Jangan Ngaku Pengusaha Sukses Kalau Belum Punya Modal Ini

/ / Manajemen UKM /

Jangan Ngaku Pengusaha Sukses Kalau Belum Punya Modal IniSukses menjadi seorang pengusaha tentunya menjadi impian hampir setiap orang. Namun sayangnya, impian tersebut tidak selamanya dibarengi dengan usaha nyata dari setiap individu. Sehingga tidak heran bila banyak diantara kita yang hanya sekedar “ngimpi” menjadi pengusaha sukses tanpa bisa mewujudkannya di dunia nyata.

Karenanya, agar kamu tak termasuk salah satu orang yang selamanya hanya bisa “ngimpi” menjadi calon pengusaha sukses. Berikut ini kami informasikan 5 keterampilan yang wajib kamu miliki untuk bisa mengantarkan dirimu menjadi seorang pengusaha sukses.

1. Keterampilan mengatur skala prioritas

Ketika menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya kamu harus siap dengan segudang rutinitas dan pekerjaan yang menunggu uluran tanganmu untuk bisa diselesaikan dengan segera. Meskipun cukup berat, namun tugas-tugas tersebut harus segera diselesaikan para pelaku usaha agar tidak menumpuk dan menghambat jalannya roda usaha. Untuk itu, sebagai seorang pengusaha kamu dituntut untuk bisa mengatur skala prioritas agar semua urusan bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa mengabaikan urusan di luar pekerjaanmu. Dalam hal ini, kamu bisa mengatur dan memilah tugas sesuai dengan tingkat kepentingannya, dan membagi waktu dengan proporsional antara urusan bisnis, mitra kerja, maupun waktu kamu bersama keluarga.

2. Keterampilan dalam hal manajemen waktu

manajemen waktuMeskipun sebagai seorang pelaku usaha kamu tidak memiliki batasan waktu kerja seperti halnya yang dialami para karyawan, namun penting bagimu untuk tetap memperhatikan manajemen waktu dengan bijak. Sebab, ketidakmampuan seseorang dalam mengatur waktunya, menjadi salah satu sumber kehancuran bagi karirnya. Untuk itu, kamu harus tetap disiplin dalam menjalankan usaha dan memiliki keterampilan dalam hal mengatur waktu agar semua pekerjaan bisa terselesaikan sesuai dengan target yang kamu tentukan.

3. Pengetahuan dan keterampilan yang selalu di upgrade

Untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih, tentunya kamu tidak harus menghabiskan waktu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi  dan memiliki berlembar-lembar ijazah akademis dari perguruan tinggi di luar negeri. Sebab, pengetahuan dan keterampilan berbisnis bisa kamu dapatkan dari orang-orang sukses di sekitarmu, bisa juga dengan mengikuti seminar atau pelatihan bisnis yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam membangun usaha, atau bisa juga dengan membaca buku atau melihat video tutorial bisnis yang belakangan ini bisa kita temukan dengan mudah di pasaran bebas. Informasi-informasi tersebut pastinya bisa menjadi sumber pengetahuan yang cukup potensial untuk membantu meng-upgrade pengetahuan maupun keterampilan di dunia usaha.

4. Keterampilan multitasking

Mengingat dunia usaha terus bergerak sesuai dengan jamannya, maka penting bagi kamu untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam berbagai hal untuk menjawab kebutuhan para konsumen. Hal ini penting, karena tak jarang para pelaku usaha dituntut untuk bisa multitasking untuk memenuhi semua kebutuhan konsumennya. Keterampilan, pengetahuan,  dan keahlianmu dalam menjalankan usaha, menjadi bekal utama kamu untuk bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Karenanya, mulailah untuk bisa menjadi pribadi yang multitasking tanpa mengesampingkan fokus utama kamu dalam menjalankan roda usaha.

5. Keterampilanmu dalam berkomunikasi

Sebagai calon pengusaha, tentunya kamu juga dituntut untuk bisa menjadi seorang pelaku pasar yang handal. Berkomunikasilah dengan baik agar kamu bisa menjadi lawan bicara yang diperhitungkan mitra bisnismu. Meskipun poin ini sering disepelekan para pelaku usaha, namun sebaiknya belajarlah untuk menjadi pembicara yang handal agar bisa menaklukan setiap keraguan yang dimiliki lawan bicaramu.

Semoga informasi tips bisnis yang mengangkat  5 keterampilan yang harus dimiliki calon pengusaha sukses ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang ingin terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!