Jadikan Backlink sebagai Promosi Blog Anda

ilustrasi backlink bagi promosi blogApa itu backlink? Mungkin bagi para blogger, istilah tersebut tidak asing lagi bagi mereka. Mengingat kegiatan backlink sudah sering mereka lakukan untuk mendukung perkembangan blog atau website yang dimilikinya. Namun bagi masyarakat awam, istilah backlink tentu belum familiar ditelinga mereka. Bahkan bisa dibilang, sebagian besar masyarakat kita belum mengetahui apa yang dimaksud dengan backlink.

Sebenarnya yang dimaksud dengan backlink adalah mencantumkan link atau tautan yang mengarahkan pengguna internet pada sebuah blog. Biasanya para blogger memasang backlink di situs orang lain, agar pengunjung di situs tersebut juga mengunjungi blog miliknya. Kegiatan ini sering dilakukan para pemula bisnis online, untuk mengenalkan situsnya di dunia maya.

Semakin banyak backlink yang dipasang para blogger, maka semakin banyak pula jalan yang akan memudahkan user mengunjungi blog mereka. Jadi, bisa dibilang backlink merupakan jalan atau pintu yang mengantarkan para calon pengunjung menuju bisnis online yang dijalankan para blogger.

Disamping menjadi penunjuk jalan, keberadaan backlink pastinya sangat membantu kegiatan promosi blog Anda. Sebab, secara tidak langsung backlink akan memudahkan mesin pencarian menemukan keberadaan blog yang Anda miliki. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi bisnis online yang sedang Anda jalankan, karena semakin bagus posisi blog Anda di mesin pencarian maka semakin tinggi pula traffic blognya. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika pagerank blog Anda juga akan ikut meningkat, seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna internet yang mengunjungi blog Anda.

Untuk bisa mendapatkan manfaat seperti yang telah kita bahas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memasang backlink.

  1. Pilih situs yang memiliki pagerank tinggi. Dalam memasang backlink utamakan untuk memasangnya di situs lain yang memiliki pagerank cukup tinggi. Dengan demikian, peluang blog Anda dikunjungi para pengguna internet juga semakin besar. Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus meninggalkan situs yang berpagerank rendah. Karena berbagi link dengan sesama newbie juga memberikan banyak manfaat bagi blog Anda.
  2. Saat membuat backlink, lebih baik gunakan kata kunci yang banyak dicari mesin pencarian, bukan menggunakan alamat URL yang sulit dibaca para user. Cara tersebut terbukti lebih disukai pengunjung, sehingga mereka berminat mengunjungi blog Anda. Beberapa contoh kata kunci yang bisa Anda gunakan yaitu internet marketing, bisnis online murah, atau bisnis di internet.bisnis online
  3. Backlink bisa dilakukan melalui komentar yang Anda tuliskan di situs orang lain. Cara ini terbilang cukup efektif, bila Anda melakukannya dengan benar. Hargai pemilik website tersebut dengan memberikan komentar yang baik dan bermanfaat bagi para pembaca. Karena komentar yang bagus, akan mendorong pemilik situs tersebut maupun para pembaca untuk berkunjung di blog Anda.
  4. Lakukan backlink sebanyak mungkin. Bila diibaratkan backlink adalah pintu masuk menuju rumah Anda, maka keberadaannya yang terus meningkat akan memudahkan pengunjung masuk dari berbagai arah. Karena itu, cantumkan backlink sebanyak mungkin agar peluang yang Anda peroleh juga semakin bertambah.
  5. Terakhir, pasanglah backlink di situs-situs yang masih memiliki topik atau target pasar sama dengan blog Anda. Dengan begitu konsumen tidak kecewa bila berkunjung di situs Anda.

Jika saat ini blog Anda belum dikenal pengguna internet, tidak ada salahnya bila Anda mulai mencoba backlink sebagai salah satu cara mempromosikan blog Anda. Semoga informasi “Jadikan backlink sebagai promosi blog Anda” memberikan manfaat bagi para pembaca. Selamat berkarya dan salam sukses.

Info bisnis :
Bagaimana SEO mengoptimalkan bisnis online?
–  Waspadai broken link pada bisnis online
Mencari keyword menarik untuk bisnis online

Sumber gambar : http://www.pawiro.info/wp-content/uploads/2010/04/backlink-gratis-berkualitas.jpg dan http://www.citydirectory.co.id/files/contents/images/Usaha%20001.jpg