Manajemen UKM

Jika 6 Ciri Ini Ada Padamu, Artinya Kamu Siap Jadi Pengusaha Sukses!

Jika 6 Ciri Ini Ada Padamu, Artinya Kamu Siap Jadi Pengusaha SuksesTerlahir sebagai pengusaha sukses tentu bukanlah bakat turunan yang didapat secara cuma-cuma. Bahkan sekarang ini kalangan orang biasa yang tak memiliki garis keturunan dari keluarga pengusaha kaya raya pun bisa berhasil jadi pengusaha sukses.

Selain bekal ilmu bisnis yang bisa didapat dari bangku kuliah dan didukung oleh lingkungan di sekitarnya, ternyata sukses menjadi pebisnis juga dipengaruhi oleh passion dari dalam diri kita.

Buat kamu yang sampai saat ini belum yakin, apakah memiliki bakat sebagai pengusaha sukses. Berikut ini adalah 6 ciri-ciri yang bisa menunjukkan jika kedepannya kamu bakal jadi pengusaha sukses, dikutip dari Cermati.com.

1. Bukannya ceroboh atau gegabah, tapi kamu berani mengambil risiko di setiap langkahmu

Kata kuncinya di sini adalah berani. Namun, berhati-hatilah, karena berani mengambil risiko tidak sama artinya dengan ceroboh. Berani berarti tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata demi mencari aman.

Orang yang ceroboh berani mengambil risiko apa pun. Sedangkan orang yang berani memiliki perhitungan yang matang sebelum mengambil langkah.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Memang dalam berbisnis selalu ada risiko dan harga yang harus dibayar. Namun, tidak ada keuntungan yang datang tanpa risiko.

Dengan menjadi orang yang berani, Anda berpeluang menjadi seseorang pebisnis yang bisa mengambil keuntungan dalam situasi sulit sekali pun. Harus Anda ingat untuk tidak mengambil risiko melebihi kemampuan Anda.

2. Memiliki kemampuan analisis yang baik dan jeli menebak trend bisnis ke depan.

Seseorang pebisnis unggul harus dapat menebak tren dan kecenderungan pasar yang akan terjadi di waktu ke depan. Dengan kata lain, seorang pebisnis harus memiliki kemampuan analisis agar dapat sukses. Di sinilah seseorang yang mempunyai bakat berbisnis terlihat.

Mereka dapat menganalisis pasar dan memprediksi perkembangan pasar. Dengan itu, dipastikan mereka tidak akan ketinggalan. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan ini harus diasah dengan banyak menyerap informasi baik melalui berita, diskusi, buku, atau pengalaman personal.

3. Meski sudah hebat, namun tetap bersedia menerima kritikan dari sekitar

Bersedia menerima kritikan berarti Anda rela mengakui kesalahan dan siap mempertanggungjawabkan hal tersebut, baik kepada superior atau bawahan Anda. Seorang atasan yang baik harus rela menerima kritik dari bawahannya, begitu pula dengan pengusaha.

Bisnis akan stagnan bila Anda tidak bersedia menerima kritik, terutama dari pelanggan. Kemajuan hanya bisa diperoleh dengan menyerap kritik tersebut, mengubahnya, dan megadaptasi perkembangan yang terjadi di luar diri Anda.

4. Mudah beradaptasi dengan kondisi apapun

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya, seseorang harus mudah beradaptasi. Perhatikan apakah Anda bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan mengubahnya menjadi keuntungan?

Apabila memiliki kemampuan tersebut, maka Anda memiliki salah satu ciri dari pengusaha muda yang bakal sukses nantinya. Mudah beradaptasi merupakan ciri bisnis yang dapat bertahan lama dan seluruh aspek bisnis harus mudah beradaptasi

Seorang pebisnis yang akan sukses harus mampu melakukan adaptasi pada banyak hal di dalam bisnis, mulai dari proses produksi, yang mana harus disesuaikan dengan kecanggihan teknologi, sumber daya manusia, proses pemasaran hingga penjualan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Tak takut bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas 

Pebisnis muda yang akan sukses adalah pebisnis yang tidak takut untuk bekerja keras. Mereka dengan efisien memanfaatkan waktu yang mereka miliki untuk meningkatkan produktivitas untuk bisnis mereka.

Mereka pun tidak takut kesusahan karena mereka selalu fokus dengan keuntungan yang didapatkan dari hasil kerja keras tersebut. Mereka dapat menyeimbangkan hidup dan waktu mereka, sehingga mereka dapat memaksimalkan waktu mereka untuk menghasilkan uang sembari menikmati hasil kerja keras mereka.

6. Terus berusaha dan disiplin karena kesuksesan tak diraih secara instan

Kelima ciri-ciri di atas bukanlah hal yang dimiliki seseorang dari lahir. Karakter sebuah pebisnis muda yang sukses ini dapat Anda miliki dengan usaha dan disiplin yang tinggi

Tentunya tidak mudah menanamkan kepribadian tersebut dalam satu malam. Tetapi dengan tekad dan fokus pada tujuan finansial Anda, hal tersebut dapat Anda miliki.