaringan yang kamu miliki bisa menjadi rekan atau mentor yang bisa mengarahkan memitigasi potensi masalah yang mungkin kamu hadapi.

“Bergabung dengan kelompok pengusaha adalah cara yang baik,” katanya. “Profesional dalam kelompok ini dapat memberikan inspirasi yang bagus untuk gagasan baru,” tambah dia.

Sedangkan jika kamu tidak memiliki waktu untuk bertemu langsung, Miller menyarankan untuk memanfaatkan komunitas online.

3. Belajarlah untuk melimpahkan tugas

Sebagai wirausahawan memang harus mengambil semua tanggung jawab yang diperlukan untuk menjalankan bisnismu. Memang, tidak mudah untuk menjalankan hal tersebut.

Namun, kamu tak harus mengambil semua pekerjaan yang ada. “kamu tidak harus sedikit fleksibel dan menciptakan keseimbangan,” jelas Miller.

Ia pun menyarankan agar kamu mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan mereka. Tapi sebelum kamu dapat melakukannya, penting untuk mempekerjakan karyawan yang dapat dipercaya dan kamu melatih mereka dengan baik.

4. Jangan pernah berhenti mencari

Jangan hanya menggunakan jaringan dan sumber daya yang ada, kamu harus melihat kesempatan dengan membuka jaringan yang baru. Miller mencatat, ini sangat penting karena taruhannya lebih tinggi.

“Mengetahui di mana ada celah bisa membuat semua perbedaan,” katanya.

Jaringan baru tersebut bisa menjadi sumber yang berharga untuk pengembangan bisnis. Pada akhirnya, dia mencatat, semua kembali mengenai bertemu orang-orang yang akan membantumu memenangkan bisnis baru atau menemukan calon klien.